Comscore Tracker

5 Fakta Pola Kerja Orang Belanda, Produktif Meski Waktu Kerja Sedikit

Gak perlu bawa urusan kerjaan ke rumah deh!

Bukan sekadar isapan jempol belaka, konsep work-life balance benar-benar diterapkan di kehidupan masyarakat Belanda, bahkan untuk profesi bergaji besar seperti ahli hukum. Rata-rata jam bekerja di Belanda berkisar 33-40 jam per minggu. Faktanya, datang bekerja saat akhir pekan, bekerja lebih dari jam 5 sore, atau bekerja di rumah bukanlah hal yang biasa di perusahaan-perusahaan di Belanda.

Situs weforum.org menyebut bahwa hanya 0,5% pekerja Belanda yang mau tetap bekerja di luar jam kerja. Angka tersebut merupakan angka terendah di indeks OECD, yang rata-ratanya 13%. Dalam sehari, di luar jam kerja yang berdurasi 8 jam, orang Belanda lebih memilih menggunakan 16 jam sisanya untuk makan, tidur, dan berbagai kegiatan santai lainnya.

Meski begitu, bukannya menurunkan kinerja karyawan, penerapan konsep work-life balance justru meningkatkan produktivitas kerja para karyawan di negeri kincir angin tersebut, seperti dilansir dari investinholland.com. Bahkan, negara ini memiliki ekonomi yang kuat dan menjadi negara maju. Dilansir dari iamexpat.nl, pekerja di Belanda dapat menikmati waktu luang lebih banyak daripada negara lain, tapi nyatanya mereka masih termasuk pekerja produktif di Eropa.

Yuk, intip pola kerja masyarakat Belanda yang mungkin bisa menjadi inspirasi kita!

1. Disiplin mengerjakan target harian dengan deadline tertentu yang telah disusun sendiri, sehingga efisiensinya tinggi

5 Fakta Pola Kerja Orang Belanda, Produktif Meski Waktu Kerja Sedikitnaturalforce.com

Ketika jam kerja, orang Belanda akan benar-benar hanya fokus bekerja. Mereka umumnya memiliki target harian yang harus dicapai dan diselesaikan tepat waktu. Dikutip dari reuters.com, orang Belanda mengedepankan produktivitas dan efisiensi tinggi.

Dengan skala prioritas, mereka memilih untuk mengerjakan berbagai hal dengan deadline yang relatif singkat. Mereka pun akan disiplin dengan deadline yang telah mereka buat sendiri. Dengan begitu, mereka sudah menyelesaikan seluruh pekerjaannya saat jam pulang kantor dan bisa menikmati waktu santai di rumah.

2. Berusaha mengurangi distraksi, seperti gadget

5 Fakta Pola Kerja Orang Belanda, Produktif Meski Waktu Kerja Sedikitblendedandblack.com

Saat bekerja, orang Belanda umumnya akan berusaha meminimalkan penggunaan gadget terutama handphone, bahkan menonaktfikannya. Mereka juga gak akan membuka media sosial atau situs lain yang kurang relevan dengan pekerjaan mereka di komputer kantor. Untuk kepentingan komunikasi, mereka umumnya akan menggunakan fasilitas telepon yang ada di kantor.

3. Gak perlu membuang waktu untuk melakukan hal yang gak produktif saat bekerja

5 Fakta Pola Kerja Orang Belanda, Produktif Meski Waktu Kerja Sedikitnicepik.com

Saat jam kerja, orang Belanda akan menghindari melakukan kegiatan yang gak berfaedah, seperti bergosip atau nongkrong gak jelas. Orang Belanda juga umumnya gak menyukai hal-hal yang kurang produktif, seperti pertemuan yang gak terstruktur yang memakan banyak waktu. 

Bagi orang Belanda, waktu adalah uang. Daripada membuang-buang waktu untuk melakukan hal semacam itu, mereka lebih memilih untuk menyelesaikan pekerjaan mereka sehingga nantinya bisa pulang kantor tanpa beban.

Baca Juga: 5 Cara Mudah yang Ampuh Menghalau Rasa Malas, Biar Harimu Produktif!

4. Memegang prinsip "kerja cerdas, bukan kerja keras"

5 Fakta Pola Kerja Orang Belanda, Produktif Meski Waktu Kerja Sedikitlivemint.com

Alih-alih bekerja keras, orang Belanda lebih memilih bekerja cerdas. Mereka akan berusaha mencari "jalan tikus" dengan memanfaatkan teknologi atau berbagai sumber daya lain yang dapat menjadikan kerjanya mudah dan efisien. Dengan begitu, pekerjaan mereka pun bisa cepat selesai. Prinsip ini sebenarnya gak hanya berlaku bagi orang Belanda, tapi sudah diterapkan oleh banyak pekerja di negara-negara Eropa barat. 

5. Berani berkata "tidak"

5 Fakta Pola Kerja Orang Belanda, Produktif Meski Waktu Kerja Sedikitmtdtraining.com

Orang Belanda menjunjung tinggi prinsip egalitarian, sehingga semua orang di kantor akan dianggap setara. Seorang pekerja Belanda gak akan merasa rendah diri terhadap atasannya. Karenanya, gak heran jika bawahan bisa berkata "tidak" kepada atasan.

Kalau beban pekerjaan yang ada dirasa terlalu berat karena terus menerus ditambah oleh atasan dalam batas yang gak wajar, karyawan bisa mendiskusikannya atau bahkan menolaknya dengan halus.

Nah, itu tadi beberapa fakta mengenai pola kerja di Belanda yang mungkin bisa kamu jadikan inspirasi. Jadi, sudah paham kan kalau jam kerja sedikit belum tentu gak produktif?

Baca Juga: 5 Cara Berdamai dengan Diri Sendiri Agar Hidup Lebih Produktif

Rivandi Pranandita Putra Photo Verified Writer Rivandi Pranandita Putra

Mencari proofread skripsi/tesis/jurnal ilmiah? IG: @mollyproofread

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya