Comscore Tracker

Perhatikan 5 Dampak Buruk Jika Kamu Bekerja Terlalu "Santuy"

Ternyata dapat merugikan diri sendiri

Seringkali kita dihadapkan dengan segudang pekerjaan yang penuh dengan tantangan. Deadline pekerjaan yang terlalu singkat, rutinitas yang menjenuhkan, hingga setumpuk tugas yang tiada habisnya. Namun sebaliknya ada pula orang yang dalam melakukan pekerjaannya kelewat "santuy".

Maksudnya adalah saat seseorang tidak terlalu berjuang keras dalam pekerjaan, hingga tidak sadar ia telah menghabiskan waktunya dalam kesia-siaan. Oleh karena itu, penulis telah merangkum dampak buruk jika kita bekerja terlalu "santuy", yuk baca artikelnya di bawah ini.

1. Bekerja terlalu santai, hingga tidak sadar waktu habis terbuang sia-sia

Perhatikan 5 Dampak Buruk Jika Kamu Bekerja Terlalu SantuyPexels.com/Tran

Tahu tidak jika kita bekerja terlalu "santuy" secara tidak sadar waktu yang kita punya selama ini akan terbuang percuma dan sia-sia lho. Waktu yang harusnya bisa kamu manfaatkan dengan melakukan hal produktif dan bermanfaat, jika kamu tidak bisa mengelolanya dengan baik nantinya bakal jadi rugi sendiri.

Ingat, ya ada saatnya kamu serius dan ada saatnya pula kamu bersantai. Jadi tempatkan dirimu sesuai situasi. 

2. Bisa membuatmu terjebak dalam zona nyaman

Perhatikan 5 Dampak Buruk Jika Kamu Bekerja Terlalu Santuypexels.com/Polina Zimmerman

Dampak selanjutnya jika bekerja terlalu "santuy"  yaitu bisa membuatmu terjebak dalam zona nyaman. Pernah dengarkan kalau zona nyaman itu jebakan? ya benar sekali memang.

Kita yang terlalu santai dalam pekerjaan akan membuat diri kita kehilangan jiwa kompetitif sehingga akan sulit maju dan berkembang. Selain itu terjebak dalam zona nyaman akan membuat kita takut akan perubahan dan tantangan dari pekerjaan tersebut. 

Baca Juga: 5 Penyebab Utama Kamu Mudah Kehilangan Motivasi Saat Bekerja

3. Membuat pekerjaanmu menjadi menumpuk

Perhatikan 5 Dampak Buruk Jika Kamu Bekerja Terlalu Santuypixabay/pexels

Terlalu menggampangkan pekerjaan bisa membuat tugas menumpuk. Selain itu kebiasaan menunda dan terlalu menggampangkan pekerjaan bisa menjadi indikator kenapa pekerjaanmu tidak kunjung selesai. Harusnya kamu bisa menyelesaikan pekerjaanmu segera mungkin, sehingga waktumu tidak akan terbuang sia-sia.

4. Buat kamu jadi mager dan males-malesan

Perhatikan 5 Dampak Buruk Jika Kamu Bekerja Terlalu Santuypixabay/PublicDomainPicture

Lagi-lagi jika terlalu "santuy" akan membuatmu menjadi orang yang mager dan malas-malasan. Akibatnya tingkat produktivitasmu dalam bekerja akan menurun. Hal tersebut tentunya akan membuatmu jadi rugi sendiri.

Selain itu bermalas-malasan tidak akan membawa hidupmu kemana-mana, yang ada bakal membuat hidupmu berjalan mundur. So, lawan rasa malasmu dan mulailah untuk produktif. 

5. Membuatmu menjadi orang yang tidak berkembang 

Perhatikan 5 Dampak Buruk Jika Kamu Bekerja Terlalu Santuyunsplash.com/ Johnny Cohen

Kamu pasti pernah mendengar "hiduplah seperti air mengalir" yang berarti hidup kita harus lurus sesuai arus yang sudah ditakdirkan. Tapi, jika kita beranggapan hidup hanya mengikuti arus saja bisa membuat kita terjebak dalam zona nyaman.

Akibatnya kamu akan menjadi takut untuk mencoba hal baru dan tantangan di luar sana. Sehingga kamu menjadi orang yang tidak bisa berkembang dan maju. 

Itulah 5 dampak buruk jika hidupmu terlalu "santuy" yang ternyata membuatmu menjadi rugi sendiri. So, santai dalam pekerjaan itu tidak ada salahnya, namun kamu harus pintar dalam menempatkan posisi, mana waktu bersantai dan mana waktu untuk bekerja secara serius.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Burnout Ketika Bekerja, Jangan Dianggap Remeh!

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on ig: @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya