5 Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Kerja Secara Profesional

Penulisan yang baik dan sopan menjadi kunci utama

Sebagai seorang karyawan kita tidak melulu berada di situasi yang menyenangkan, ada saja hal-hal yang membuat kamu merasa kurang nyaman. Hal ini juga bisa menjadi salah satu dorongan karyawan untuk mengundurkan diri dari perusahaan.

Ada berbagai macam alasan yang diungkapkan, mulai dari beban pekerjaan, lingkungan sampai lokasi yang tak sesuai dengan penghasilan. Sehingga pertimbangan-pertimbangan itu bermunculan.

Tapi, terkadang kita suka masih bingung bagaimana sih caranya membuat surat pengunduran diri yang baik, sopan dan benar? Yuk kira cari tahu. 

1. Berikan alasan yang jelas terkait pengunduran diri yang telah dibuat

5 Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Kerja Secara Profesionaldramabeans.com

Untuk menunjukkan etika yang baik, kamu harus menjelaskan secara detail terkait surat pengunduran diri yang kamu ajukan. Ketika masuk dengan cara yang baik, keluar juga harus dengan baik.

Dengan begitu, perusahaan bisa melihat iktikad baik yang kamu berikan. Mengundurkan diri bukan berarti kita memutuskan hubungan dengan rekan kerja lho. Berikan pula saran dan kritik yang membangun bagi perusahaan. 

2. Gunakan bahasa yang sopan dan profesional

5 Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Kerja Secara Profesionaldramabeans.com

Saat membuat surat pengunduran diri gunakanlah bahasa dan kalimat yang sopan. Meski sudah sangat dekat, kamu juga harus menjaga sikap profesional sesama rekan kerja.

Ungkapkan rasa terima kasih karena telah diberi kesempatan untuk bisa bekerja dan bergabung dalam tim. Sampaikan pula permohonan maaf atas segala tingkah laku serta kekhilafan. 

3. Perhatikan format surat dengan baik

5 Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Kerja Secara ProfesionalMichael Borgers / Getty Image

Pastikan bahwa surat pengunduran diri yang kamu buat sudah memenuhi persyaratan format penulisannya. Jangan sampai poin-poinnya terlupa, misalnya tanggal dan tempat yang ditulis pada sisi kanan atas.

Penulisan nama dan data diri sebaiknya di letakkan di bagian kiri. Tulislah alasan kenapa kamu ingin mengundurkan diri. Gunakan font yang sopan agar mudah dibaca. Bubuhkan tanda tangan, nama dan pastinya materai. 

Baca Juga: Jawab Pertanyaan Ini dan Kami Tahu Kapan Kamu Akan Resign dari Kantor!

4. Hindari alasan-alasan yang bisa membuat kamu terlihat tidak profesional

5 Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Kerja Secara Profesionalpexels.com/energepic.com

Kamu harus tahu bahwa alasan mengundurkan diri harus tepat dan tidak bertele-tele, tapi bukan berarti kamu bebas mengatakan apa pun tanpa mempertimbangkan risikonya.

Alasan yang seharusnya tidak kamu sampaikan di antaranya kurang suka dan nyaman dengan rekan kerja, percintaan, lokasi, peralatan makan sampai fasilitas kantor yang kurang lengkap.

Usahakan untuk memberikan alasan terkait kebebasan dan keingintahuan kamu yang lebih besar dengan tantangan kerja di tempat lainnya. 

5. Alasan dibalik pembuatan surat pengunduran diri

5 Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Kerja Secara ProfesionalUnsplash.com/Dương Trần Quốc

Kamu tahu gak sih, pembuatan surat pengunduran diri seorang karyawan itu semata-mata hanya ingin mengetahui kesan yang diberikan karyawan terhadap perusahaan maupun sebaliknya. Sehingga perusahaan biasa menentukan sikap terhadap kinerja karyawan. 

Itulah cara membuat surat pengunduran diri kerja secara profesional. Selamat mencoba ya! 

Baca Juga: Jawab Pertanyaan Ini dan Kami Tahu Kapan Kamu Akan Resign dari Kantor!

Topic:

  • Syarifah Noer Aulia
  • Pinka Wima
  • Wendy Novianto

Just For You