Comscore Tracker

5 Cara Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan untuk Atasi Stres Saat Bekerja

Buat pekerjaan menjadi aktivitas yang kamu sukai

Agar efektif dan bahagia di tempat kerja demi menunjang karirmu, penting sekali untuk dapat mengelola stres yang akan selalu menyertai pekerjaanmu. Pasalnya, ada begitu banyak variasi pekerjaan, yang mana hal ini menjadi sumber stres dari berbagai arah. 

Oleh karena itu, mempelajari cara menangani stres secara efektif sangat penting. Untuk menangani di tahap awal, kamu hanya perlu melakukan lima strategi sederhana berikut! 

1. Belajar mengatakan “Tidak”

5 Cara Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan untuk Atasi Stres Saat Bekerjailustrasi bekerja (pexels.com/cottonbro)

Sebagian besar stres yang kamu rasakan mungkin disebabkan karena kamu terlalu memaksakan diri saat menanggapi permintaan bantuan dari rekan kerja. Tentu, menyenangkan menjadi pemain tim, dan membantu rekan kerja adalah hal yang luar biasa. 

Namun, ketika pekerjaanmu sendiri terus-menerus menderita, maka itu tidak benar-benar bermanfaat bagimu. Perlu diingat bahwa ketika kamu mengatakan "Tidak", maka itu adalah kalimat yang lengkap. Tidak perlu penjelasan karena kamu tidak perlu menjelaskan mengapa kamu mengatakan “Tidak.” Katakan saja sambil tersenyum.

2. Jauhi gosip di tempat kerja

5 Cara Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan untuk Atasi Stres Saat Bekerjailustrasi perbincangan (pexels.com/cottonbro)

Jauhi gosip dan drama yang berhubungan dengan pekerjaan. Meski menghibur, tapi itu juga menyedot waktumu dan menciptakan ketegangan di tempat kerja. 

Selain itu, hal itu juga menguras energi mentalmu. Fokuslah hanya pada pekerjaanmu, bukan drama. Drama tidak memberikanmu apa pun, selain hanya stres saja karena membuatmu terbawa ke dalam drama tersebut. 

Baca Juga: 5 Trik Manajemen Stres yang Bikin Hidupmu Nyaman, Mau Tahu?

3. Ingatkan dirimu apa yang penting dalam hidupmu

5 Cara Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan untuk Atasi Stres Saat Bekerjailustrasi pria bekerja (pexels.com/Arina Krasnikova)

Di awal hari kerja, luangkan waktu sejenak untuk mengingatkan diri sendiri tentang apa yang paling penting dalam hidupmu. Kemungkinan besar, jawabannya bukan pekerjaanmu. Apakah pekerjaan itu penting? Ya. Apakah itu yang paling penting? Mungkin saja tidak.

Jadi, kamu harus benar-benar tahu apa yang kamu pentingkan. Dan, prioritaskan hal itu karena itulah yang membuatmu bisa mengatasi stres. 

4. Tuliskan 3 prioritas untuk hari besok kamu jalani aktivitas

5 Cara Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan untuk Atasi Stres Saat Bekerjailustrasi wanita tersenyum (pexels.com/RODNAE Productions)

Di akhir hari kerjamu, tuliskan tiga prioritas untuk hari berikutnya. Ketika kamu tiba di tempat kerja keesokan paginya, tinjau kembali daftar itu. 

Pastikan kamu menyelesaikan prioritas utama itu. Kamu akan mengakhiri setiap hari dengan rasa pencapaian dan pandangan yang jelas tentang apa yang perlu kamu tangani selanjutnya. Rasa kemajuan dan kejelasan dapat mengurangi stres.

5. Tinggalkan pekerjaan di tempat seharusnya

5 Cara Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan untuk Atasi Stres Saat Bekerjailustrasi wanita tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tinggalkan pekerjaan di tempatnya, yakni di tempat kerja. Jika itu berarti kamu tidak dapat menyelesaikan tugas-tugas penting sebelum akhir hari tinggal lebih lama, maka tinggalkan pekerjaan. 

Terus-menerus membawa pulang pekerjaan adalah penyebab kamu mengalami stres kronis. Yang mana, ini seperti memiliki tamu rumah yang tidak diinginkan yang menolak untuk pergi dan kemudian pergi bersamamu pada liburanmu.

Stres kerja berdampak pada kita semua. Tidak bisa dihindari, tapi bisa dikelola. Jika kamu berusaha mempelajari keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi stres semacam ini, maka kamu menjadi orang yang lebih bahagia. Kamu juga menjadi lebih efektif dalam pekerjaanmu. 

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Menangani Situasi Stres, Gak Pakai Repot!

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya