Comscore Tracker

Sering Jadi Kambing Hitam di Kantor? Mungkin 5 Hal Ini Penyebabnya

Beranilah mengambil tindakan!

Dunia kerja memang tak selamanya mudah. Berbagai macam perangai akan kita temui saat di dunia kerja, ada yang baik, ada yang pilih-pilih teman, suka lempar kesalahan atau justru si pendiam yang sering dijadikan kambing hitam.

Kalau kamu termasuk sering dijadikan kambing hitam, mungkin salah satu dari 5 hal inilah penyebabnya.

1. Anak baru atau magang

Sering Jadi Kambing Hitam di Kantor? Mungkin 5 Hal Ini Penyebabnyapexels.com/rawpixel.com

Dimana-mana, yang namanya junior memang selalu dituntut untuk menurut pada semua yang dikatakan senior. Padahal, tak selamanya yang dilakukan atau dikatakan oleh si senior adalah hal yang benar. Tak bisa dipungkiri juga, kalau kamu termasuk karyawan baru atau anak magang, karyawan yang sudah lebih lama dari kamu akan merasa lebih superior dan tidak mau disalahkan. Karena itulah, kesalahan yang mereka lakukan akan dilemparkan pada si anak baru agar posisinya tetap aman.

2. Susah diajak bekerja sama

Sering Jadi Kambing Hitam di Kantor? Mungkin 5 Hal Ini Penyebabnyapexels.com/rawpixel.com

Saat kamu dinilai oleh rekan kerjamu susah untuk diajak kerja sama, entah dalam hal baik ataupun buruk, dapat dipastikan kamu akan disisihkan dalam lingkaran pergaulan mereka. Dan saat rekan kerjamu melakukan kesalahan, melemparkan kesalahan padamu akan menjadi sebuah balas dendam yang manis bagi mereka. Lagipula, mereka tidak akan mendapatkan dampak buruk karena kamu tidak termasuk dalam kubunya.

3. Tidak bersikap asertif

Sering Jadi Kambing Hitam di Kantor? Mungkin 5 Hal Ini Penyebabnyapexels.com/energepic.com

Baca Juga: 8 Publik Figur Ini Berbagi Rahasia Agar Bisa 'Survive' di Karier

Asertif adalah hal yang sangat penting untuk ditanamkan dalam diri setiap orang. Mengutarakan apa yang dipikirkan secara jujur tanpa merugikan pihak lain merupakan sikap yang harus dimiliki bagi seorang 'kambing hitam'. Jika, kamu takut untuk menolak tuduhan yang tidak kamu lakukan, jangan salahkan rekan kerjamu yang semakin menjadi untuk melemparkan semua kesalahannya padamu. Atau, pada bos yang tidak mau mengerti dengan kondisi bawahannya. Jangan takut untuk mengungkapkan apa yang kamu rasa benar!

4. Posisimu diincar oleh rekan kerja

Sering Jadi Kambing Hitam di Kantor? Mungkin 5 Hal Ini Penyebabnyaunsplash.com/Annie Spratt

Perebutan posisi di tempat kerja memang bukanlah hal yang baru, bagi sebagian orang, segala hal akan dilakukan untuk mendapatkan posisi yang dia inginkan, termasuk menjadikanmu kambing hitam atas persoalan yang tengah terjadi. Jangan buru-buru marah! Tanyakan padanya pelan-pelan, kenapa dia menuduhmu melakukan hal yang tidak pernah kamu lakukan. Dan jelaskan duduk persoalannya untuk memperjelas masalah.

5. Temanmu tengah terpojok

Sering Jadi Kambing Hitam di Kantor? Mungkin 5 Hal Ini Penyebabnyapexels.com/rawpixel.com

Saat seseorang merasa terancam, ia akan memunculkan self-defense yang tersembunyi di dalam dirinya. Dan tak jarang, seseorang yang sedang terpojok akan melemparkan kesalahan dan ketakutannya pada orang lain. Hal ini untuk menutupi kesalahan dan mengurangi emosi dari atasan yang akan diluapkan padanya karena kelalaiannya.

Saat kamu dijadikan kambing hitam di kantor, hal yang wajib kamu lakukan adalah menenangkan emosi dan memikirkannya secara tenang. Memang bukan hal yang mudah, tapi jika kamu ikut terpancing emosi, maka, keadaan akan semakin kacau dan jauh dari titik temu.

Selain itu, mengungkapkan apa yang ada dipikiranmu adalah hal utama yang harus kamu lakukan. Ingat! Semakin kamu diam dan bersikap seolah tidak peduli, bukan tidak mungkin kamu menjadi korban dari kesalahan rekan kerjamu lagi nantinya.

Baca Juga: Ini 8 Anak Seleb Bollywood Senior yang Ikuti Jejak Karier Orangtuanya

Fauziah Puspitasari Photo Verified Writer Fauziah Puspitasari

Dream as if you will live forever

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya