Comscore Tracker

Jangan Takut, Ini 5 Tips Berteman di Tempat Kerja Bagi Kaum Introvert

saatnya jangan malu-malu 

Kamu seorang yang memiliki kepribadian introvert? Orang introvert identik dengan sifatnya yang tertutup, pemalu, hingga susah berinteraksi dengan orang baru. Tapi, hal itu tidak selamanya benar lho, sosok introvert bisa menjadi seorang yang asik dan mudah bergaul asalkan dia mau memberanikan diri untuk keluar dari zona nyaman dan belajar untuk membaur di lingkungan sekitarnya. 

Jika sampai saat ini kamu masih merasa kesulitan dan ketakutan untuk bergaul dengan orang di tempatmu kerja, sudah cukup waktunya kamu keluar dari zona nyaman dan belajar untuk mengubah sedikit kepribadianmu. Maka dari itu simak 5 tips mudah untuk berteman di tempat kerja bagi kamu sosok introvert. 

1. Beranikan untuk menyapa terlebih dahulu  

Jangan Takut, Ini 5 Tips Berteman di Tempat Kerja Bagi Kaum Introvertpexels.com/Tirachard Kumtanom

Tips pertama yang bisa kamu lakukan adalah beranikan diri untuk menyapa orang lain lebih dulu. Kamu bisa memulai dengan memberikan senyuman, anggukan kepala, atau sekedar sapaan sederhana seperti "halo" kepada rekan kerja. Mulai saat ini, kamu jangan malu untuk menyapa mereka duluan, dengan menyapanya terlebih dahulu akan memberikan kesan ramah terhadap kepribadianmu. 

2. Ikut dan aktif dalam forum   

Jangan Takut, Ini 5 Tips Berteman di Tempat Kerja Bagi Kaum Introvertpexels.com/fauxels

Tips selanjutnya yaitu cobalah untuk ikut dan aktif dalam forum. Jika selama ini kamu pasif untuk bersosialisasi, jarang nimbrung saat ada rapat, mulai sekarang beranikan diri untuk lebih aktif di tempat kerja. Percaya deh jika kamu mau melawan rasa takut, perlahan-lahan rasa percaya dirimu akan tumbuh dan kamu bisa memiliki banyak teman di tempat kerja. 

3. Jangan terlalu cuek  

Jangan Takut, Ini 5 Tips Berteman di Tempat Kerja Bagi Kaum Introvertpexels.com/Marcus Aurelius

Tips ketiga adalalah janganlah menjadi pribadi yang terlalu cuek di lingkungan kerja. Orang introvert memang cenderung pendiam dan pasif, namun jika kamu ingin berubah dan mudah untuk bergaul.

Kamu bisa memulai dengan menjadi orang yang lebih aktif dan peduli terhadap lingkungan di sekitarmu. Misalnya, jika kamu ngobrol dengan orang lain usahakan untuk meresponnya secara aktif. 

Baca Juga: Ini 4 Tipe Introvert Menurut Sains, Kamu yang Mana?

4. Paksa diri untuk mengawali pembicaraan dengan orang lain  

Jangan Takut, Ini 5 Tips Berteman di Tempat Kerja Bagi Kaum Introvertpexels.com/fauxels

Mungkin kamu salah satu pribadi yang susah untuk mengawali pembicaraan, kamu merasa mengawali pembicaraan sangat sulit apalagi dengan orang baru. Maka dari itu ubah persepsimu, kamu harus belajar untuk berani berbicara di depan orang lain. Kamu bisa membangun komunikasi secara dua arah, beranikan untuk mengobrolkan sesuatu entah itu tentang pekerjaan, hobi, atau topik yang sedang hangat dibicarakan saat ini. 

5. Murah senyum dengan orang lain  

Jangan Takut, Ini 5 Tips Berteman di Tempat Kerja Bagi Kaum Introvertpexels.com/August de Richelieu

Tips terakhir yaitu menjadi pribadi yang murah senyum. Walaupun kamu seorang introvert yang irit bicara, kamu bisa menjadi sosok yang ramah, dengan murah senyum terhadap orang lain. Menjadi sosok ramah dan murah senyum membuat kamu bisa lebih mudah untuk berteman dan bersosialisasi lho. 

Itulah guys, 5 tips mudah untuk bergaul bagi kamu sosok introvert di tempat kerja. Menjadi introvert bukanlah penghalang untuk kamu membangun relasi dan berteman dengan orang banyak. Jadi, jangan takut untuk keluar dari zona nyamanmu dan mencoba hal baru ya. 

Baca Juga: 5 Hal Ini Sebabkan Orang Introvert Bisa Rentan Terkena Depresi 

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya