Comscore Tracker

5 Sikap yang Harus Dimiliki saat Kamu Baru Pindah Kerja di Tempat Baru

Pertama, jadilah sosok yang menyenangkan

Pindah kerja di kantor baru tentu ada harapan besar yang ingin kamu miliki. Misalnya saja kamu ingin berkarier lebih maju, punya pendapatan yang jauh lebih besar, dan ingin punya teman kerja yang asyik sehingga bisa dijadikan teman.

Jika kamu ingin segala harapanmu terwujud di tempat baru ini, maka ada usaha yang harus dilakukan. Kamu wajib sekali melakukan beberapa hal di bawah ini. 

1. Pahami pekerjaanmu dengan segala tugas yang dimiliki

5 Sikap yang Harus Dimiliki saat Kamu Baru Pindah Kerja di Tempat Baruilustrasi kerja (pexels.com/ThisIsEngineering)

Pindah kerja di tempat baru ini mengharuskanmu untuk memahami pekerjaanmu dengan baik. Kamu harus tahu detailnya. Jangan sampai setelah kamu masuk, kamu gak mengerti tentang apa pun dan akhirnya menyusahkan rekan kerjamu yang lain.

Intinya, kamu harus tahu tugas apa yang nantinya kamu lakukan selama dalam kontrak. Jika ada satu ada dua hal yang gak paham, tanyakan pada HRD atau cari tahu sendiri di internet sebelum tanya pada rekan kerja dan menggangu pekerjaan mereka. 

2. Bersikaplah ramah pada rekan satu kantormu

5 Sikap yang Harus Dimiliki saat Kamu Baru Pindah Kerja di Tempat Baruilustrasi berbincang (pexels.com/ Alexander Suhorucov)

Ini adalah tempat baru dan kamu adalah karyawan yang baru. Hormatlah pada yang lebih lama. Kamu harus bisa bersikap lebih ramah. Ajak kenalan rekan kerjamu satu per satu dan ingat namanya.

Kamu harus bisa lebih ramah dengan tersenyum dan menyapa saat berpapasan. Jangan tunjukkan dirimu yang pendiam atau enggan membaur lebih dulu karena itu hanya akan membuatmu gak memiliki teman akrab di tempat baru ini. 

Baca Juga: Capek Cari Kerja? Ini 5 Tips Melamar Kerja Agar Mental Tetap Aman

3. Jangan pernah menunjukkan keahlianmu dengan percaya diri

5 Sikap yang Harus Dimiliki saat Kamu Baru Pindah Kerja di Tempat Baruilustrasi bekerja (pexels.com/Gustavo Fring)

Meski dulu di pekerjaan sebelumnya kamu sudah bergelut lebih lama, tapi bukan berarti kamu bisa dengan sombongnya menunjukkan keahlianmu ini. Tetaplah rendah hati, terlebih bila kamu ada anak baru. Jangan sampai kamu malu karena nanti ada yang menjatuhkanmu.

Lebih baik belajar dengan senior secara perlahan. Mereka juga akan mengakui keahlianmu jika sudah lama kenal denganmu. 

4. Jadilah sosok yang asyik saat berbincang

5 Sikap yang Harus Dimiliki saat Kamu Baru Pindah Kerja di Tempat Baruilustrasi berbincang (pexels.com/fauxels)

Guna kamu nyaman di tempat baru ini, jadilah sosok yang asyik saat diajak berbincang. Kamu harus lebih banyak senyum dan menghargai teman bicaramu.

Tunjukkan bahwa kamu punya attitude yang baik dan menyenangkan agar mereka yang kenal kamu pun merasa jauh lebih asyik. Gak akan ada lagi kamu yang merasa gak betah karena gak bisa akrab dengan mereka. 

5. Ikutlah dalam setiap aktivitas di luar kerja bersama rekan kerja yang lainnya

5 Sikap yang Harus Dimiliki saat Kamu Baru Pindah Kerja di Tempat Baruilustrasi pertemanan (pexels.com/Kampus Production)

Selama menjadi anak baru sekarang ini jangan bersikap apatis atau ansos dengan yang lain. Bila dalam satu kantor atau divisi ada acara yang dilakukan di luar jam kerja, maka ikutlah.

Ikut bergabung akan membuatmu memiliki banyak teman. Mereka akan mengenalmu secara langsung dan kamu bisa mendapatkan teman dekat juga.

Cukup mudah melakukan semua hal di atas asalkan kamu mau melakukannya. Jangan gengsi dan lakukan semuanya karena ini menyangkut tentang kariremu ke depannya. 

Baca Juga: 5 Tips Mendapatkan Teman Baru setelah Pindah Kantor, Gampang Kok!

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya