Comscore Tracker

5 Tips Jitu Agar Tidak Mudah Terganggu Saat Bekerja

Biar fokus terus

Bekerja secara fokus jelas menjadi tujuan semua orang begitu mereka mulai mengerjakan sesuatu. Hal sederhana seperti ini saja kadang sulit untuk dilakukan karena gangguan yang datang silih berganti.

Gangguan saat bekerja bertambah banyak pada zaman digital seperti saat ini. Media sosial menjadi sulit dihindari dan sering menghambat kinerja karyawan. Namun kehadiran gangguan ini bukannya sulit untuk dihindari. Ada berbagai cara mudah yang bisa ditempuh agar bisa bekerja tanpa kehilangan fokus.

Berikut 5 cara mudah untuk menghindari gangguan yang hadir saat bekerja:

1. Melakukan tugas sesegera mungkin

5 Tips Jitu Agar Tidak Mudah Terganggu Saat Bekerjapexels.com/@tirachard-kumtanom

Cara termudah untuk menghindari gangguan dalam bekerja adalah dengan tidak menunda pekerjaan yang dilimpahkan kepada kita. Kerjakan tugas tersebut sesegera mungkin.

Memulai sebuah pekerjaan memang hal yang sulit untuk dilakukan. Namun hal ini perlu dibiasakan agar kita tidak menunda pekerjaan secara berlarut-larut. Menunda pekerjaan justru akan mengundang gangguan menjadi semakin banyak.

2. Tentukan tujuan begitu memulai sebuah pekerjaan

5 Tips Jitu Agar Tidak Mudah Terganggu Saat Bekerjapexels.com/@moose-photos

Agar mudah untuk fokus melakukan pekerjaan, kita terlebih dahulu harus mengetahui tujuan yang jelas dari hal yang kita lakukan tersebut. Dengan adanya tujuan yang jelas, gangguan sebesar apapun akan sulit mengusik kita.

Setelah mengetahui tujuan yang jelas dari sebuah pekerjaan yang dilakukan, kita biasanya akan mudah untuk memfokuskan diri. Hal ini karena niat kita sudah bulat, yaitu untuk segera mencapai tujuan tersebut.

3. Dekati temanmu yang terkenal produktif

5 Tips Jitu Agar Tidak Mudah Terganggu Saat Bekerjapexels.com/@buro-millennial

Menghindari gangguan kerja seorang diri saja kadang tidak cukup. Hal ini karena rekan kerja kita sendiri-lah yang terkadang justru menjadi sumber datangnya gangguan tersebut.

Untuk itu, memilih rekan kerja yang baik menjadi salah satu kunci jitu untuk menghindari gangguan. Pilih teman kerja yang memang sama-sama produktif. Dengan begini, kita akan terfokus untuk ikut mengerjakan sesuatu agar sama-sama produktif.

Baca Juga: 10 Cara Membangun Harapan & Percaya Diri Setelah Kehilangan Pekerjaan

4. Hindari media sosial yang paling mengganggu

5 Tips Jitu Agar Tidak Mudah Terganggu Saat Bekerjapexels.com/@rawpixel.com

Sebagai pekerja profesional, tentu kita sudah bisa mengidentifikasi hal-hal apa saja yang bisa menganggu saat bekerja. Jika hal tersebut bersumber dari media sosial, buat peraturan sendiri yang akan menghindarkan kita dari hal tersebut.

Kita perlu menghindari media sosial sepenuhnya jika hal ini memang terbukti mengalihkan fokus saat bekerja. Jauhkan media sosial dari jangkauan saat kita memang ingin fokus mengerjakan sesuatu.

5. Tentukan waktu istirahat

5 Tips Jitu Agar Tidak Mudah Terganggu Saat Bekerjapexels.com/@jopwell

Bekerja terus-menerus jelas tidak baik dan justru membuat kita rentan terganggu. Oleh karena itu, fokus dalam bekerja juga bisa didapat saat kita juga bisa menentukan waktu sendiri untuk beristirahat dari apa yang dikerjakan.

Dengan mengatur waktu istirahat, pekerjaan juga menjadi lebih terjadwal. Tentukan juga perkembangan-perkembangan yang harus dicapai sebelum dan sesudah waktu istirahat itu.

Menghindari gangguan saat bekerja bukanlah sesuatu yang sulit. Cara-cara di atas pantas dicoba, nih!

Baca Juga: 5 Pekerjaan Sampingan yang Bisa Dilakukan Ibu Rumah Tangga di Rumah 

Sri Mulyati Photo Verified Writer Sri Mulyati

Seorang penumpang yang biasa duduk di dekat jendela

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya