Comscore Tracker

Ini Lho 5 Manfaat Punya Banyak Jaringan dan Relasi untuk Kariermu   

Yuk, mulai sekarang perbanyak relasi

Kita sudah sering mendengar bahwa memiliki relasi dan jaringan yang luas dapat mempengaruhi kemajuan karier seseorang. Hal itu memang benar adanya apalagi berkaca pada dunia kerja saat ini yang semakin ketat dan penuh persaingan, memiliki networking yang luas dapat membantu kita dalam berkarier.

Nah, kita bisa membangun relasi tersebut sedini mungkin dengan teman sekolah kita terdahulu, kuliah, dengan teman organisasi, komunitas, bahkan dengan orang-orang di lingkungan sekitar. Lalu sebenarnya apa saja sih manfaat memiliki banyak relasi untuk kesuksesan karier seseorang? Baca artikelnnya di bawah ini.

1. Dapat membuka peluang baru

Ini Lho 5 Manfaat Punya Banyak Jaringan dan Relasi untuk Kariermu   unsplash.com/Christina @ wocintechchat.com

Manfaat yang pertama yaitu dapat memunculkan berbagai macam peluang baru. Jika mulai sekarang kita sudah memperluas relasi dengan banyak orang, siapa tahu kamu bisa diajak membangun usaha berdua dengan temanmu, ditawarin kerja bareng, atau di saat kamu butuh pekerjaan kamu bisa bertanya terkait informasi lowongan kerja. 

Bahkan peluang karier yang lain bisa seringkali muncul tidak terduga berkat memiliki banyak networking.  

2. Bisa menjalin kolaborasi atau kerja sama

Ini Lho 5 Manfaat Punya Banyak Jaringan dan Relasi untuk Kariermu   Pexels.com/mentatdgt

Menjalin banyak networking sedini mungkin dengan teman kuliah, organisasi, komunitas, atau rekan di luar pekerjaanmu ternyata dapat memunculkan kesempatan untuk menjalin kerja sama atau kolaborasi loh. 

Maka dari itu jangan sungkan untuk menjalin kerja sama dengan teman-temanmu yang lain, siapa tahu kamu bisa membangun bisnis atau usaha berdua. Sudah banyak kok contoh orang yang sukses dengan dunia bisnisnya berkat menjalin kolaborasi dengan baik. 

Baca Juga: 5 Tips Membangun Networking Demi Perkembangan Karier di Marketing

3. Bisa mempererat hubungan dengan teman baru dan lama 

Ini Lho 5 Manfaat Punya Banyak Jaringan dan Relasi untuk Kariermu   Pexels.com/fauxels

Selain membangun relasi untuk kepentingan karier dan pekerjaan, mempunyai  networking yang luas bisa membuat hubungan dengan teman-temanmu bisa menjadi lebih erat loh. Terutama hubunganmu dengan teman lama yang sudah lama tidak berjumpa bisa kembali terjalin dengan baik. 

Maka dari itu jagalah hubungan pertemananmu, karena siapa tahu di masa depan kita saling membutuhkan bantuan pekerjaan atau hal lain darinya. 

4. Dapat membantumu mewujudkan cita-cita 

Ini Lho 5 Manfaat Punya Banyak Jaringan dan Relasi untuk Kariermu   pexels.com/Andrea Piacquadio

Memiliki relasi yang luas dapat membantumu  mewujudkan cita-cita atau target yang hendak dicapai. Setiap orang memiliki terget hidupnya masing-masing bukan, untuk mewujudkannya kita tidak bisa bekerja secara sendirian, sebab kita akan tetap membutuhkan bantuan dari orang lain. Maka dari itu perbanyaklah jaringan relasimu mulai sekarang ya. 

5. Bisa saling bertukar ide 

Ini Lho 5 Manfaat Punya Banyak Jaringan dan Relasi untuk Kariermu   unsplash.com/Austin Distel

Memiliki jaringan pertemanan yang luas ternyata memiliki banyak manfaatnya loh, nah salah satunya bisa saling bertukar ide dan gagasan, sehingga wawasanmu bisa semakin bertambah. Akan menjadi hal yang sangat menyenangkan jika bisa ngobrol dengan orang-orang yang memiliki latar belakang baik pendidikan atau profesi yang berbeda satu sama lain.

Semula kamu tidak tahu, bisa menjadi tahu karena memiliki banyak teman yang memiliki background berbeda denganmu. Hal itu tentunya sangat penting untuk menunjang kariermu bukan?

Itulah guys lima manfaat punya banyak jaringan dan relasi untuk menunjang kariermu. Tapi kamu harus ingat, jangan memanfaatkan relasimu tersebut untuk hal-hal yang tidak baik, ya. 

Baca Juga: 5 Alasan Membangun Networking Seluas-luasnya Itu Penting

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

Life is more than social media

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya