Comscore Tracker

5 Jenis Pekerjaan yang Membutuhkan Jiwa Sosial yang Tinggi

Kamu tertarik untuk menekuninya ? 

Kamu tipe orang yang memiliki jiwa sosial tinggi, suka membantu orang lain yang tengah mengalami kesulitan, menyukai bentuk macam perhatian, dan memiliki kepuasan tersendiri saat bisa membantu orang lain?

Orang-orang semacam ini sangatlah dibutuhkan dalam kehidupan kita, termasuk dalam hal pekerjaan loh ternyata. Mereka yang memiliki jiwa sosial yang tinggi cenderung bisa bekerja di dalam lingkungan sosial dengan baik. Penasaran ? yuk simak 5 pekerjaan yang membutuhkan jiwa sosial yang tinggi : 

1. Guru

5 Jenis Pekerjaan yang Membutuhkan Jiwa Sosial yang Tinggipixabay/Jerrykimbrell10

Menjadi seorang guru adalah pekerjaan pertama yang membutuhkan jiwa sosial yang tinggi loh guys. Tidak bisa di pungkiri menjadi seorang guru akan dihadapkan dengan banyak orang, berbagai macam sifat siswa, dan interaksi dengan banyak murid, seorang guru adalah pekerjaan mulia yang memiliki jiwa sosial yang besar. Karena dengan begitu seorang guru bisa menjadi pendidik yang baik untuk murid-muridnya. 

2. Tim Sar

5 Jenis Pekerjaan yang Membutuhkan Jiwa Sosial yang Tinggipexels.com/pixabay

Pekerjaan yang memiliki jiwa sosial tinggi selanjutnya adalah Tim SAR  (search and rescue). Tim SAR adalah garda terdepan yang memiliki tugas untuk melakukan pencarian dan pertolongan terhadap korban bencana. Tim SAR merupakan pekerjaan suka rela atau tanpa pamrih yang sangat mulia loh. Bagi kamu yang memiliki jiwa sosial tinggi, peduli terhadap orang lain, dan ingin mengabdi kepada masyarakat pekerjaan ini bisa menjadi salah satu pilihanmu.

3. Petugas pemadam kebakaran

5 Jenis Pekerjaan yang Membutuhkan Jiwa Sosial yang Tinggipexels.com/pixabay

Menjadi petugas pemadam kebakaran adalah pekerjaan yang memiliki jiwa sosial yang tinggi selanjutnya loh. Tidak bisa di pungkiri pekerjaan ini dituntut harus siap dalam segala situasi. Menjadi petugas pemadam kebakaran tidak hanya dituntut untuk melakukan penyelamatan korban kebakaran atau petugas pemadaman, mereka juga dituntut untuk melakukan penyelamatan korban bencana seperti banjir, gedung runtuh, gempa bumi dll. Mulia sekalikan pekerjaan ini? 

Baca Juga: 7 Cara Mencintai Pekerjaan yang Bukan Passionmu

4. Perawat

5 Jenis Pekerjaan yang Membutuhkan Jiwa Sosial yang Tinggipexels.com/rawpixel.com

Jika kamu mempunyai ketertarikan sangat besar terhadap lingkungan sosial, khususnya dalam bidang kesehatan dan kemanusiaan. Menjadi seorang perawat adalah salah satu jenis pekerjaan yang paling sesuai. Pekerjaan ini dituntut untuk memiliki jiwa sosial tinggi, yang mengutamakan pengabdian diri kepada orang yang membutuhkan perawatan dalam bidang kesehatan.  

5. Psikolog

5 Jenis Pekerjaan yang Membutuhkan Jiwa Sosial yang Tinggipixabay/geralt

Pekerjaan terakhir adalah psikolog. Psikolog merupakan disiplin ilmu yang mempelajari sifat, mental, pikiran, dan tingkah laku manusia. Ilmu psikologi sering digunakan untuk memecahkan serangkaian masalah yang berhubungan dengan sifat manusia itu sendiri. Pekerjaan ini cocok untuk seorang yang memiliki jiwa sosial tinggi dan suka berinteraksi langsung terhadap orang lain. 

Itulah guys 5 jenis pekerjaan yang membutuhkan jiwa sosial yang tinggi. Jika kamu merasa memiliki tingkat kepedulian yang cukup dan suka membantu kesulitan orang lain, 5 pekerjaan di atas bisa menjadi rekomendasi pekerjaan yang sesuai duntukmu. So, selamat mencoba ya ! 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Pekerjaan Buat Kamu yang Hobi Baca Buku

Nina Nadiah Photo Community Writer Nina Nadiah

Kuliah yang menyambi dengan kuli tinta

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You