Comscore Tracker

5 Alasan Freelance Merupakan Pekerjaan yang Cocok untuk Introver

Introver berminat?

Bagi seorang introver, bertemu orang baru di dunia kerja tampaknya sedikit mengganggu mereka. Mengingat bahwa introver tidak terlalu banyak bicara dan tidak pandai untuk berbasa-basi kepada orang baru.

Nah, untuk kamu yang merasa khawatir dengan hal-hal seperti itu mungkin menjadi freelancer adalah pilihan yang cocok. Mengingat freelance adalah pekerjaan yang mengutamakan kebebasan waktu dan ruang, di bawah ini akan dipaparkan lima alasan mengapa freelance adalah pekerjaan yang cocok untuk introver.

1. Introver akan sangat fokus ketika sendiri

5 Alasan Freelance Merupakan Pekerjaan yang Cocok untuk Introverunsplash.com/irishappens

Introver dikenal karena sifatnya yang gemar menyendiri dan tidak terlalu suka keramaian. Saat sedang sendiri, seorang introver mampu memfokuskan pikirannya terhadap apa yang ia kerjakan. Sebaliknya, jika mereka berada dalam situasi yang ramai, mereka akan kehilangan fokus dan sulit untuk berkonsentrasi.

Fleksibilitas sebagai freelancer membuat seorang introver bisa mengatur tempat yang mereka inginkan untuk bekerja. Mereka bebas memilih di mana spot yang menurut mereka tenang dan bisa membuat mereka fokus tanpa perlu merasa terganggu dengan suasana yang ramai atau gangguan dari orang di sekitar saat sedang bekerja.

2. Mengurangi peluang bertemu orang banyak

5 Alasan Freelance Merupakan Pekerjaan yang Cocok untuk Introverunsplash.com/ayahya09

Bagi introver, bertemu dengan banyak orang merupakan kegiatan yang melelahkan dan menguras energi. Setelah seharian melakukan aktivitas yang melibatkan banyak orang, introver perlu mengisi kembali energinya dengan menyendiri dan melakukan me time. Jika bekerja kantoran, tentu hal seperti ini akan dihadapi setiap hari, namun tidak dengan freelancer hal seperti ini tentu jarang dialami karena kebanyakan mereka bekerja secara sendiri dan mandiri.

Selain itu, jika kamu perlu membahas sebuah proyek yang sedang kamu kerjakan bersama klien, kamu bisa bertemu face-to-face yang lebih membuatmu nyaman ketimbang harus menghadiri meeting yang mengharuskan kamu bertemu atau berbicara di depan banyak orang.

Baca Juga: Jangan Malu, 5 Cara Mudah Menjadi Pribadi Responsif Bagi Introver

3. Punya cara sendiri saat mempromosikan diri

5 Alasan Freelance Merupakan Pekerjaan yang Cocok untuk Introverunsplash.com/perloov

Ketika kamu melamar pekerjaan di sebuah perusahaan, tentu kamu akan menghadapi sebuah proses interview di mana dalam proses tersebut kamu akan ditanya tentang alasan kamu melamar ke perusahaan tersebut dan ditanya mengenai kelebihan kamu agar bisa meyakinkan perusahaan untuk bisa merekrutmu menjadi karyawannya.

Bagi kamu yang introver, mungkin hal seperti ini sedikit sulit namun jika kamu memutuskan menjadi seorang freelancer, kamu tak perlu repot-repot memikirkan jawaban profesional di depan para perekrut untuk mengambil hatinya. Kamu bisa mempromosikan dirimu dengan lebih santai dan dengan caramu sendiri di hadapan klien.

4. Lebih nyaman berkomunikasi melalui tulisan

5 Alasan Freelance Merupakan Pekerjaan yang Cocok untuk Introverunsplash.com/alizeebaudez

Biasanya seorang introver lebih nyaman berkomunikasi dengan seseorang melalui tulisan dibandingkan harus berbicara. Dengan menjadi freelancet, umumnya akan mendapatkan klien melalui internet dan berkomunikasi secara online.

Di sini, introver bisa memaksimalkan akun sosial media miliknya untuk diskusi bersama klien dan bisa menentukan apa yang akan ia sampaikan. Karena umumnya seorang introver akan memikirkan matang-matang mengenai apa saja yang ingin dia ungkapkan dan tidak perlu spontanitas.

5. Pendengar yang baik

5 Alasan Freelance Merupakan Pekerjaan yang Cocok untuk Introverunsplash.com/amyhirschi

Kelebihan lain yang dimiliki seorang introver adalah mereka pendengar yang baik, ketika klien menjelaskan proyek yang harus dikerjakan maka introver akan mendengar dengan saksama dan memahami keinginan yang ingin dicapai oleh klien.

Mereka akan berusaha untuk mencerna setiap detail penjelasan dari klien, memahami, dan memproses segala informasi terkait proyek yang akan mereka lakukan.

Itulah lima alasan mengapa bekerja freelance adalah pilihan yang cocok untuk seorang introver. Tertarik?

Baca Juga: 6 Keahlian yang Paling Laris di Situs Penyedia Jasa Freelance 

Tanissa Nr Photo Verified Writer Tanissa Nr

Professional thinker.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya