Comscore Tracker

Jangan Dipaksa! Ini 5 Alasan Pentingnya Istirahat di Sela Bekerja

Otak dan tubuhmu juga perlu istirahat

Semangat dalam bekerja merupakan hal yang bagus dan memang seharusnya ditanamkan dalam diri semua pekerja. Dengan memiliki semangat tersebut, hasil yang diberikan akan lebih baik dan berkualitas. Walau begitu, menjadi hard worker yang lupa akan waktu istirahat juga tidak baik, lho. 

Istirahat saat sela-sela bekerja itu penting banget. Menjadi pekerja keras yang menyepelekan waktu istirahat justru akan memberikan beberapa dampak buruk terhadap hasil kerja dan diri kamu sendiri. 

Nah, berikut ini adalah lima alasan pentingnya istirahat di sela pekerjaan. Bagi kalian yang gila kerja, simak baik-baik, ya!

1. Mengurangi rasa penat dalam bekerja

Jangan Dipaksa! Ini 5 Alasan Pentingnya Istirahat di Sela Bekerjafreepik.com/@diana.grytsku

Bekerja dalam waktu yang lama pastinya akan membuatmu merasa penat. Tidak hanya penat fisik, tapi juga penat di pikiran. Walaupun kerjaanmu masih menumpuk, luangkanlah sedikit waktu untuk istirahat. Ingat, otakmu juga perlu di-refresh kembali dan tubuhmu perlu diisi energi. Istirahat 15-30 menit tidak akan mengganggu waktu kerjamu, kok!

2. Produktivitas bekerja meningkat

Jangan Dipaksa! Ini 5 Alasan Pentingnya Istirahat di Sela Bekerjafreepik.com/@drobotdean

Manfaat yang bisa kamu rasakan setelah beristirahat sejenak di kala bekerja adalah produktivitas kerjamu akan meningkat. Hal ini karena kamu sudah memberi waktu bagi tubuhmu untuk menyegarkan diri, sehingga rasa penat dan letihmu hilang. Kalau sudah begini, pastinya kamu akan menjadi lebih fokus dan semangat untuk bekerja lagi dan hasil kerjamu jadi tambah oke, deh! 

Baca Juga: Dijamin Semangat Lagi! Lakukan 5 Hal Seru Ini Saat Istirahat Kerja

3. Tidak cepat bosan dengan pekerjaan

Jangan Dipaksa! Ini 5 Alasan Pentingnya Istirahat di Sela Bekerjafreepik.com/@pressmaster

Terlalu lama menghabiskan waktu untuk bekerja juga memicu munculnya perasaan bosan, lho. Hal ini tentunya karena kamu sudah terlalu banyak mengeluarkan ide dan pikiran pada sesuatu yang sedang kamu kerjakan. Perasaan lelah tersebut akan membuatmu lebih cepat bosan dalam bekerja. 

Coba deh, kamu berhenti sejenak untuk sekadar bersandar, menarik napas panjang, dan luangkan waktu untuk makan. Dengan begini, tubuhmu sudah bertenaga lagi dan kamu siap untuk kembali memberikan yang terbaik dalam pekerjaanmu!

4. Energimu untuk bekerja akan bertambah

Jangan Dipaksa! Ini 5 Alasan Pentingnya Istirahat di Sela Bekerjapexels.com/Andrea Piacquadio

Pastinya, istirahat yang cukup akan memberimu energi yang lebih untuk kembali beraktivitas. Rasa letih dan lelahmu perlu dihilangkan terlebih dahulu, dan kemudian digantikan dengan semangat baru. Ingat, jangan memaksakan dirimu jika tubuhmu tidak sanggup mengerjakannya lagi. Oke?

5. Menghindari stres

Jangan Dipaksa! Ini 5 Alasan Pentingnya Istirahat di Sela Bekerjafreepik.com/@wayhomestudio

Poin terakhir dari pentingnya beristirahat di sela bekerja adalah untuk menghindari munculnya stres dalam bekerja. Hal ini pastinya harus dihindari, karena pastinya akan berdampak pada kinerja dan hasil dari pekerjaanmu nantinya. Salah satu cara sederhana untuk mengurangi risiko stres, yaitu beristirahat yang cukup. 

Tenang saja, pekerjaanmu tetap akan selesai tepat waktu walaupun kamu meluangkan waktu beberapa menit untuk istirahat. Kuncinya adalah atur waktu kerja dan istirahatmu sebaik mungkin! 

Jangan remehkan efek positif dari beristirahat walaupun kamu seorang hard worker, ya! Meskipun sebentar, istirahat di sela waktu kerjamu bikin mood jadi naik. Hasilnya kamu gak akan gampang bosan dengan rutinitas. Yuk, coba terapkan!

Baca Juga: 5 Dampak Buruk kalau Kamu Kurang Istirahat dan Terlalu Banyak Kerja 

Denty Rizqita Photo Verified Writer Denty Rizqita

Semoga tulisan-tulisannya bermanfaat, yaa!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya