Comscore Tracker

7 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan saat Magang, Hindari, ya! 

Biar manfaatnya maksimal 

Magang adalah pengalaman berharga karena kamu bisa belajar untuk bertindak dan tampil layaknya seorang profesional di dunia kerja. Kamu akan mendapat pengetahuan, keterampilan, dan kesempatan untuk terjun langsung ke industri serta manajemen perusahaan

Sayangnya, peluang magang kerap kurang dimanfaatkan oleh pesertanya secara maksimal. Berbagai manfaat magang bisa saja terlewatkan karena peserta melakukan tujuh kesalahan fatal berikut ini! 

1. Menjalani program magang dengan santai 

7 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan saat Magang, Hindari, ya! ilustrasi bekerja (pexels.com/Mikhail Nilov)

Beberapa mahasiswa peserta menjalani magang terlalu santai sebagai pemenuhan tugas mata kuliah. Padahal, magang sebaiknya dijalani secara profesional karena memberikan banyak pengalaman penting. 

Kamu perlu menetapkan tujuan spesifik untuk membantumu menentukan pencapaian dan bagaimana cara mencapainya. Selama program magang berjalan, kamu akan melihat dan menyesuaikan diri dengan dunia kerja yang kompetitif.  

2. Menolak pekerjaan yang terkesan sepele

7 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan saat Magang, Hindari, ya! ilustrasi bekerja (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Selama menjalani magang, mungkin kamu akan menemukan beberapa tugas yang gak kamu sukai, misalnya tugas pengarsipan dan input data yang terkesan membosankan. Sebaiknya, jangan menolak pekerjaan-pekerjaan dasar dan berharap langsung diberi pekerjaan berat untuk menunjukkan etos kerja.

Atasan memberikan pekerjaan yang ringan sebagai bentuk adaptasi. Setelah menyelesaikannya, kamu bisa meminta diajarkan pekerjaan lain yang lebih menantang. 

3. Manajemen waktu yang buruk 

7 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan saat Magang, Hindari, ya! ilustrasi bekerja (pexels.com/ThisIsEngineering)

Sebagai seorang profesional, peserta magang harus mematuhi aturan-aturan kantor, termasuk jam kerja. Jangan datang terlambat dan pulang lebih awal. Begitu pula saat jam istirahat siang, mulai dan akhiri sesuai aturan. 

Kamu juga harus memprioritaskan waktumu. Bekerja hingga larut malam atau menggunakan waktu istirahat untuk bekerja bukanlah hal yang baik. Jika kamu membutuhkan penyesuaian waktu karena jadwal kuliah, sebaiknya konsultasi kepada supervisor. 

Baca Juga: Magang di Google hingga Apple, 11 Perjalanan Karier Athiya Deviyani

4. Gak mematuhi aturan berpakaian

7 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan saat Magang, Hindari, ya! ilustrasi bekerja (pexels.com/Fox)

Saat kuliah, mungkin kamu memiliki kelonggaran dalam berpakaian. Namun, saat menjalani program magang, kamu sebaiknya tampil profesional.

Mungkin beberapa perusahaan mempunyai aturan dress code setiap harinya, seperti kemeja atau batik. Jika kamu gak yakin bagaimana cara berpakaian, lihat karyawan yang lain atau bertanya pada supervisor sebelum memulai magang. 

5. Gak mempelajari budaya kantor

7 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan saat Magang, Hindari, ya! ilustrasi bekerja (pexels.com/olia danilevich)

Setiap perusahaan mempunyai budayanya masing-masing. Ada budaya yang serius, seperti perusahaan formal dan korporat. Sementara, ada yang lain lebih santai dan kasual, seperti pada perusahaan start-up. Kamu sebaiknya mempelajari bagaimana budaya perusahaan tempat kamu magang. 

Mempelajari budaya kantor bisa kamu lakukan dengan mengamati bagaimana karyawan berinteraksi dengan sesama atau ke atasan. Ini akan membantu kamu menyesuaikan diri dengan mudah. 

6. Gak menjalin hubungan baik dengan mentor dan rekan kerja

7 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan saat Magang, Hindari, ya! ilustrasi bekerja (pexels.com/fauxels)

Menjalin hubungan baik sangat penting untuk mendapatkan hasil magang yang maksimal. Kamu akan mendapatkan banyak pengetahuan dari mentor dan rekan kerja. Mereka juga akan berbagi pengalaman mereka saat kuliah hingga mendapat pekerjaan yang layak. 

Setelah magang selesai, kamu juga disarankan untuk menjalin komunikasi dengan mereka. Bisa saja mereka akan memberikanmu informasi bila suatu saat perusahaan membuka lowongan pekerjaan, kan? 

7. Gak meminta umpan balik dari mentor

7 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan saat Magang, Hindari, ya! ilustrasi bekerja (pexels.com/SHVETS production)

Kesalahan peserta magang yang terakhir adalah enggan meminta umpan balik dan kritik membangun dari mentor atau supervisor. Padahal, dua hal ini sangat penting dalam proses pembelajaran. 

Kamu sebaiknya melanjutkan percakapan untuk mendapatkan umpan balik setelah menyelesaikan tugas. Ini berguna untuk mengukur kinerja dan peningkatan keterampilan yang kamu dapatkan selama magang. 

Jika dijalani dengan sungguh, magang bisa menjadi gerbang untuk kamu terjun ke dunia kerja, lho. Karena itu, hindari tujuh kesalahan fatal di atas, ya! 

Baca Juga: Bisa Meningkatkan Kinerja, 7 Manfaat Program Magang untuk Perusahaan  

Ratumas Ovvy Photo Verified Writer Ratumas Ovvy

Find me on Instagram @ratumasovvy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya