Comscore Tracker

5 Hal yang Bisa Kamu Petik Saat Gagal Mendapat Pekerjaan Impian 

Bukan berarti hidupmu juga ikutan gagal kok!

Siapa sih yang tidak ingin memiliki pekerjaan impian, pekerjaan yang sudah dirancang sejak duduk di bangku kuliah, pekerjaan yang sudah direncanakan dari 5 hingga 10 tahun yang lalu, atau pekerjaan bagian dari cita-cita di masa kecil. Semua orang pasti ingin mendapat pekerjaan impian tersebut bisa terwujud.

Namun, untuk mendapat pekerjaan impian ternyata tidaklah mudah, butuh usaha, kerja keras, dan effort yang tidak sebentar. Butuh waktu yang tidak sedikit pula. Sebab di luar sana ada ribuan saingan yang memiliki keunggulan masing-masing saling berlomba untuk mendapat kursi pekerjaan tersebut.

Di sisi lain kamu sudah mencoba berbagai cara, namun seringkali langkahmu terhenti dikalahkan oleh kandidat-kandidat lainnya. Namun, jangan patah semangat seandainya kamu tahu ternyata di balik kegagalan ada hal yang bisa kamu ambil sisi positifnya. Apa saja? simak di bawah ini

1. Kamu diberi waktu untuk berpikir ulang akan cita-citamu 

5 Hal yang Bisa Kamu Petik Saat Gagal Mendapat Pekerjaan Impian Unsplash.com/Tim Gouw

Kegagalan mendapat pekerjaan impian bukanlah akhir dari kehidupan justru ini menjadi kesempatan untuk memikirkan ulang apa sih cita-citamu, apa sebenarnya tujuan kamu mencari kerja hanya untuk sekedar mencari uang, kebahagiaan atau lainnya?

Begitupun soal pekerjaan banyak orang yang terjebak hanya karena keinginan sesaat. Karena ikut-ikutan teman, tergiur dengan nama besar perusahaan, hingga tidak tahu apa sebenarnya yang diinginkan. Kegagalan ini jadikanlah sebagai evaluasi apakah keinginanmu saat ini bisa membuatmu berkembang atau malah sebaliknya. 

2. Kesempatanmu untuk mengasah skill lebih banyak

5 Hal yang Bisa Kamu Petik Saat Gagal Mendapat Pekerjaan Impian 

Dunia kerja itu keras, ternyata anggapan tersebut bukan sekedar kalimat biasa. Karena memang benar adanya dunia kerja banyak ditemukan permasalahan yang jauh lebih kompleks hingga lingkungan kerja yang tidak stabil, jika dibandingkan dengan kehidupan di bangku kuliah.

Kegagalanmu mendapat pekerjaan saat ini jadikan kesempatan untuk mengasah dan meningkatkan skill. Selain itu evaluasi apa saja kekuranganmu saat ini sehingga ketika kamu mencoba melamar pekerjaan lagi sudah tahu mana yang harus kamu perbaiki. 

Baca Juga: 7 Cara Melamar Pekerjaan Ini Bisa Membuat HRD Terkesan, Lho!

3. Satu pintu tertutup, bukan berarti pintu lainnya ikut juga. Carilah kesempatan yang masih terbuka untukmu

5 Hal yang Bisa Kamu Petik Saat Gagal Mendapat Pekerjaan Impian unsplash.com/ Christin Hume

Gagal di satu pintu, bukan berarti kamu gagal di pintu-pintu berikutnya. Carilah kesempatan yang masih terbuka, tengok lagi dalam dirimu apa yang masih bisa kamu lakukan saat ini. Asah lebih banyak skill yang ingin kamu lakukan, jangan hanya terfokus dan merasa puas pada satu skill saja. Dengan begitu kamu bisa bekerja di bidang yang lainnya, atau mencoba membuka usaha sendiri. 

4. Syukuri pekerjaanmu saat ini, walau hal tersebut tersebut tidak sesuai dengan keinginanmu

5 Hal yang Bisa Kamu Petik Saat Gagal Mendapat Pekerjaan Impian pexels/Andrea Piacquadio

Fakta tidak bisa dibohongi bahwasanya kita bekerja untuk mendapatkan uang. Pekerjaan yang kamu tekuni saat ini bukan berarti tidak memilki manfaat walau bukan pekerjaan impianmu. Justru lakukanlah sepenuh hati dan syukuri karena di luar sana masih banyak orang yang tidak seberuntung kamu. Tekuni, sebab akan banyak ilmu yang bisa kamu serap di dalamnya.

5. Akui kegagalan tersebut dan mulailah untuk hidup bahagia

5 Hal yang Bisa Kamu Petik Saat Gagal Mendapat Pekerjaan Impian pexels.bruce mars

Kegagalan memang menyakitkan hingga rasanya ingin menyerah begitu saja. Namun ketika kamu menyerah apakah kamu tidak akan menyesal nantinya? Hidup akan terus berlanjut tidak peduli seberapa menyakitkan yang kamu alami.

Akui saja kegagalan tersebut, ikhlaskan dan mulailah untuk bangkit kembali mengejar impianmu. Syukuri apapun pekerjaanmu saat ini dan cobalah pelan-pelan bangun mimpimu kembali. Hiduplah bahagia, jangan buang waktumu cuma-cuma karena penyesalan. 

Itulah 5 hal yang kamu peroleh saat gagal mendapat pekerjaan impian. Dalam situasi yang sulit dalam hiduppun ada hikmah yang bisa kamu ambil kok. So, jangan terus-menerus merasa kecewa dengan keadaan inimari hidup bahagia dengan rasa syukur di setiap harinya. 

Baca Juga: 5 Tips Memilih Pekerjaan Tepat untuk Kamu yang Fresh Graduate

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya