Comscore Tracker

5 Cara Penting untuk Membangun Sikap Proaktif dalam Dunia Kerja

#IDNTimesLife Dapat diandalkan dan tidak mudah mengeluh

Pekerja kantoran selalu menghadapi masalah terberatnya dalam setiap tugas yang mereka dapatkan setiap harinya. Tak ada komponen yang pasti tentang kinerja mereka dalam perusahaaan akan sebaik yang mereka inginkan.

Mereka harus bersikap proaktif dalam setiap tanggung jawab atau posisi yang sudah disematkan ketika mengawali kontrak sebagai karyawan. Berikut ini ada lima cara agar kamu dapat membangun sikap proaktif dalam dunia kerja.

1. Terbiasa untuk bertanggung jawab dengan keputusan yang sudah dibuat

5 Cara Penting untuk Membangun Sikap Proaktif dalam Dunia Kerjailustrasi pria berdiri (pexels.com/@ketut-subiyanto)

Orang yang proaktif cenderung lebih bertanggung jawab dibandingkan seorang karyawan yang sangat reaktif terhadap suatu permasalahan. Kamu tentunya harus mengemban tugas yang banyak dengan porsi yang cukup berat.

Semua tanggung jawab harus kamu sanggupi agar perusahaan dapat terus berjalan secara optimal. Kamu tak boleh mengeluh dengan keputusan yang sudah kamu buat karena hal itu menjadi penilaian penting bagi atasan kedepannya.

2. Punya komitmen yang kuat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan

5 Cara Penting untuk Membangun Sikap Proaktif dalam Dunia Kerjailustrasi wanita menulis (pexels.com/@ivan-samkov)

Kamu harus memiliki komitmen yang sangat kuat dan berpegang teguh pada keyakinan yang besar dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Kamu harus menghadapi segala situasi dan risiko yang terjadi dengan baik.

Sebagai seorang pekerja dalam suatu perusahaan, kamu sudah ditugaskan sebagai pemain penting untuk memajukan perusahaan. Jangan sampai komitmen yang sudah kamu buat justru dibiarkan begitu saja.

3. Tidak berperilaku impulsif terhadap sebuah kesalahan

5 Cara Penting untuk Membangun Sikap Proaktif dalam Dunia Kerjailustrasi pria sedang menelpon (pexels.com/@olly)

Orang yang impulsif itu cenderung kurang berhati-hati. Mereka tidak bisa mengontrol emosi dengan baik ketika dilanda suatu masalah atau diberikan tanggung jawab besar dalam memulai suatu pekerjaan.

Sebuah kesalahan itu bisa terjadi dari dalam maupun luar perusahaan. Kamu harus mencari solusi terbaik dalam menyelesaikan suatu masalah. Tetap tenang dalam menghadapi sesuatu yang sudah terjadi sehingga tak ada yang merasa dirugikan.

Baca Juga: 5 Konsekuensi yang Akan Dihadapi Jika Kamu Menutup Diri di Dunia Kerja

4. Menjadi seorang komunikator dalam tim

5 Cara Penting untuk Membangun Sikap Proaktif dalam Dunia Kerjailustrasi wanita berdiskusi (pexels.com/@rethaferguson)

Komunikator bisa menjadi seorang pemimpin dalam sebuah tim yang harus dibina sebaik mungkin sehingga target yang dipasang oleh perusahaan dapat tercapai. Hal ini tentunya tak lepas dari sikapmu yang positif kepada setiap orang.

Kamu terus belajar menjadi orang terbaik dalam lingkunganmu dan sanggup memberikan teladan penuh kepada orang-orang sekitarmu. Sebuah tim akan berhasil dengan adanya integritas dengan kerja sama yang optimal.

5. Mampu beradaptasi pada perubahan sebagai salah satu komponen utama di perusahaan modern

5 Cara Penting untuk Membangun Sikap Proaktif dalam Dunia Kerjailustrasi wanita tersenyum (pexels.com/@thisisengineering)

Adaptasi pada setiap perubahan memang sedang banyak dilakukan oleh beberapa perusahaan terkenal. Mereka harus siap dengan segala keadaan yang akan menimpa setiap tahunnya.

Komponen utama tersebut harus direalisasikan secepat mungkin sehingga perusahaan dapat terus bertahan dari dampak negatif baik itu dari dalam maupun dari luar. Sikap proaktifmu akan sangat dibutuhkan agar perusahaan dapat terus maju dengan pencapaian yang sempurna.

Itulah kelima pokok yang harus kamu tanam sebagai pribadi yang proaktif. Jangan sampai terlena dengan situasi atau kondisi yang membuatmu mudah menyerah. Kamu harus memberikan contoh kepada rekan kerjamu agar berdampak positif bagi perusahaan.

Baca Juga: 5 Cara untuk Ciptakan Lingkungan Kerja yang Sehat, Kerja Jadi Nyaman!

Reinhart Ignasius Photo Verified Writer Reinhart Ignasius

Biasalah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya