Comscore Tracker

5 Langkah Bijak saat Berbuat Kesalahan di Kantor, Harus Profesional! 

Akui kesalahan dan jangan melemparnya ke orang lain 

Semua orang membuat kesalahan, termasuk pula kamu di tempat kerja. Saat kamu menyadarinya, ada dua hal yang bisa kamu lakukan; memperbaiki atau membiarkannya. Namun, kesalahan di dalam pekerjaan bisa menimbulkan efek serius kepada klien, perusahaan, rekan kerja, hukum, dan beragam hal lainnya.

Apakah perusahaan menyadarinya atau tidak, kesalahan ini pasti akan berdampak pada dirimu. Jika suatu saat kamu melakukan kesalahan di tempat kerja, coba terapkan lima langkah berikut ini untuk memperbaikinya!

1. Jangan menghindar, akui kesalahan

5 Langkah Bijak saat Berbuat Kesalahan di Kantor, Harus Profesional! ilustrasi bekerja (pexels.com/Mikhail Nilov)

Setelah kamu menemukan hal yang gak sesuai dari hasil kerjamu, segera lah melapor kepada atasan. Kecuali jika kesalahan kecil tersebut gak memengaruhi apa pun atau kamu bisa memperbaikinya sebelum kesalahan itu menimbulkan kesalahan lain.

Kamu sebaiknya gak menyembunyikan kesalahan. Jika kamu melakukannya, ini akan membuatmu terkesan gak profesional karena menutup-nutupi. Bersikap lah terbuka karena ini akan membuatmu lebih dihargai.

2. Tunjukkan bahwa kamu pun mencari solusi

5 Langkah Bijak saat Berbuat Kesalahan di Kantor, Harus Profesional! ilustrasi mencari solusi (pexels.com/Yan Krukov)

Saat kamu akan melapor kepada atasan, kamu sebaiknya telah membuat rencana untuk memperbaiki kesalahan. Atau jika pun belum, yakinkan atasan bahwa kamu sedang mencari solusi. 

Bersikap lah sangat jelas mengenai apa yang menurutmu harus dilakukan untuk memperbaiki kesalahan. Beri tahu berapa lama waktu, biaya dan hal lain yang dibutuhkan. Pastikan juga menyiapkan rencana B jika rencana A ditolak. Ini juga menjadi cara menunjukkan bahwa kamu memiliki keterampilan pemecahan masalah.

3. Jangan melempar kesalahan 

5 Langkah Bijak saat Berbuat Kesalahan di Kantor, Harus Profesional! ilustrasi melempar kesalahan (pexels.com/SHVETS production)

Ada kemungkinan kesalahan yang terjadi bukan hanya tanggung jawabmu sendiri. Misalnya kamu mengalami kondisi ini, coba ajak rekan satu tim untuk sama-sama berbicara dengan atasan.

Di sisi lain mungkin kamu gak bisa melakukannya karena bisa saja rekan kerja mengatakan ini bukan kesalahannya. Jika ini yang terjadi, kamu sebaiknya gak menunjuk orang lain untuk bertanggung jawab. Atasan yang baik akan me-review hasil kerja dengan objektif dan setiap orang harus mempertanggungjawabkan pekerjaannya.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dilakukan Jika Merasa Tidak Diterima di Tempat Kerja

4. Minta maaf dan bertanggung jawab, bukan menyalahkan diri sendiri 

5 Langkah Bijak saat Berbuat Kesalahan di Kantor, Harus Profesional! ilustrasi bekerja (pexels.com/Fox)

Saat berbuat kesalahan, kamu sebaiknya meminta maaf dan fokus untuk mencari solusi. Bertanggung jawab bukan berarti menyalahkan diri sendiri atas kesalahan yang terjadi. Yang diinginkan oleh atasan adalah sikap tanggung jawabmu.

Jika kamu terus menyalahkan diri sendiri di depan orang lain, ini akan mengubah penilaian mereka. Bukan gak mungkin mereka akan curiga bahwa kamu sengaja melakukannya untuk mencari perhatian dan simpati.

5. Gunakan waktu sendiri untuk memperbaikinya 

5 Langkah Bijak saat Berbuat Kesalahan di Kantor, Harus Profesional! ilustrasi bekerja (pexels.com/Christina Morillo)

Kamu pasti membutuhkan waktu lebih untuk memperbaiki kesalahan hasil kerjamu. Mungkin ini akan membuatmu lembur, datang lebih awal, menggunakan jam istirahat untuk bekerja dan sebagainya.

Jika kamu mengalaminya, sebaiknya beri tahu atasan bahwa kamu membutuhkan waktu ekstra. Lebih penting lagi, sebaiknya jangan menuntut bayaran lebih atau upah lembur, karena ini adalah bentuk tanggung jawabmu.

Kesalahan, baik itu kecil atau besar adalah yang mungkin saja terjadi di tempat kerja. Bahkan jika kamu telah berusaha sangat teliti. Jika kamu melakukannya, tunjukkan tanggung jawab sebagai bentuk profesionalisme. 

Baca Juga: 5 Kesalahan Berinteraksi dengan Rekan Kerja Toksik, Jangan Kena Arus!

Ratumas Ovvy Photo Verified Writer Ratumas Ovvy

Find me on Instagram @ratumasovvy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya