Comscore Tracker

5 Hal Negatif yang Terjadi Pada Dirimu Ketika Suka Menunda Pekerjaan

Kebiasaan buruk yang gak baik untuk kamu pelihara! 

Keputusan yang kamu ambil dalam hidup merupakan tanggung jawab terbesar atas diri sendiri. Tidak ada yang mengatur bahkan memaksa kamu sepenuhnya dalam mengambil keputusan. Oleh sebab itu, menunda pekerjaan juga termasuk bagian dari keputusan hidupmu sendiri. 

Jika kamu nyaman dalam zona tersebut maka, hidup akan penuh dengan ketidaknyamanan. Penting untuk mengetahui bahwa menunda pekerjaan adalah suatu bentuk bahwa tidak adanya komitmen dan disiplin dalam hidup. Jadi, berikut ini 5 kerugian apabila kamu membiasakan diri untuk menunda suatu pekerjaan. 

1. Mendapat keuntungan yang kecil

5 Hal Negatif yang Terjadi Pada Dirimu Ketika Suka Menunda PekerjaanPexels/bruce mars

Segala sesuatu yang kita lakukan pasti ingin mendapat untung bagi diri sendiri. Jika semua hal kamu lakukan dengan setengah-setengah akan membuat keuntungan penuh menjadi setengah juga yang didapatkan. Bayangkan jika kamu tadinya memiliki kesempatan untuk memiliki keuntungan besar dan semua hilang begitu saja maka, kamu akan ada penyesalan di kemudian hari. 

Seperti kesibukan untuk melakukan satu pekerjaan dan belum dapat selesai, kamu sudah menyelesaikan pekerjaan lainnya. Akibatnya kamu tidak akan mendapat apa-apa malah pekerjaan sangat menumpuk. Oleh sebab itu, komitmen itu penting dari awal agar kamu lebih kuat menjalani pekerjaan walaupun itu sangat berat. 

2. Tidak ada yang mau bekerja sama dengan kamu

5 Hal Negatif yang Terjadi Pada Dirimu Ketika Suka Menunda PekerjaanPexels/rawpixel.com

Semua orang tidak sama dengan kamu jadi, jangan harap orang lain mau mengikuti kebiasaan burukmu. Seperti memaksa orang lain untuk menunggu pekerjaan yang baru setengah kamu kerjakan, lalu kamu tunda sesuka hatimu. Itu yang membuat orang lain akan malas bekerja sama dengan kamu. 

Kebanyakan orang mau waktunya terbuang dengan tidak sia-sia, tetapi kamu lebih menyukai menunda dan mengulur waktu. Oleh sebab itu, lambat-laun kamu akan hidup sendiri dengan kebiasaan buruk yang tidak kunjung kamu ubah. 

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Sikap Menunda Pekerjaan Harus Segera Ditinggalkan

3. Membuat kamu semakin lama mencapai kesuksesan

5 Hal Negatif yang Terjadi Pada Dirimu Ketika Suka Menunda PekerjaanPexels/osman alyaz

Menjadi sukses adalah pilihan semua orang dan jika kamu memilih untuk menunda pekerjaan maka, membuat kesuksesan akan semakin lama kamu capai. Bagaimana mau sukses, jika kamu tidak sepenuh hati dan disiplin dalam melakukan pekerjaan. 

Tidak salah untuk menunda mungkin karena alasan tertentu. Tetapi jika keseringan akan menimbulkan hal negatif dalam kelancaran pekerjaanmu. Ibaratnya, semakin lama kamu menyelesaikan pekerjaan akan berdampak pada kesuksesan di depan mata yang semakin jauh. 

4. Kamu akan membuat jadwal yang telah dibuat menjadi berantakan

5 Hal Negatif yang Terjadi Pada Dirimu Ketika Suka Menunda PekerjaanPexels/Tim Gouw

Jika kamu tipe orang yang pelupa, pasti kamu rutin membuat jadwal setiap jamnya. Bahkan ketika kamu terbawa arus buruk karena suka menunda pekerjaan, maka menjadikan diri akan merasakan langsung kerugiannya. 

Hidup kamu akan tidak dapat terjadwal bahkan berantakan akibat sering melakukan pekerjaan tanpa ada batas waktu. Jangan heran jika kamu akan kesulitan bahkan stres saat mengetahui pekerjaan menumpuk di mana-mana. 

5. Orang akan menilai bahwa kamu pemalas

5 Hal Negatif yang Terjadi Pada Dirimu Ketika Suka Menunda PekerjaanPexels/rawpixel.com

Dan yang terakhir, kamu akan merasa dijauhi oleh orang sekitar karena mereka menganggap kamu pemalas. Semua orang berlomba agar pekerjaannya cepat selesai dan kamu suka memperlambat perkerjaan. Ini yang membuat kamu tidak akan disukai karena tindakan yang kamu lakukan lebih banyak sesuka hati. 

Menunda pekerjaan hanya menimbulkan kerugian untuk diri sendiri. Segera keluar dari sifat buruk ini agar kebaikan dalam hidup selalu menantimu. 

Baca Juga: Tunggu Apa Lagi? Usir Kebiasaan Menunda Pekerjaan dengan 7 Mindset Ini

Martha Telaumbanua Photo Verified Writer Martha Telaumbanua

Penulis muda yang selalu berkarya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya