Comscore Tracker

Biar Gak Jenuh, Berikut 8 Tips Bekerja Secara Maksimal di Kantor

Jadi semangat lagi

Bekerja bukan cuman soal datang dan kemudian menyelesaikan tugas yang diberikan oleh kantor. Orang di Amerika, menghabiskan setidaknya selama 1896 jam /per tahun untuk mengais rezeki (bekerja).

Dan yang perlu diingat juga, bahwa tempat kerja itu seperti rumah kedua. Jadi, harus selalu berusaha membuat suasana nyaman dan menyenangkan. Jika semuanya sudah kondusif, pekerjaan dijamin akan berjalan lancar!

Nah, maka dari itu, inilah yang harus dilakukan untuk menjadi yang terbaik dalam dunia kerja.

1. Selalu masukkan dan bawa energi positif ke dalam diri sendiri serta berpakaian rapi

Biar Gak Jenuh, Berikut 8 Tips Bekerja Secara Maksimal di Kantorinstagram.com/nobleknightrealestate

Jadilah pribadi yang positif setiap waktu. Karena, sikap positif akan menular juga kepada orang-orang di sekitarmu. Dan, hal itu tentunya juga akan membuat lingkungan kerja menjadi lebih fun.

Dan di beberapa perusahaan pasti ada aturan untuk mengenakan pakaian tertentu. Hal itu bukan karena perusahaan mencoba mendorong seseorang untuk berseragam. Tapi, karena manajemen berusaha membentuk kepribadian.

Selain itu, cara berpakaian juga mencerminkan sikap kerja. Jadi, pastikan untuk selalu berpakaian rapi dan mengesankan.

2. Tinggalkan urusan pribadi

Biar Gak Jenuh, Berikut 8 Tips Bekerja Secara Maksimal di Kantorinstagram.com/nacho_segurap

Ketika bekerja, cobalah untuk menghindari hal-hal pribadi seperti membayar tagihan listrik atau memesan barang secara online. Tahan diri untuk menggunakan media sosial di kantor. Dan juga harus membatasi kontak yang masuk dari keluarga atau teman.

Semakin fokus pada pekerjaan, Bos akan merasa bahwa kamu adalah orang yang sangat berdedikasi dan akan menghormati profesionalisme-mu.

3. Membuat daftar kerja, skala prioritas dan batas waktu untuk setiap "proyek"

Biar Gak Jenuh, Berikut 8 Tips Bekerja Secara Maksimal di Kantorinstagram.com/viktoria_kushnir

Siapkan daftar rencana untuk hal-hal apa yang harus dilakukan di malam sebelum atau sesudah kedatangan di kantor. Memiliki rencana dan persiapan sebelum memulai pekerjaan bisa membantu untuk tetap fokus dan produktif, sehingga waktu kerja di kantor juga efektif.

Kemudian urutkan pekerjaan, dimulai dari melakukan tugas-tugas penting dan harus diselesaikan secepat mungkin. Serta untuk hal lain yang sepele dan bisa dikesampingkan untuk sementara. Dengan cara ini, pekerjaan menjadi lebih terstruktur dan efektif.

Lalu, berikan batas waktu untuk setiap tugas yang harus dilakukan dan diselesaikan pada hari itu juga. Menentukan tenggat waktu untuk setiap tugas membantu menjadi lebih bertanggung jawab atas pekerjaan. Hasil pekerjaan dijamin memiliki kualitas sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh pimpinan.

4. Hindari multitasking dan limpahkan pekerjaan gak penting ke orang lain

Biar Gak Jenuh, Berikut 8 Tips Bekerja Secara Maksimal di Kantorinstagram.com/t_time_planners

Multitasking nggak efektif dan nggak efisien. Melakukan banyak hal sekaligus secara bersamaan cuman membuat fokus terpecah. Akibatnya, pekerjaan mungkin nggak optimal meskipun bisa menyelesaikannya tepat waktu.

Solusinya, pikirkan untuk mendelegasikan pekerjaan tambahan (yang bukan prioritas) kepada orang lain yang lebih kompeten di bidangnya. Dengan cara ini, daftar to-do list yang dibuat berjalan dengan lancar.

Pada dasarnya, otak akan bekerja lebih baik ketika benar-benar mampu fokus dan berkonsentrasi pada satu hal. Jadi, cukup fokuskan energi dan pikiran pada satu pekerjaan utama, sehingga hasilnya menjadi lebih optimal.

Baca Juga: Sering Jadi Kambing Hitam di Kantor? Mungkin 5 Hal Ini Penyebabnya

5. Gak ada salahnya melakukan sesuatu di luar job description dan dapatkan perhatian tanpa carmuk serta tanpa cara licik

Biar Gak Jenuh, Berikut 8 Tips Bekerja Secara Maksimal di Kantorinstagram.com/katrinbucci_photo

Kunci sukses nggak melulu ada dalam daftar job description. Maka dari itu, jangan segan untuk melakukan hal-hal positif lainnya di luar tugas. Dan hasilnya akan akan membuat pribadi terkejut.

Dan persaingan dalam dunia kerja pasti ada dan sangatlah kejam. Tapi, jika berhasil bersinar terlebih dahulu, maka akan berpeluang besar untuk mendapatkan kesempatan-kesempatan baru yang lebih baik dari kondisi yang ada sekarang.

6. Bangunlah suatu hubungan dengan orang sekitar di kantor

Biar Gak Jenuh, Berikut 8 Tips Bekerja Secara Maksimal di Kantorinstagram.com/eye5optometrists

Berikan apresiasi kepada semua orang yang ada di kantor. Mulai dari atasan, rekan kerja sampai office boy. Karena, kamu nggak akan pernah tahu kapan kamu membutuhkan bantuan dari orang lain di lingkungan kantor.

7. Lakukan yang terbaik untuk kantor

Biar Gak Jenuh, Berikut 8 Tips Bekerja Secara Maksimal di Kantorinstagram.com/hi.fleisz

Bukan cuman karena ketika diminta oleh Bos, tapi lakukan yang terbaik karena kamu percaya bahwa memang kamu adalah orang yang tepat untuk pekerjaan yang ada.

8. Manfaatkan sebaik mungkin waktu istirahat

Biar Gak Jenuh, Berikut 8 Tips Bekerja Secara Maksimal di Kantorinstagram.com/yellowaestheticblo99er

Di sela-sela jadwal kerja yang sibuk, jangan lupa untuk memanfaatkan waktu istirahat selama beberapa menit. Memaksa diri untuk melakukan pekerjaan berikutnya benar-benar akan menghasilkan hasil yang nggak maksimal. Ingat, pikiran dan energi membutuhkan "penyegaran" sebelum akhirnya berjuang lagi dengan pekerjaan berikutnya.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan. Mulai dari peregangan otot tubuh yang kaku, berjalan di taman atau tidur siang.

Setiap orang mungkin memiliki cara berbeda untuk memaksimalkan bekerja di kantor. Tapi, mudah-mudahan tips di atas bisa membantu.

Baca Juga: 7 Hal Sepele yang Pantang Kamu Lakukan di Kantor Baru

Riyan Sumarno Photo Community Writer Riyan Sumarno

♐ Bermimpi, Bergegas, Berusaha, Berdoa dan Sukses!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You