Comscore Tracker

5 Sikap yang Harus Kamu Lakukan jika Bertemu Atasan yang Sangat Cuek

#IDNTimesLife Pasti ada alasan di balik itu

Lingkungan kerjamu sekarang mungkin terlihat sangat membosankan. Kamu memiliki atasan yang sangat cuek tapi sangat baik dalam menanggapi suatu masalah atu memberikan solusi dalam pekerjaan.

Terkadang, ada beberapa karakteristik seseorang yang sulit dihilangkan sehingga kamu harus menyikapinya dengan baik. Kamu harus beradaptasi dengan hal tersebut dan berikut ada lima cara untuk menghadapi sikap atasan yang sangat cuek.

1. Biasakan dirimu menjadi pendengar yang baik

5 Sikap yang Harus Kamu Lakukan jika Bertemu Atasan yang Sangat Cuekilustrasi wanita berbicara (unsplash.com/@amyhirschi)

Atasan tentu memiliki kesan positif atau negatif bagi setiap karyawan di suatu perusahaan. Setiap atasan punya cara tersendiri agar dirinya terlihat lebih elegan dan berwibawa di hadapan semua orang.

Kamu tentu harus menghargai perannya sebagai komunikator dalam suatu acara atau diskusi. Biasakan dirimu menjadi pendengar yang baik dan jangan sibuk dengan urusan yang kurang penting.

2. Posisikan diri sebagai orang yang komprehensif

5 Sikap yang Harus Kamu Lakukan jika Bertemu Atasan yang Sangat Cuekilustrasi pekerja kantoran (unsplash.com/@rosam2020)

Dirimu harus menjadi orang yang komprehensif kepada atasanmu. Kamu harus taat dengan aturan yang dibuat karena mengandung nilai positif untuk perilakumu di masa depan sehingga memberikan kepercayaan besar nantinya.

Kamu juga harus menangkap segala pembahasan dengan optimal sehingga tak ada yang perlu ditanyakan secara detail karena kamu sudah memahaminya dengan baik. Kamu bisa menjalankan tugas yang diberikan dengan sangat baik sehingga tak ada kesulitan yang berarti.

3. Berikan penjelasan singkat tapi penuh makna

5 Sikap yang Harus Kamu Lakukan jika Bertemu Atasan yang Sangat Cuekilustrasi pria dan wanita berdiskusi (pexels.com/@rodnae-prod)

Penjelasan singkat biasanya akan lebih efisien ketimbang penjelasan panjang tanpa kesimpulan yang pasti. Atasan tentu sangat membutuhkan kalimat singkat tapi penuh makna sehingga berkesan bagi dirinya.

Kamu jangan terlalu ofensif dalam melontarkan berbagai pernyataan yang kerap kali menyinggung dirinya. Berikan ucapan energik dan positif sehingga membawa suasana berubah menjadi lebih baik.

Baca Juga: 5 Tips Simple Memilih Kado Ulang Tahun untuk Atasan agar Berkesan

4. Berikan pendapatmu tentang sikap atasanmu sebagai langkah introspeksi diri

5 Sikap yang Harus Kamu Lakukan jika Bertemu Atasan yang Sangat Cuekilustrasi wanita tersenyum (pexels.com/@alexander-suhorucov)

Atasanmu yang bersikap cuek tentu ada alasan tersendiri yang belum diketahui publik. Kamu harus berbicara secara langsung dengannya tentang sikap dirinya yang kurang baik ke depannya.

Kamu jangan bersikap tertutup dan sebisa mungkin berperan sebagai komunikator yang baik. Kamu dapat menjadikan hal tersebut sebagai langkah introspeksi diri antara dirimu dan atasanmu sehingga hubungan dapat terus berjalan dengan baik.

5. Buat ruang diskusi yang menarik

5 Sikap yang Harus Kamu Lakukan jika Bertemu Atasan yang Sangat Cuekilustrasi pria berbicara (unsplash.com/@mimithian)

Ruang diskusi akan selalu ada dalam setiap perusahaan. Diskusi menjadi salah satu akar pemecahan masalah untuk menemukan solusi terbaik dalam menanggapi berbagai hal yang sering terjadi.

Kamu harus mempersiapkan materi yang sangat menarik sehingga atasanmu terlihat sangat antusias dalam menanggapi berbagai proyek yang akan dikerjakan. Kamu akan diberikan apresiasi secara khusus jika dapat menarik perhatian atasanmu melalui hasil kinerjamu sendiri.

Segala sikap buruk dan stigma negatif terhadap atasan memang selalu ada di beberapa perusahaan. Peran kamu di perusahaan harus menjadi pribadi yang positif untuk menghadapi segala situasi dengan bijak.

Baca Juga: 5 Drama Korea tentang Jatuh Cinta kepada Atasan yang Bikin Baper

Reinhart Ignasius Photo Verified Writer Reinhart Ignasius

Biasalah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

Berita Terkini Lainnya