Comscore Tracker

5 Tips Sukses Freelancer Kebanjiran Order, Cuan Datang Terus!

Klien dan proyek terus berdatangan

Dalam kamus Cambridge, freelancer adalah seseorang yang independen melakukan pekerjaan tertentu untuk organisasi berbeda dalam satu waktu. Meski sering dianggap sebelah mata, nyatanya, seorang freelancer memiliki kelebihan yang tidak bisa dianggap sepele. 

Sebagai contoh, waktu yang fleksibel, lebih merdeka dalam mengambil project, lokasi kerja yang fleksibel, self-management, dan menentukan sendiri berapa pendapatan yang ingin didapat. Kenyataan tersebut tentu menjadi alasan kuat untuk bekerja sebagai freelancer.

Walau begitu, tidak semua orang 'kuat' menjadi freelancer. Jarang dilirik klien dan pendapatan yang didapat tidak sesuai dengan effort yang dikeluarkan, jadi dua alasan untuk mundur sebagai freelancer. 

Untuk kamu yang tertarik bekerja sebagai freelancer, yuk perhatikan apa saja yang membuat klien memilihmu dan bagaimana usahamu bisa dihargai dari pendapatan yang kamu dapat. Tak usah berlama-lama, inilah lima trik yang membuat freelancer kebanjiran order dan cuan terus berdatangan. 

Baca Juga: 5 Tips Meningkatkan Kualitas sebagai Seorang Freelancer, Bisa Dicoba!

1. Bergabung dengan platform freelance

5 Tips Sukses Freelancer Kebanjiran Order, Cuan Datang Terus!ilustrasi freelancer (unsplash.com/Faizur Rehman)

Kamu perlu menjual keahlianmu di tempat yang memiliki banyak klien yang membutuhkanmu. Buatlah profil di berbagai platform freelance untuk memperluas koneksimu. 

Dengan cara ini, para profesional dan perusahaan yang memerlukan jasamu bisa menghubungimu. Dalam platform ini, para calon klien juga bisa bebas bertanya atau berkonsultasi denganmu. 

2. Jangan berhenti belajar

5 Tips Sukses Freelancer Kebanjiran Order, Cuan Datang Terus!ilustrasi terus belajar (pixabay.com/geralt)

Belajar adalah sebuah keharusan bagi seorang freelancer. Jangan puas dengan ilmu yang kamu miliki sehingga hasil pekerjaanmu jadi monoton dan membuat klien yang awalnya loyal padamu jadi pindah ke lain hati. 

Yuk, tingkatkan keahlian yang kamu miliki. Belajar terus baik itu offline atau online. Semakin tinggi keahlianmu, maka akan semakin banyak order yang diterima. 

Baca Juga: 5 Risiko Bekerja sebagai Freelancer, Harus Siap Dipandang Sebelah Mata

3. Membuat rencana kerja

5 Tips Sukses Freelancer Kebanjiran Order, Cuan Datang Terus!ilustrasi rencana kerja (unsplash.com/Jessica Lewis)

Meski kamu bekerja sendiri, membuat rencana kerja adalah hal yang sangat penting. Rencana kerja termasuk persiapan seorang freelancer membuat tujuan yang realistis dan bisa tercapai. 

Buatlah rencana kerja dalam jangka pendek dan panjang. Kamu juga perlu fokus pada kebutuhan penting yang dapat meningkatkan kualitas pekerjaanmu. Contohnya membangun kedekatan dengan klien, memasang target pendapatan dalam jangka waktu tertentu, dan seberapa luas jangkauanmu menggaet calon klien. 

Seharusnya tidak banyak waktu yang tersisa untuk menganggur. Ketika tidak ada proyek yang sedang dikerjakan, konsentrasilah membangun personal branding, menjaga reputasi, memperdalam keahlianmu, dan memperluas jangkauan klien. 

4. Fokus pada portofolio

5 Tips Sukses Freelancer Kebanjiran Order, Cuan Datang Terus!ilustrasi membuat portofolio (unsplash.com/Marta Filip)

Reputasi menjadi hal penting untuk dijaga oleh freelancer. Karena itu, tidak ada yang lebih baik selain memiliki portofolio yang keren. 


Dalam portofolio, buktikan apa saja karya terbaik dan jenis pekerjaan yang kamu sukai. Dengan ini, calon klien akan melihat seberapa besar potensi yang kamu miliki dan akhirnya menjatuhkan pilihan untuk bekerja sama denganmu. 

5. Jangan ragu untuk bekerja sama dengan freelancer lain

5 Tips Sukses Freelancer Kebanjiran Order, Cuan Datang Terus!ilustrasi kerja tim di kantor (unsplash.com/krakenimages)

Terlalu memaksakan diri mengerjakan proyek besar sendirian bisa meningkatkan risiko klien tidak puas dengan hasil kerjamu. Ini bisa memberikan efek negatif pada reputasimu, nih. 


Padahal, reputasi itu sangat penting bagi seorang freelancer. Jujurlah pada klien bahwa kamu kewalahan jika harus mengerjakan proyek sendirian. 

Katakan juga kalau kamu akan membuka tangan lebar-lebar jika klien mempunyai freelancer lain untuk bekerja sama denganmu. Cara ini justru membuat klien lebih menghargaimu, lho. 


Guys, sukses didapat dari proses yang panjang. Kalau kamu ingin menjadi freelancer yang sukses, kerja cerdas, konsisten, dan reputasi yang baik perlu kamu bangun. Dengan ini, kamu akan banjir order dan pastinya cuan akan terus berdatangan. Semangat, ya! 

Baca Juga: Banjir Job, 5 Tips Jadi Freelancer dengan Banyak Klien

IamLathiva Photo Verified Writer IamLathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya