Comscore Tracker

5 Kesalahan Fatal yang Dilakukan Freelancer Pemula, Hindari Yuk! 

Hindari jangan sampai melakukan kesalahan yang sama ya!  

Saat ini freelancer menjadi pekerjaan favorit oleh banyak orang. Fleksibilitas dalam waktu dan menawarkan pendapatan yang cukup menjanjikan menjadi beberapa alasan kenapa sebagian orang memilih bekerja secara freelance

Meskipun terlihat menyenangkan, namun guys bekerja secara freelance memiliki tantangan yang tidak semudah dibayangkan. Tidak jarang para freelancer pemula banyak yang menyerah karena sering mengalami kesalahan berikut ini. Nah jika ingin sukses berkarier sebagai freelancer, hindari 5 kesalahan fatal ini, ya!

1. Tidak fokus dalam satu bidang pekerjaan 

5 Kesalahan Fatal yang Dilakukan Freelancer Pemula, Hindari Yuk! pexels.com/ThisIsEngineering

Kesalahan pertama saat memutuskan bekerja secara freelance yaitu tidak fokus dalam satu bidang pekerjaan. Hal itu sering terjadi ketika kamu tidak mengetahui sebenarnya apa bidang yang kamu kuasai. Alhasil sering mengalami kesulitan melakukan pekerjaan tersebut. Selain itu menerima job dari banyak bidang juga dapat membuat fokusmu mudah terpecah. 

Maka dari itu sebelum memutuskan terjun ke dunia freelancer, pilihlan dan fokus satu bidang pekerjaan saja untuk kamu tawarkan pada klien. 

2. Tidak memiliki kejelasan jasa apa yang dijual 

5 Kesalahan Fatal yang Dilakukan Freelancer Pemula, Hindari Yuk! pixabay.com/pexels

Ada banyak bidang dalam pekerjaan freelance. Namun kesalahan yang sering dilakukan oleh sebagian freelancer pemula yaitu tidak memiliki kejelasan terhadap jasa apa yang dijual dan ditawarkan pada klien.

Mereka hanya tergiur dengan keuntungan yang didapatkan, tanpa mengerti sebenarnya dari pekerjaan tersebut. Sehingga dalam mengerjakannya seringkali tidak maksimal. 

Baca Juga: Wajib Dihindari, Ini 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Para Freelancer

3. Tidak disiplin dalam membagi waktu 

5 Kesalahan Fatal yang Dilakukan Freelancer Pemula, Hindari Yuk! unsplash.com/Lukas Blazek

Bekerja lepas memiliki fleksibilitas dalam membagi waktu. Kita memiliki kebebasan dalam mengatur waktu kerja kita setiap harinya. Namun ternyata hal tersebut bisa menjadi bumerang buat kita sendiri loh. 

Sebab bisa membuat pekerjaan yang sudah diterima akhirnya kamu tunda-tunda untuk diselesaikan. Alhasil reputasimu sebagai pekerja menjadi menurun dan klien bisa hilang kepercayaan terhadap kapasitas yang kamu miliki.

4. Sering terjadi miskomunikasi dengan klien

5 Kesalahan Fatal yang Dilakukan Freelancer Pemula, Hindari Yuk! pexels.com/Elevate Digital

Kesalahan selanjutnya yaitu kurang baik dalam hal komunikasi terhadap klien. Saat klien sudah memilih untuk memakai jasamu, sebisa mungkin buat mereka nyaman dengan tetap menjaga komunikasi dengan baik.

Nah kesalahan yang sering terjadi itu misalnya slow respon dalam membalas chat hingga menggunakan kata-kata yang tidak sopan dalam berkomunikasi. Maka dari itu jagalah komunikasimu agar memiliki reputasi yang baik di hadapan mereka. 

5. Plagiasi karya orang lain

5 Kesalahan Fatal yang Dilakukan Freelancer Pemula, Hindari Yuk! pixabay.com/StartupStockPhotos

Kesalahan yang paling fatal yaitu meniru atau plagiat terhadap karya orang lain. Apa pun alasannya plagiat adalah tindakan yang tidak bisa dibenarkan. Maka dari itu hindari meniru karya orang lain, dan buatlah karya sesuai dengan sudut pandang versi dirimu sendiri.

Selain itu hati-hatilah dalam mencari referensi dan jangan lupa untuk mencantumkan sumbernya. Jadi, buat kamu freelancer pemula jangan melakukan plagiat ya, yakinlah bahwa kamu memiliki kemampuan hebat yang bisa membuatmu berkembang dengan karya yang kamu buat sendiri. 

Bagaimana apakah kamu pernah melakukan salah satu kesalahan di atas? Well, apa pun pilihan kariermu saat ini, tekuni dan jangan ragu untuk terus mengasah diri. 

Baca Juga: Ada Baiknya Memahami 5 Hal Ini Sebelum Fokus Jadi Freelancer

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

Life is more than social media

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya