Comscore Tracker

Sering Mengalami Creative Block? Ini 5 Tips Ampuh untuk Mengatasinya 

Jangan stres dulu

Bagi kamu yang bekerja di dunia kreatif, mengalami buntu ide atau creative block merupakan sesuatu yang cukup sering terjadi. Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti kelelahan, kurangnya referensi, hingga pola hidup dan pola tidur yang tidak teratur.

Meskipun cukup sering dan lazim terjadi, kondisi creative block dapat mengganggu produktivitasmu dalam bekerja, apalagi kalau sudah terhimpit deadline. Jangan dibiarkan, yuk! Atasi creative block yang kamu rasakan dengan tips-tips berikut.

1. Istirahat sejenak untuk refreshing

Sering Mengalami Creative Block? Ini 5 Tips Ampuh untuk Mengatasinya unsplash.com/@themephotos

Apa pun pekerjaanmu, mau itu di dunia kreatif atau bukan, istirahat sejenak adalah hal yang wajib dilakukan. Berikan waktu bagi tubuh dan otakmu untuk refreshing, sehingga nantinya mampu menyelesaikan pekerjaan dengan lebih maksimal.

Refreshing tidak melulu harus liburan, lho. Kamu cukup melakukan hal-hal lain di luar rutinitas kerjamu saja. Misalnya, memasak, berkebun, membaca novel atau komik, hingga menonton film. Gak hanya tubuh dan pikiran jadi lebih segar, kamu juga bisa mendapat ide-ide baru dengan refreshing ini.

2. Coba mencari ide dan riset dari sumber lain

Sering Mengalami Creative Block? Ini 5 Tips Ampuh untuk Mengatasinya pexels.com/@olly

Dalam bekerja kreatif, biasanya kita tanpa sadar sudah percaya dan bergantung pada sumber ide yang itu-itu saja. Nah, ini juga bisa menjadi salah satu penyebab creative block yang kamu alami.

Cobalah untuk mencari ide atau riset dari sumber yang lain dari biasanya. Dengan begitu, topik dan tema yang sedang kamu kerjakan akan lebih tereksplor, sehingga lebih banyak juga referensi yang bisa kamu dapatkan.

3. Terapkan metode pomodoro

Sering Mengalami Creative Block? Ini 5 Tips Ampuh untuk Mengatasinya pexels.com/@vlada-karpovich

Metode pomodoro merupakan cara untuk mengatur waktu efektif saat kamu beraktivitas. Metode pomodoro dipercaya ampuh untuk mengatasi kebosanan dan bahkan mampu meningkatkan produktivitas.

Penerapan metode pomodoro ini gampang banget. Pertama, tetapkan batas waktu efektif kamu untuk fokus bekerja, misalnya 30 menit atau 1 jam. Setelah batas waktu efektif habis, beristirahatlah sejenak selama 5-10 menit. Lakukan ini secara berulang, sampai pekerjaanmu selesai.

Baca Juga: IWF 2020: Menyentuh Pembaca dengan Menulis Biografi, Ini 5 Kuncinya!

4. Buat outline untuk setiap hal yang dikerjakan

Sering Mengalami Creative Block? Ini 5 Tips Ampuh untuk Mengatasinya pexels.com/@fauxels

Membuat outline pekerjaan seringkali kita lupakan. Padahal, langkah ini bisa jadi guide kita untuk dapat bekerja dengan lebih efektif.

Oleh karena itu, sebelum mulai bekerja, yuk biasakan diri membuat kerangka atau outline untuk setiap hal yang dikerjakan. Mulai dari alur topik hingga sumber-sumber ide, jangan lupa untuk dicatat.

5. Sabar dan nikmati proses bekerja

Sering Mengalami Creative Block? Ini 5 Tips Ampuh untuk Mengatasinya pexels.com/@olly

Tanpa sadar, bekerja kadang sudah menjadi beban tersendiri bagimu. Gak heran kalau kondisi creative block kerap menghampiri.

Cobalah untuk mulai bekerja dengan sabar dan menikmati setiap proses ketika kamu sedang menuangkan ide kreatifmu menjadi sebuah karya. Tanamkan pada diri sendiri bahwa yang diharapkan adalah hasil terbaik, bukan yang paling sempurna. Dengan begitu, beban pekerjaan akan mulai hilang sedikit demi sedikit.

Nah, itu dia 5 tips ampuh untuk mengatasi kondisi creative block yang kamu alami. Semoga bisa membantu, ya. Tetap semangat!

Baca Juga: Passion Menulis? Ini 6 Macam Freelance Writer yang Layak Kamu Coba

Topic:

  • Rahmadianti Cynthia Pratiwi
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya