Comscore Tracker

5 Tips Utama Bangun Personal Branding di Media Sosial

Personal branding penting untuk kariermu, lho!

Ngapain sih harus susah payah membangun personal branding? Aku gak minat jadi influencer, kok!

Mungkin hal itu sempat terbesit di pikiranmu. Namun di era per-media sosialan seperti sekarang ini, membangun persoal branding atau citra diri menjadi hal yang gencar dilakukan oleh banyak orang. Ternyata, mereka yang berhasil membangun personal brandingnya merasakan dampak positif khususnya soal karier.

Personal branding gak cuma dibutuhkan oleh orang yang mau jadi influencer saja, kok. Kebanyakan keuntungan yang dirasakan saat seseorang membangun personal branding adalah dia lebih mudah dikenal sebagai seseorang yang memiliki keahlian atau ciri khas tertentu. Sehingga, seorang rekruiter ataupun orang lain yang membutuhkan jasamu atau keahlianmu akan dengan mudah mengenalmu, dan kamu jadi bisa memaksimalkan potensi kariermu, deh. 

Buat kamu yang ingin memulai membangun personal branding di media sosial, berikut ini adalah beberapa hal dasar yang perlu kamu terapkan!

1. Temukan dan buatlah konten yang sesuai dengan citra diri yang ingin kamu tunjukkan

5 Tips Utama Bangun Personal Branding di Media Sosialilustrasi membuat perencanaan pengembangan konten media sosial (unsplash.com/@docusign)

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan konten apa yang ingin kamu sajikan di dalam media sosialmu nanti. Tentu saja konten tersebut harus sesuai dengan apa yang ingin kamu "jual" dari dirimu.

Misalkan kamu adalah seorang penulis, maka kamu harus memulai untuk membuat perencanaan pengembangan konten atau content planning yang berkaitan dengan dunia tulis menulis. Atau kamu adalah seorang instruktur yoga, kamu bisa membuat konten informatif seputar olahraga dan yoga. 

Setelah kamu sudah membuat prencanaan konten, maka kamu juga perlu benar-benar menambah wawasanmu terkait hal tersebut agar kamu bisa menyajikan informasi yang baik dan tepat kepada followers atau pengikutmu di media sosial.

2. Tentukan media sosial apa saja yang cocok untukmu

5 Tips Utama Bangun Personal Branding di Media Sosialilustrasi membuat konten di media sosial (unsplash.com/@austindistel)

Penting rasanya menentukan media sosial apa saja yang akan menjadi panggungmu nantinya. Bisa saja semua media sosial kamu coba, tapi pastikan kamu punya cukup tenaga untuk terus aktif dan konsiten di sana. Namun jika kamu ragu-ragu, cukup pilih beberapa saja yang cocok dan tepat untuk personal brandingmu.

Bila kamu adalah seorang fotografer, pastinya akan sangat lebih tepat menggunakan Instagram untuk memamerkan hasil jepretanmu. Atau jika ingin lebih interaktif, kamu juga bisa menggunakan TikTok untuk berbagi tips fotografi dalam bentuk video yang fun. Atau kamu juga ingn banyak sharing mengenai profesimu, Linkedin bisa jadi platform yang tepat untukmu. Pastikan media sosial tersebut dapat mengakomodir semua kebutuhan personal brandingmu. 

 3. Konsisten membuat konten di media sosial 

5 Tips Utama Bangun Personal Branding di Media Sosialsmartphone vivo V21 (twitter.com/vivo_indonesia)

Baca Juga: IWF 2021: 5 Tips Bangun Personal Branding di Medsos untuk Kariermu

Consistency is the key!  Kalau kita tidak bisa konsisten dalam melakukan sesuatu, maka kita pun tidak akan menjadi apa-apa di mata orang lain maupun diri sendiri. Begitu juga perkara personal branding. Konsistenlah untuk ngonten, karena orang akan mengenalmu dan mengetahui keahlianmu kalau kamu sudah eksis dan menciptakan banyak konten di media sosial. 

Kebutuhan untuk bisa konsisten ngonten ini juga akan terealisasi dengan baik kalau kamu didukung oleh perangkat yang memadai, yang tentu saja itu adalah smartphone. Kamu perlu mempersenjatai diri dengan smartphone canggih yang punya fitur terbaik, baik dari kamera, memori, hingga performance mesinnya.

Salah satu smartphone yang sangat direkomendasikan adalah vivo V21 yang punya kualitas kamera depan dan belakang yang dapat menghasilkan gambar dan video yang bagus. Smartphone vivo V21 sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin membuat konten vlogging, live Instagram, bikin video TikTok, atau foto selfie. Kamera depannya dilengkapi dengan fitur 44 MP Ultra HD Selfies yang terdapat autofocus sehingga punya kemampuan melacak dan mengunci gerakan matamu. Adanya kecanggihan teknologi ini, membuat hasil foto dan videomu akan tetap jernih dan tajam walau kamu bergerak ke mana pun.

Di kamera belakang vivo V21 terdapat tiga kamera, yaitu kamera utama 64 MP Ultra HD Photos, kamera 8 MP Super Wide-Angle yang dapat mengambil sudut pandang 120 derajat, dan kamera Super Macro 2MP yang mampu menangkap detail objek tersembunyi. Kerennya lagi, kamera vivo V21 ini dilengkapi AI Super Night Mode dan Stylish Night Filters yang bikin hasil jepretan pemandangan pada malam hari jadi makin indah. Gak perlu khawatir lagi deh kalau kamu mau ngonten di tempat yang minim cahaya!

4. Buatlah konten yang beragam dan interaktif

5 Tips Utama Bangun Personal Branding di Media Sosialsmartphone vivo V21 (twitter.com/vivo_indonesia)

Ketika kamu sudah cukup aktif dan konsisten dalam membuat konten, kamu bisa memulai untuk bereksperimen dengan berbagai jenis konten lain yang lebih menarik dan interaktif. Dengan adanya jenis konten yang beragam, kamu bisa jadi menjaring perhatian lebih banyak lagi. 

Misalnya saja, kamu masih fokus untuk membuat konten dalam bentuk foto dan carousel saja di Instagram, ada baiknya kamu mencoba untuk mulai melakukan live Instagram dan merambah konten dalam bentuk video Reels. Atau kamu juga bisa menambah kontenmu dalam bentuk podcast.

Kebiutuhan untuk bisa membuat berbagai macam bentuk konten ini membutuhkan performa smartphone yang tangguh. Untungnya smartphone vivo V21 punya performa yang cepat, kuat, dan berkapasitas memori besar. Kamu gak perlu khawatir HP nge-lag saat membuat dan edit kontenmu, atau saat melakukan live Instagram dan TikTok karena vivo V21 hadir dengan kapasitas 8 GB + 3 GB RAM tambahan yang memanfaatkan memori eksternal 3 GB. 

Apalagi soal baterai, vivo V21 punya kapasitas baterai yang jumbo, yaitu 4.000 mAH. Saat kamu harus aktif berjam-jam di media sosial untuk membuat konten, vivo V21 masih bisa kamu gunakan tanpa harus nge-charge berkali-kali. Kalaupun harus nge-charge, vivo V21 punya teknologi 33 W FlashCharge sehingga bisa cepat mengisi daya baterai. Smartphone vivo V21 hanya membutuhkan waktu selama 30 menit untuk mengisi baterai sebanyak 66 persen!

5. Jangan lupa untuk mengikuti komunitas untuk berjejaring dan menambah wawasan

5 Tips Utama Bangun Personal Branding di Media Sosialanggota vivo CLUB Indonesia (vivoclub.id)

Menambah pertemanan dengan berjejaring sangatlah dianjurkan buat kamu yang sedang membangun personal branding. Salah satu cara paling menyenangkan menambah lingkaran pertemanan adalah dengan berkomunitas. Lewat sebuah komunitas kamu bisa berkenalan dengan banyak orang baru yang punya minat di bidang yang sama. Misalnya kamu seorang fotografer, dengan berkumpul dengan komunitas fotografi kamu bisa punya banyak teman yang bisa saling berbagi pengalaman dan ilmu fotografi. 

Nah, vivo Indonesia juga memiliki sebuah komunitas yang bernama vivo CLUB, yaitu sebuah komunitas smartphone vivo di Indonesia yang jadi wadah bagi para pengguna smartphone Android vivo untuk saling berbagi update tren terbaru teknologi, tips dan trik produk vivo, dan banyak kegiatan seru, seperti hunting foto bareng. 

Nah, sebagai pengguna smartphone vivo V2 kamu bisa bergabung menjadi anggota vivo CLUB. Cara joinnya pun mudah, yaitu dengan mendaftar dan mengisi data diri di web resminya di https://www.vivoclub.id. 

Untuk memulai membangun personal branding memang perlu ketekunan dan niat yang besar. Selain itu, penting juga dipersenjatai dengan smartphone yang bisa mengakomodir kebutuhanmu dalam menciptakan konten-konten personal brandingmu di media sosial. Jadi, sudah siap untuk membangun personal brandingmu?

Baca Juga: IWF 2021: 5 Cara Bangun Personal Branding untuk Penulis ala Samuel Ray

Ruth Christian Photo Verified Writer Ruth Christian

@ruthchristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya