Comscore Tracker

5 Cara Elegan Bersaing Secara Sehat di Tempat Kerja

Yuk kita bersaing secara sehat!  

Anggapan bahwa dunia kerja itu keras ternyata bukanlah suatu anggapan semata. Buktinya ketika memasuki dunia kerja kita akan menemukan berbagai permasalahan yang lebih kompleks, tantangan pekerjaan yang semakin besar, hingga persaingan antara sesama rekan kerja. 

Nah persaingan di dunia kerja ini memang tidak bisa dihindari. Sisi positif dengan adanya persaingan tersebut adalah dapat memotivasi para karyawannya untuk meningkatkan kualitas pekerjaan yang ia geluti. Namun hal negatif sering ditemukan yaitu adanya persaingan tidak sehat antar rekan kerja, diam-diam menjatuhkan satu sama lain, dan hal lainnya. Maka dari itu untuk menjaga lingkungan kerja yang kondusif, penting kiranya kamu harus mengetahui 5 cara bersaing secara sehat dengan rekan kerja di kantor berikut ini.

 1. Tingkatkan kualitas kerjamu di kantor 

5 Cara Elegan Bersaing Secara Sehat di Tempat Kerjapexels.com/Retha Ferguson

Cara bersaing secara sehat yang pertama yaitu dengan meningkatkan kualitas pekerjaan kita di kantor. Tunjukkan kepada sainganmu bahkan atasan bahwa dirimu adalah sosok yang patut diperhitungkan dalam pekerjaan tersebut.

Menjadi karyawan yang bertanggung jawab dari setiap amanah dan meningkatkan kualitas diri yang lebih baik dari sebelumnya. Selain itu kamu bisa menentukan target pekerjaan yang ingin kamu capai dalam waktu terdekat hingga masa mendatang. 

2. Menyingkirkan sifat ego  

5 Cara Elegan Bersaing Secara Sehat di Tempat KerjaPexels.com/mentatdgt

Cara selanjutnya yaitu coba deh mulai sekarang redam dan singkirkan ego yang menguasai dalam dirimu. Dalam bersaing di dunia kerja kita pasti diliputi rasa ego untuk saling menunjukkan siapa yang paling terbaik dan layak di hadapan atasan maupun orang lain.

Rasa ego inilah yang seringkali dapat menimbulkan sebuah perselisihan dan persaingan yang tidak sehat. Maka dari itu ciptakan persaingan yang sehat dengan meredam dan menyingkirkan ego masing-masing. 

3. Cobalah untuk mengakui keberhasilan orang lain 

5 Cara Elegan Bersaing Secara Sehat di Tempat KerjaPexels.com/fauxels

Mengakui keberhasilan dan kesuksesan orang lain nampaknya sangat berat untuk dilakukan. Karena seringkali kita terjebak oleh rasa iri ketika melihat rekan kerja lebih berhasil dibandingkan diri kita. Padahal dengan mengakui keberhasilan dan menerima orang lain dapat membantumu untuk meningkatkan motivasi diri agar giat untuk bekerja. 

Baca Juga: 7 Tipe Orang Mengisi Waktu Ketika Physical Distancing, Kamu Tipe Mana?

4. Jangan sungkan untuk saling berbagi ilmu 

5 Cara Elegan Bersaing Secara Sehat di Tempat Kerjapexels.com/bongkarn thanyakij

Mulai sekarang jangan sungkan untuk saling berbagi ilmu dan pengetahuan dengan rekan kerjamu di kantor. Jangan hanya kamu ingin dipandang lebih hebat dan menonjol di mata atasan, kamu jadi pelit untuk berbagi ilmu yang kamu miliki.

Padahal saat bekerja kita membutuhkan kerja sama tim yang solid, agar pekerjaan tersebut terselesaikan secara maksimal. Jika selama ini kamu hanya ingin terlihat menonjol sendiri tanpa memperhatikan rekan kerja yang satu tim denganmu, yang ada kamu bakal dicap sebagai orang yang egois dan pelit. 

5. Jangan lupa untuk selalu bersikap ramah 

5 Cara Elegan Bersaing Secara Sehat di Tempat Kerjapexels.com/fauxels

Terakhir, jadilah sosok karyawan yang ramah terhadap orang-orang di tempat kerjamu. Jangan ragu untuk menyapa rekan kerja terlebih dahulu, lemparkan senyuman kepada mereka, dan selalu tularkan energi positif terhadap teman kerjamu, supaya tercipta persaingan dan lingkungan kerja yang sehat.

Karena ketika kita mampu bersikap ramah dan selalu menebarkan kebaikan, tentunya dapat membuat orang lain tertular energi positif tersebut. 

Yuk mulai sekarang ciptakan persaingan secara sehat di lingkungan kerjamu dengan lima cara di atas. Terima kasih sudah membaca, semoga bisa bermanfaat!

Baca Juga: 5 Cara agar Rekan Kerja Hormat walau Kamu Karyawan Baru

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

Life is more than social media

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya