Comscore Tracker

5 Hal Ini Membuatmu Dinilai jadi Karyawan yang Kurang Profesional

Hindari ya guys!  

Ketika terjun dalan dunia kerja semua orang baik karyawan maupun atasan harus menjunjung yang namanya profesionalitas. Sebisa mungkin kebiasaan apa pun di luar jam kantor jangan dicampur adukkan ke dalam lingkungan kerja. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir adanya gesekan. Nah kebiasaan yang dianggap remeh di kantor ini ternyata bisa membuatmu dinilai jadi karyawan yang kurang profesional lho. Lalu apa saja sih kebiasaan remeh tersebut? Baca artikelnya di bawah ini. 

1. Terlalu sering main hanpdhone saat jam kerja 

5 Hal Ini Membuatmu Dinilai jadi Karyawan yang Kurang Profesionalpexels.com/@Yan

Hayo ngaku siapa nih dari kalian yang sering main HP saat jam kerja? Kebiasaan yang satu ini sebaiknya kamu hindari ya. Saat jam kerja fokuslah untuk menyelesaikan pekerjaanmu, jangan malah sedikit-dikit cek notifikasi dari doi misalnya, update story ini itu di instagram, dan hal yang tidak perlu lainnya.

Sebisa mungkin saat bekerja jauhkan dirimu dari gadget, hingga mematikan data HP untuk sementara waktu. Nah ketika pekerjaan sudah beres dan sudah masuk jam istirahat boleh deh kamu main HP sepuasnya. 

2. Tidak bisa tepat waktu dalam hal apa pun 

5 Hal Ini Membuatmu Dinilai jadi Karyawan yang Kurang Profesionalpexels.com/Retha Ferguson

Hal selanjutnya yaitu tidak bisa tepat waktu dalam hal apa pun. Ketika masuk dunia kerja profesionalitas harus dijunjung, jangan jadi orang yang sering telat, suka meremehkan, dan tidak bisa tepat waktu dalam hal apa pun.

Saat kamu jadi pemimpian dalam sebuah rapat usahakan berangkat lebih awal dari rekan kerja yang lain, jangan malah datang akhir alhasil acara jadi molor. Saat mengerjakan tugas misalnya, selesaikan tepat waktu sesuai deadline yang telah ditentukan. 

Baca Juga: 5 Tips agar Karier Tak Mentok sebagai Karyawan Biasa, Perlu Perubahan!

3. Hobi bergosip

5 Hal Ini Membuatmu Dinilai jadi Karyawan yang Kurang Profesionalpexels.com/fauxels

Saat di kantor atau tempat kerja kebiasaan gosip memang tak bisa dihindarkan. Jauhi kebiasaan tersebut karena kamu bisa dinilai jadi karyawan yang tidak profesional. Jagalah hubungan baik sesama rekan kerja dengan tidak membicarakan keburukan orang lain.  
Ingat ya belum tentu juga orang yang kamu ajak bergosip bisa menyimpan rahasiamu tersebut, bisa jadi ia malah menyebarluaskan ke orang lain. Maka hati-hati ya! 

4. Meja kerja berantakan dan kotor

5 Hal Ini Membuatmu Dinilai jadi Karyawan yang Kurang Profesionalpexels.com/Theo

Gak bisa dihindari saat bekerja akan banyak berkas yang menumpuk. Itu sebenarnya hal yang biasa kok, tapi akan jadi gak wajar apabila meja kerjamu sangat berantakan, berkas tercecer di mana-mana, banyak barang yang berserakan, bahkan ada banyak sampah. Pasti atasan dan rekan kerja akan menganggapmu orang yang jorok.

Maka dari itu setelah pekerjaan selesai sempatkan untuk membersihkan meja kerja, masukkan alat-alat tulis ke dalam storage, dan buanglah sampah atau benda yang sudah tidak terpakai lagi. Dengan begitu ruang kerjamu jadi lebih bersih dan rapi. 

5. Suka mengeluh sana-sini

5 Hal Ini Membuatmu Dinilai jadi Karyawan yang Kurang ProfesionalPexels.com/Yan

Mengeluh terhadap pekerjaan tidak salah kok, tapi akan jadi gak baik apabila kamu tidak tahu situasi dan tempat saat mengeluh. Dapat kerjaan banyak mengeluh, mendapat kritik atau masukan langsung sambat, dan lain sebagainya. Kalau kamu suka mengeluh yang tidak tahu tempat kamu bakal di cap jadi karyawan yang tidak profesional. Maka mulai sekarang kurangi sambat dan perbanyak bersyukur ya. 

Untuk beberapa poin di atas, lihat-lihat industri apa yang sedang kamu geluti ya. Jika kantormu memang bergerak di industri kreatif, bermain HP atau nonton film diperbolehkan bahkan pada situasi tertentu disarankan. Maka dari itu hilangkan kebiasaan buruk di atas ya, supaya kamu jadi karyawan yang bisa disukai atasan dan rekan kerja. 

Baca Juga: 7 Alasan Fresh Graduate adalah Karyawan Sekaligus Rekan Kerja Terbaik

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya