Comscore Tracker

5 Tips Mengatasi Rasa Suntuk di Lingkungan Pekerjaan

Lingkungan kantor pun jadi lebih menyenangkan

Rasa suntuk merupakan hal yang wajar dirasakan untuk aktivitas yang harus dilakukan secara berulang. Kadang kala rasa suntuk tersebut bisa menyebabkan rasa malas apabila tidak segera diatas.

Hal yang akan terdampak adalah progres dari kinerja yang nantinya akan dilakukan. Oleh sebab itu, kamu perlu tahu beberapa tips penting berikut ini untuk mengatasi segala hal yang berkaitan dengan rasa suntuk selama bekerja di kantor.

1. Desain ruang kerjamu semenarik dan senyaman mungkin

5 Tips Mengatasi Rasa Suntuk di Lingkungan PekerjaanIlustrasi ruang kerja (Unsplash/Green Chameleon)

Ruang kerja atau meja kerja adalah salah satu contoh tempat pribadi yang dimiliki selama di kantor. Tentunya kamu akan menghabiskan banyak waktu untuk bekerja di tempat tersebut.

Untuk membuat ruang atau meja kerjamu menjadi tidak membosankan, maka atur ulang lah desain atau tata letaknya. Cara tersebut akan membantumu memperoleh nuansa baru dari tempat kerjamu agar tak membosankan.

2. Sesekali melakukan selancar di internet

5 Tips Mengatasi Rasa Suntuk di Lingkungan PekerjaanIlustrasi browsing (Unsplash/LinkedIn Sales Solutions)

Dalam bekerja biasanya akan disediakan fasilitas internet berupa laptop atau komputer. Memandangi layar persegi tersebut dalam kurun waktu yang lama tentunya akan sangat suntuk dan membosankan.

Tak masalah untuk sesekali berselancar di internet jika kamu mulai merasa bosan. Hal yang utama adalah dengan tidak menghabiskan terlalu waktu di internet, sehingga pekerjaanmu jadi terbengkalai.

3. Memaksimalkan waktu singkat bersantai dengan rekan kerja

5 Tips Mengatasi Rasa Suntuk di Lingkungan PekerjaanIlustrasi dua wanita mengobrol (Unsplash/Amy Hirschi)

Durasi setiap pekerjaan memang berbeda-beda. Ada yang bahkan harus siap bekerja sejak pagi hingga sore dengan beban pekerjaan yang juga beragam.

Kamu dapat mencoba mengusir rasa suntuk dengan memaksimalkan waktu singkat untuk bersantai dengan rekan kerja. Kamu bisa saling mengobrol atau sekadar melakukan games singkat guna mengusir rasa suntuk.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kerja Cerdas Lebih Asyik daripada Kerja Keras

4. Atasi rasa jenuh dan lawan rasa malas

5 Tips Mengatasi Rasa Suntuk di Lingkungan PekerjaanIlustrasi pria sedang bekerja (Pexels/Michael Burrows)

Memiliki rasa jenuh pada dasarnya merupakan hal yang sangar wajar. Hal ini biasanya terjadi apabila pekerjaan yang dilakukan terus berulang kali.

Kamu tentunya memerlukan banyak cara untuk mensiasati rasa suntuk dengan beragam cara. Jika masih dirasa jenuh, maka cobalah untuk lawan rasa malasmu. Bila terus diabaikan, maka bisa jadi pekerjaanmu akan sulit terselesaikan dengan baik.

5. Setel lagu musik andalan

5 Tips Mengatasi Rasa Suntuk di Lingkungan PekerjaanIlustrasi pria mendengarkan musik (Unsplash/Austin Distel)

Memang ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mensiasati rasa malas atau suntuk. Salah satunya adalah dengan mendengarkan musik yang disukai.

Kamu dapat mendengarkan musik sambil bekerja. Namun, pastikan bahwa mendengarkan musik tak akan memengaruhi kinerjamu saat bekerja.

Tentunya memang tak mudah dalam menghilangkan rasa suntuk selama bekerja. Temukan cara yang terbaik dalam mensiasatinya dan buatlah produktivitasmu semakin meningkat. Harus semangat bekerja, ya!

Baca Juga: 5 Cara Atasi Jenuh dan Stres dengan Rutinitas Sehari-hari

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya