Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Wajib Meluangkan Waktu untuk Hobi, Jangan Kerja Terus!

Jangan kerja terus, lakukan hobi sebagai selinganmu

Semua orang akan disibukkan dengan yang namanya pekerjaan. Berangkat pagi pulang petang, rapat dengan atasan, bertemu client setiap hari, berkas kerja yang menumpuk, dan lain sebagainya.

Kesibukan dalam pekerjaan inilah yang membuat kita sering lupa untuk sekedar melepas penat dengan menekuni hobi. Padahal, meluangkan waktu untuk hobi memiliki banyak manfaat, lho. Berikut ini lima alasan kenapa kamu wajib meluangkan waktu untuk hobi di tengah kesibukan kerjamu. 

1. Dapat mengembalikan semangat untuk bekerja esok hari

5 Alasan Kamu Wajib Meluangkan Waktu untuk Hobi, Jangan Kerja Terus!pexels.com/@Jackson David

Alasan pertama kamu harus meluangkan waktu menekuni hobi meski di tengah kesibukan, yaitu dapat mengembalikan semangat untuk bekerja esok hari.

Menekuni hobi yang sudah lama ditinggalkan dapat memunculkan perasaan senang sehingga bisa menciptakan semangat baru untuk melakukan aktivitas yang lain. Tapi ingat, jangan sampai hobimu tersebut berlebihan hingga mengganggu pekerjaanmu. 

2. Membuat pikiran lebih fresh

5 Alasan Kamu Wajib Meluangkan Waktu untuk Hobi, Jangan Kerja Terus!pexels.com/@VisionPic .net

Alasan selanjutnya yaitu melakukan hobi yang kita sukai bisa menjadi ajang untuk me-refresh pikiran. Percaya, deh, kalau pikiran kita fresh, untuk melakukan pekerjaan juga tidak akan terasa berat dan justru membuat kita jadi lebih semangat.

Berbeda kalau pikiran dan tubuh kita lelah, sekedar untuk berangkat kerja saja rasanya sangat malas. So, jangan tinggalkan hobi yang kamu sukai, ya. 

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Sesekali Harus Meluangkan Waktu untuk Berlibur

3. Siapa tahu bisa menjadi ladang penghasilan tambahan

5 Alasan Kamu Wajib Meluangkan Waktu untuk Hobi, Jangan Kerja Terus!pexels.com/cottonbro

Siapa sih yang tidak senang kalau hobi yang kita tekuni bisa menjadi ladang penghasilan? Ibarat kata tidak perlu bersusah payah dalam bekerja, tapi penghasilan tetap mengalir bahkan bisa dapat lebih.

Maka nggak heran, kalau hobi oleh sebagai orang bisa dijadikan sebagai pekerjaan tetap atau selingan untuk menambah penghasilan dari pekerjaan utama. Tapi yang terpenting, antara pekerjaan utama dan sampingan seimbangkan dengan baik, ya. 

4. Dapat menghindarkan kita dari stres pekerjaan

5 Alasan Kamu Wajib Meluangkan Waktu untuk Hobi, Jangan Kerja Terus!pexels.com/@Vlada Karpovich

Bekerja setiap hari, berangkat pagi pulang petang, deadline pekerjaan yang nggak ada habisnya, dan tekanan dari atasan dapat membuat kita jadi mudah tertekan dan stres.

Nah, salah satu cara yang membuat kita tetap 'waras' di tengah kesibukan kerja yaitu dengan melakukan hobi. Temukan hobi favoritmu mulai dari hobi olahraga, menulis, melukis, jalan-jalan, bermain game, atau hobi yang lain. 

5. Dapat memberikan tantangan baru

5 Alasan Kamu Wajib Meluangkan Waktu untuk Hobi, Jangan Kerja Terus!unsplash.com/@Brooke Cagle

Alasan terakhir kenapa kamu harus meluangkan waktu untuk hobi yaitu dapat memberikan tantangan tersendiri. Apalagi nih, kamu tipe orang yang menyukai tantangan atau eksperimen, maka ini menjadi kesempatan untuk menekuni hobi yang belum pernah kamu coba sebelumnya.

Keluar dari rutinitas yang menjenuhkan dengan berani menjajal sesuatu yang baru, ternyata dapat menciptakan kebahagiaan dan kepuasan diri, lho. 

 

Itulah guys, lima alasan kamu wajib meluangkan hobi di tengah kesibukan kerjamu. Hidup nggak melulu soal pekerjaan, adakalanya kita perlu menyempatkan waktu untuk menikmati apa yang telah kita capai. 

Baca Juga: Kerja Gak Bosan, 10 Hobi Seru Ini Dapat Mendatangkan Penghasilan

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya