Comscore Tracker

Biar Semangat On Fire, Lakukan 5 Hal Ini saat Jenuh dengan Pekerjaan

Kamu pasti bisa melawan kejenuhan itu!

Hayo ngaku kesibukan kerja setiap hari membuatmu jadi jenuh dengan rutinitas, kan? Ya, bagaimana tidak berangkat pagi pulang petang, lembur setiap malam, hingga tugas menumpuk, bisa membuat lelah badan serta pikiran.

Karena terjebak rasa jenuh, kadang sempat kepikiran untuk resign dan pindah kerja saja bukan? Hmm ... jangan buru-buru memutuskan ya, supaya semangatmu kembali on fire ini lima hal yang harus kamu lakukan saat rasa jenuh melanda rutinitas pekerjaan. 

1. Menyempatkan waktu untuk liburan

Biar Semangat On Fire, Lakukan 5 Hal Ini saat Jenuh dengan Pekerjaanwanita sedang duduk (pexels.com/@robert forever ago)

Supaya semangat kerja kembali bangkit kamu bisa menyempatkan waktu untuk pergi liburan. Gak ada salahnya kok ambil cuti untuk pergi berlibur, atau jika gak sempat manfaatkan weekend-mu untuk liburan sendiri. Kamu bisa berwisata alam, mengunjungi tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya, atau jalan-jalan ke tempat wisata dekat rumah juga gak masalah.

Setidaknya dengan menyempatkan waktu untuk menyenangkan diri sendiri, bisa membuat badan serta pikiranmu kembali fresh. Sehingga bisa lebih semangat untuk kerja esok hari. 

2. Ingat dengan target atau tujuan yang ingin kamu capai

Biar Semangat On Fire, Lakukan 5 Hal Ini saat Jenuh dengan Pekerjaanwanita bekerja (pexels.com/@burst)

Setiap orang pasti punya target atau tujuan yang ingin dia capai. Misalnya ingin punya rumah sendiri, bisa beli mobil, tahun depan naik jabatan, gaji bisa mengalami kenaikan, dsb. Pun termasuk dirimu, pasti punya cita-cita yang ingin dicapai kan?

Nah, saat merasa jenuh dengan rutinitas dan berpikir untuk resign saja, pikir lagi target-target yang sudah kamu susun. Karena biasanya kalau kita ingat dengan cita-cita, rasa semangat itu bakal kembali tumbuh. Kamu jadi punya energi untuk meraih sesuatu yang kamu impi-impikan tersebut. 

3. Ingat, kalau gak bekerja, kamu jadi gak punya pemasukan

Biar Semangat On Fire, Lakukan 5 Hal Ini saat Jenuh dengan Pekerjaanilustrasi keuangan (pexels.com/@Artem Beliaikin)

Jenuh dengan rutinitas itu hal yang wajar, lelah dengan keadaan sehari-hari memang gak bisa dihindari. Hal inilah kadang bisa memicu kita untuk berhenti bekerja. Padahal belum tentu kamu bisa mendapat pekerjaan yang lebih baik.

Coba, deh renungkan hidupmu, jika berhenti kerja kamu jadi pengangguran, mau cari pekerjaan lain juga susah, alhasil kamu jadi gak punya pemasukan. Apalagi semakin kesini banyak kebutuhan hidup yang harus dipenuhi. Maka jangan buru-buru resign, jika jenuh break sebentar lalu mulai lagi. 

Baca Juga: 5 Cara Atasi Jenuh dan Stres dengan Rutinitas Sehari-hari

4. Ingat lagi apa yang sudah kamu peroleh dari pekerjaan

Biar Semangat On Fire, Lakukan 5 Hal Ini saat Jenuh dengan Pekerjaanseorang wanita (pexels.com/@george milton?

Mungkin kamu merasa sangat lelah. Pekerjaan terasa sangat berat. Namun coba deh ingat-ingat lagi, ternyata pekerjaan tidak hanya memberimu gaji, namun telah mengantarkanmu mencapai banyak hal. 

Bisa menambah relasi, bertemu dengan orang baru, menjadi kesempatan untuk menambah skill, belajar banyak hal, dan pencapain lain yang gak bisa kamu peroleh saat menganggur. Maka bersyukurlah dengan keadaanmu saat ini, karena masih merasakan lelahnya bekerja. Di luar sana banyak orang yang lelah mencari pekerjaan. 

5. Lihatlah orang lain yang hidupnya gak seberuntung kamu

Biar Semangat On Fire, Lakukan 5 Hal Ini saat Jenuh dengan Pekerjaanseorang wanita (pexels.com/@tatiana)

Kalau memang hari-harimu di kantor terasa berat, pekerjaan gak ada habisnya, dan ingin resign saja, coba bertahan sebentar dengan melihat orang lain yang hidupnya gak seberuntung kamu. Rasa jenuh itu hal yang wajar, setiap orang pasti mengalaminya. Namun bukan berarti harus menyerah kan? 

Coba tengok masih banyak lho orang yang hidupnya serba kekurangan. Mau makan saja susah, cari uang juga sulit. Maka jika kamu berpikir ingin meninggalkan kantor, dengan posisi yang telah kamu raih saat ini pikirkan matang-matang. Jangan sampai keputusanmu berbuah penyesalan. 

Jenuh terrhadap pekerjaan itu hal yang wajar. Namun, yang harus diingat jangan buru-buru resign, atasi rasa jenuh dengan melakukan lima hal di atas. 

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Rasa Suntuk di Lingkungan Pekerjaan

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya