Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Kritik Sangat Penting untuk Kesuksesan Kariermu 

Kritik gak selalu buruk, lo! 

Di kantor, mungkin kamu pernah menerima kritik dari rekan kerjamu. Jenis kritik yang kamu dapat pun beragam, bisa sifatnya membangun atau malah menjatuhkan. Kritik mungkin membuatmu kurang nyaman karena tentu kamu ingin dihargai atas semua pencapaian dan kinerjamu.

Namun, jangan sampai kamu menutup diri dengan kritik. Ternyata, kritik sangat bermanfaat untuk kemajuan kariermu. Yuk, simak beberapa alasannya.

1. Kritik membantumu untuk refleksi diri sendiri dan belajar lebih baik lagi

5 Alasan Kenapa Kritik Sangat Penting untuk Kesuksesan Kariermu css.cua.edu

Kritik dari orang lain akan membuatmu belajar untuk memahami diri kamu sendiri. Meski kamu bisa refleksi diri dengan cara merenung, tapi kritik dari orang lain bisa jadi menggambarkan dirimu secara lebih valid.

Dengan mengenali diri lebih baik lagi, kamu bisa memaksimalkan semua bakat yang kamu punya. Kamu pun bisa mengevaluasi apa saja yang menjadi kekuranganmu, sehingga kamu bisa belajar memperbaiki dan meningkatkan kualitas dirimu. Jika ini dilakukan, tentu ini sangat bermanfaat sebagai pecut untuk kemajuan kariermu.

2. Kritik bisa membantu mengingatkan kesalahanmu saat bekerja

5 Alasan Kenapa Kritik Sangat Penting untuk Kesuksesan Kariermu hbr.org

Sebagai manusia biasa, tentu kita gak luput dari kesalahan. Begitu pun saat bekerja. Kita bisa saja melakukan kesalahan yang gak kita sadari. Pada dasarnya, kita semua butuh kritik untuk setiap kerja keras kita. Ini sangat penting agar kita bisa tahu apakah yang kita lakukan sudah benar atau belum.

Kritik dari orang lain terhadap kinerjamu bisa membantumu untuk mengidentifikasi apa saja kesalahan yang sudah kamu lakukan selama bekerja. Dengan begitu, kamu bisa memperbaikinya dan gak mengulangi kesalahan itu kembali.

Baca Juga: 5 Keuntungan Bekerja di Perusahaan Kecil, Kenapa Perlu Malu?

3. Kritik membantumu bersikap rendah hati dan mau belajar

5 Alasan Kenapa Kritik Sangat Penting untuk Kesuksesan Kariermu drshrand.com

Sebuah kritik biasanya berupa ketidaksetujuan orang lain pada cara atau hasil kerja yang kamu lakukan atau bahkan kekuranganmu. Adanya kritik bisa membuatmu menyadari bahwa setiap manusia memang gak ada yang sempurna.

Dengan begitu, kamu akan bisa bersikap rendah hati dan mau belajar. Kritik akan menjauhkanmu dari sifat sombong, sehingga kamu juga akan lebih mudah menghargai semua rekan kerjamu. Sikap seperti ini tentu sangat dibutuhkan dalam dunia kerja.

4. Adanya kritik bisa memunculkan kompetisi sehat dengan rekan kerjamu

5 Alasan Kenapa Kritik Sangat Penting untuk Kesuksesan Kariermu mtievents.com

Kritik orang lain akan membuatmu mengenali segala kekurangan yang kamu miliki. Kalau kamu mau sukses berkarier, tentu kamu gak akan tinggal diam. Kritik itu akan kamu jadikan sebagai tantangan dan mendorongmu untuk melakukan improvisasi.

Kamu akan membuktikan kepada pengkritikmu bahwa kamu bisa mengatasi kekuranganmu dan berusaha lebih baik dari si dia. Dengan begitu, akan tercipta kompetisi yang sehat dengan rekan kerjamu.

5. Dengan kritik, kamu bisa mengenali karakter rekan kerjamu

5 Alasan Kenapa Kritik Sangat Penting untuk Kesuksesan Kariermu msutoday.msu.edu

Ada kritik yang bersifat objektif dan membangun. Ada juga kritik sangat pedas yang bisa saja sengaja ditujukan rekan kerjamu untuk menjatuhkan kariermu. Dari kritik, kamu bisa tahu seperti apa karakter rekan kerjamu. Dari situ, kamu bisa memetik berbagai hal positif, seperti toleransi yang sangat diperlukan dalam dunia kerja.

Ke depannya, kamu juga bisa menentukan arah pergaulanmu dengan rekan kerjamu di kantor. Salah satunya, kamu bisa lebih banyak curhat masalah pribadimu dengan rekan kerja yang memberi kritik membangun dibandingkan dengan mereka yang ingin menjatuhkanmu.

Pada akhirnya, kritik bukan berarti benci dan pemantik konflik. Adanya kritik bisa kamu manfaatkan sebagai bahan refleksi kekuranganmu dan memperbaiki apa yang salah.

Meskipun kadang gak enak didengar, pasti ada manfaat dan hikmah yang bisa kamu ambil dari sebuah kritik, termasuk untuk kesuksesan kariermu. Jadi, terbukalah untuk kritik, ya, Guys!

Baca Juga: 5 Hal Negatif yang Terjadi Pada Dirimu Ketika Suka Menunda Pekerjaan

Rivandi Pranandita Putra Photo Community Writer Rivandi Pranandita Putra

I love cycling, blue, gardening, and traveling

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You