Comscore Tracker

5 Cara agar Rekan Kerja Hormat walau Kamu Karyawan Baru

Bangunlah hubungan kerja yang baik dengan rekan kerjamu

Hampir kebanyakan orang berpikir bahwa respek atau rasa menghormati dan menghargai biasanya ada pada karyawan yang sudah lama bekerja di perusahaan. Padahal tidak seperti itu. Kamu yang karyawan baru juga bisa mendapatkan respek dari rekan kerja lainnya. Hal tersebut tergantung dari bagaimana caramu mendapatkan respek tersebut.

Mau tahu bagaimana caranya? Kamu bisa mencoba lima cara ini.

1. Bertanya dengan sopan saat ada pekerjaan yang tidak kamu pahami

5 Cara agar Rekan Kerja Hormat walau Kamu Karyawan Barupexels/ fauxels

Sebagai pegawai baru yang masih belajar, pasti ada beberapa pekerjaan yang tidak kamu pahami. Maka kamu harus bertanya kepada rekan kerjamu yang sudah senior.

Bertanyalah dengan sopan, jangan langsung sok kenal atau bersikap seolah kamu sudah berteman lama dengannya karena itu akan membuat ia tidak nyaman. Selain itu, jangan lupa mengatakan tolong, karena itu menandakan bahwa kamu menghargainya. 

2. Saat bertanya, jangan memaksanya untuk menjawab dengan cepat

5 Cara agar Rekan Kerja Hormat walau Kamu Karyawan Barupexel/Christina Morillo

Jika rekan kerjamu menjawab agak lama maka maklumilah karena ia juga sedang mengerjakan pekerjaannya. Jangan memaksanya untuk menjawab pertanyaanmu dengan cepat, itu akan membuatnya tidak menyukaimu karena memaksanya dan yang ada malah ia tidak mau menjelaskan apa yang kamu tanyakan. 

Baca Juga: 8 Tips Jika Kamu Karyawan Baru tapi Paling Tua di Antara Rekan Kerjamu

3. Jangan terbawa emosi saat beradu argumen

5 Cara agar Rekan Kerja Hormat walau Kamu Karyawan Barupixabay/rawpixel

Diskusi dalam bekerja adalah hal wajar, namun bukan berarti kamu bisa dengan keras mempertahankan pendapatmu. Mungkin bagimu pendapatmu sudah benar, tapi belum tentu bagi rekan kerja lainnya.

Jangan terbawa emosi saat beradu argumen hingga menimbulkan kesan yang tidak baik. Ingatlah bahwa kamu masih berada di lingkungan kerja yang sama dan membutuhkan bantuan mereka. 

4. Saat salah, jangan ragu untuk meminta maaf

5 Cara agar Rekan Kerja Hormat walau Kamu Karyawan Barupexels/fauxels

Sebagai pegawai baru tentu kamu belum bisa sempurna menyelesaikan semua pekerjaan. Nah, saat kamu salah, jangan mencari alasan kamu tidak salah atau melimpahkan kesalahanmu kepada rekan kerja lainnya. Akuilah kesalahanmu dan jangan ragu untuk meminta maaf. 

5. Jangan bersikap sok tahu atau selalu menjawab saat diajarkan

5 Cara agar Rekan Kerja Hormat walau Kamu Karyawan Barupexels/Christina Morillo

Saat diajarkan oleh rekan kerja yang lebih senior maka dengarkanlah, jangan selalu menjawab atau langsung mengatakan bahwa kamu sudah mengetahuinya. Sikapmu tersebut akan membuat mereka berpikir kamu sok tahu apabila penjelasan yang kamu berikan ternyata tidak sama dengan apa yang mereka maksud. Malah ke depannya mereka tidak mau lagi mengajarkanmu. 

Nah, itulah lima cara agar mendapatkan respek atau hormat dari rekan kerjamu. Sebagai karyawan baru kamu berhak dihargai, tapi tentunya sikapmu juga menentukan bagaimana orang lain juga bersikap kepadamu. 

Baca Juga: 5 Trik Elegan Hadapi Rekan Kerja yang Suka Iri pada Pencapaian Kamu

Shella Rafika Sari Photo Verified Writer Shella Rafika Sari

Keajaiban hanya terjadi pada orang yang pantang menyerah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya