Comscore Tracker

9 Tips Atasi Kebiasaan Suka Menunda Pekerjaan

Kerjakan lebih awal untuk waktu luang yang lebih tenang

Pernah gak sih, ketika kamu punya tugas yang harus kamu selesaikan, kamu malah buka media sosial, main game, atau malah nonton film? Jika kamu pernah melakukannya, itu artinya kamu melakukan prokrastinasi.

Prokrastinasi adalah aktifitas menunda pekerjaan yang seharusnya segera diselesaikan. Prokrastinasi biasanya disebabkan karena kamu menunggu momen yang tepat untuk memulai suatu pekerjaan, terlalu perfeksionis, dan lain-lain.

Prokrastinasi ini merupakan kebiasaan buruk yang harus kamu hentikan. Bukan cuma mencuri waktu dan menurunkan performamu, kebiasaan menunda-nunda ini juga berdampak buruk terhadap kesehatan mentalmu, lho. Ini dia 9 tips yang bisa kamu coba untuk mengatasi prokrastinasi.

1. Lakukan pekerjaan ringan

9 Tips Atasi Kebiasaan Suka Menunda Pekerjaanilustrasi orang menyapu (pexels.com/cottonbro)

Jika kamu merasa berat untuk mulai mengerjakan tugas tertentu coba kerjakan apapun yang bisa membuatmu bergerak seperti merapikan meja, menyapu, dan lain-lain.

Perasaan puas setelah menyelesaikan hal ringan ini sangat bermanfaat untuk mendorongmu mulai melakukan tugas lain yang lebih berat.

2. Eliminasi distraksi

9 Tips Atasi Kebiasaan Suka Menunda Pekerjaanilustrasi orang memegang ponsel (pexels.com/Los Muertos Crew)

Cari tahu sumber yang selama ini jadi penghambatmu untuk memulai suatu pekerjaan. Bisa jadi sosial media atau bisa juga ponsel pintarmu.

Coba menjauh dari distraksi tersebut ketika kamu akan mengerjakan sesuatu, sehingga kamu tidak punya pilihan lain, selain mulai mengerjakan tugasmu.

3. Dengarkan motivasi

9 Tips Atasi Kebiasaan Suka Menunda Pekerjaanilustrasi orang mendengarkan motivasi (pexels.com/Matheus Bertelli)

Bisa jadi kebiasaan menundamu disebabkan karena kurangnya motivasi dan gairah untuk melakukan sesuatu. Kalau begitu, kamu harus membangkitkan semangatmu!

Coba tonton video atau dengarkan podcast motivasi yang bisa memacu semangatmu. Jangan tunggu momen, tapi bangun momenmu sendiri.

Baca Juga: 5 Tipe Procrastination yang Perlu Diketahui, Yakin Gak Termasuk?

4. Tentukan tujuan

9 Tips Atasi Kebiasaan Suka Menunda Pekerjaanilustrasi daftar tujuan (pexels.com/Polina Zimmerman)

Tanpa tujuan yang jelas kamu bisa saja kehilangan motivasi untuk melakukan sesuatu,  langkahmu terhenti di tengah jalan, atau kamu bisa begitu saja melupakannya.

Buatlah tujuan sederhana setiap hari yang penting kamu merasa bisa untuk menyelesaikannya. Misalnya hari ini kamu akan membaca buku 20 halaman dan sebagainya.

5. Memecah tugas besar

9 Tips Atasi Kebiasaan Suka Menunda Pekerjaanilustrasi buku jurnal (pexels.com/Ivan Samkov)

Secara gak sadar kamu pasti berpikir kalau tugas besar membutuhkan waktu dan tenaga ekstra. Akibatnya kamu akan menunda sampai merasa siap untuk mengerjakannya.

Agar lebih ringan, kamu bisa memecah tugas utama menjadi beberapa tugas kecil biar kamu merasa kalau tugas itu mudah dan bisa kamu kerjakan secara bertahap.

6. Buat to-do list

9 Tips Atasi Kebiasaan Suka Menunda Pekerjaanilustrasi kertas daftar tugas (pexels.com/Breakingpic)

Catat semua tugas yang akan kamu kerjakan. Kemudian, tentukan tingkat prioritas dan tenggat waktu kapan kamu harus menyelesaikan tugas tersebut.

Kerjakan mulai dari tugas yang paling kamu prioritaskan atau kamu juga bisa menggunakan metode time blocking yaitu mengurutkan tugas berdasarkan waktumu dalam sehari.

7. Fokus pada satu tugas

9 Tips Atasi Kebiasaan Suka Menunda Pekerjaanilustrasi sticky notes biru (pexels.com/RODNAE Productions)

Seringkali ambisi untuk menyelesaikan banyak tugas sekaligus dengan tujuan menghemat waktu justru membuat kamu harus mengeluarkan waktu dan tenaga ekstra.

Maka dari itu, agar usahamu lebih efisien fokuskan dirimu untuk mengerjakan hanya satu tugas, lupakan sementara tugas yang lain sampai kamu berhasil menyelesaikannya.

8. Gunakan timer

9 Tips Atasi Kebiasaan Suka Menunda Pekerjaanilustrasi jam di meja (pexels.com/JESHOOTS.com)

Atur waktumu untuk bekerja sekitar 25-45 menit, setelah itu, berikan waktu jeda selama 5-15 menit sebelum kamu melanjutkan tugas kembali.

Waktu jeda ini bisa kamu gunakan untuk melakukan apa saja dengan catatan kamu mengistirahatkan otakmu agar kinerjanya kembali optimal.

9. Self-reward

9 Tips Atasi Kebiasaan Suka Menunda Pekerjaanilustrasi orang bermain playstation (pexels.com/EVG Kowalievska)

Setiap kali kamu berhasil menyelesaikan suatu tugas berikan penghargaan untuk dirimu sendiri. Hal ini bertujuan untuk menjaga semangatmu mengerjakan tugas-tugas berikutnya.

Kamu bebas menentukan reward untuk dirimu sendiri, bisa berupa makanan, barang, menonton film, dan lain lain. Tapi kamu harus ingat, berikan dirimu hadiah sesuai besar kecilnya tugas yang telah kamu selesaikan.

Itulah 9 tips mengatasi prokrastinasi. Jika kamu bisa menuntaskan pekerjaanmu lebih awal, kamu akan mendapatkan waktu luang yang lebih banyak dan hasilnya kamu bisa menikmati sisa harimu dengan tenang. Selamat mencoba!

Baca Juga: Inilah 5 Alasan Mengapa Menunda Pekerjaan Itu Bisa Bahaya

Samsu Arija Photo Writer Samsu Arija

Mulai aja dulu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya