Comscore Tracker

5 Tips Bersikap Profesional saat Mendapat Kritikan dari Atasan 

#IDNTimesLife Jangan kebawa emosi, ya! 

Dalam dunia kerja yang namanya kritik, teguran, pujian, adalah hal yang biasa. Semua orang pasti pernah mengalami pun termasuk dirimu pasti pernah mendapat kritikan dari atasan bukan? Nah, ketika mendapat kritik tersebut apa yang kamu lakukan? Mendengarkan dengan baik atau malah emosi karena tidak terima?

Memang sih kadang seseorang memberi kritik tersebut amatlah menyakitkan, tapi asal kamu tahu kritik atau masukan dapat mendorong supaya kita bisa lebih baik lagi dalam bekerja lho. Berikut 5 tips bersikap profesional ketika mendapat kritik dari atasan. 

1. Jangan kebawa emosi

5 Tips Bersikap Profesional saat Mendapat Kritikan dari Atasan Pexels.com/fauxels

Tips pertama ketika mendapat kritik dan teguran dari atasan yaitu dengan mengontrol emosi. Meski mendapat krtik yang gak mengenakkan janganlah kamu terpancing emosi. Bertahanlah di tempatmu dan dengarkan apa yang atasan katakan.

Tahanlah untuk bereaksi secara berlebihan. Sebab jika kamu gak bisa mengontrol emosi dengan baik bukan gak mungkin masalahmu jadi melebar.  

2. Pahami maksud kritik yang disampaikan

5 Tips Bersikap Profesional saat Mendapat Kritikan dari Atasan pexels.com/Retha Ferguson

Tips kedua yaitu memahami maksud kritik atau teguran yang disampaikan atasan. Pahami apa saja poin-poin yang harus diperbaiki, apa kesalahan yang kamu lakukan, dengan begitu kamu bisa memahami masukan tersebut dengan baik.

Jangan langsung tersulut emosi, kamu harus tahu kenapa atasan memberi kritik tersebut karena mungkin kamu melakukan kesalahan atau karena bertindak ceroboh. Jadi, pahami dengan baik ya!

3. Ubah kritik tersebut sebagai motivasi

5 Tips Bersikap Profesional saat Mendapat Kritikan dari Atasan pexels.com/Matheus Bertelli

Daripada terus memikirkan kritikan dari atasan yang membuatmu sakit hati atau merasa bersalah, lebih baik ubah kritik tersebut sebagai motivasi untuk bekerja lebih baik lagi. Bukankah kritik adalah hal yang wajar di dunia kerja?

Maka dari itu, membiasakan diri adalah hal yang harus dilakukan. Gak ada hal yang lebih baik selain membuktikan dan menunjukkan kinerja terbaikmu. 

Baca Juga: 5 Tips supaya Gak Gampang Tersinggung dengan Kritikan Orang Lain

4. Fokus pada hal yang harus diperbaiki

5 Tips Bersikap Profesional saat Mendapat Kritikan dari Atasan unsplash.com/@Brooke Cagle

Daripada terjebak dengan emosi dan terus menyalahkan keadaan lebih baik kamu fokus terhadap poin yang harus diperbaiki. Gak ada manusia yang sempurna bukan, pasti dari kita pernah melakukan kesalahan.

Coba renungkan apa saja poin dari pekerjaanmu yang dirasa masih kurang, apa hal yang masih belum maksimal. Setelah tahu fokuslah untuk memperbaiki kekurangan tersebut jangan malah menyalahkan keadaan. 

5. Evaluasi diri

5 Tips Bersikap Profesional saat Mendapat Kritikan dari Atasan pexels.com/Ivan Samkov

Daripada menghabiskan waktu dengan terus merasa bersalah atau penyalasan. Lebih baik evaluasi dan introspeksi diri mulai sekarang. Coba evaluasi apa kekuranganmu saat bekerja, apa kesalahan yang pernah kamu lakukan hingga membuat kinerjamu menurun, dan lainnya. Setelah melakukan evaluasi, tanamkan diri untuk tidak melakukan kesalahan yang sama kedua kalinya. 

Itulah guys 5 cara bersikap profesional saat mendapat kritikan dari atasan. Jangan diambil hati ya, justru jadikan itu sebagai motivasi untuk bekerja lebih bagus lagi. 

Baca Juga: 5 Langkah Elegan Hadapi Kritikan Orang, Sekalipun Nyelekit!

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya