Comscore Tracker

5 Cara Ampuh Mempertahankan Konsistensi Diri meskipun Banyak Godaan

Salah satunya kurangi bermain media sosial

Semua orang pasti setuju bahwa mempertahankan konsistensi merupakan hal yang susah. Apalagi ketika banyak godaan yang melanda di hadapanmu, sikap konsiten dalam dirimu pun bisa hilang seketika. Apakah kamu merasakan hal demikian?

Sebenarnya, hal semacam itu bisa disiasati jika kamu memiliki niat untuk berusaha. Ada beberapa cara yang bisa membantumu mempertahankan konsistensi diri saat banyak godaan. Untuk penjelasan lengkapnya, simak pembahasan berikut ini.

1. Jangan terlalu lama bermain media sosial

5 Cara Ampuh Mempertahankan Konsistensi Diri meskipun Banyak Godaanilustrasi berbalas pesan (unsplash.com/Becca Tapert)

Biasanya, seseorang kehilangan konsistensi diri jika terlalu lama melihat kehidupan orang lain. Hal tersebut pasti akan menimbulkan rasa iri sehingga sikap optimis yang ada di dalam dirimu menjadi goyah. Alhasil, konsistensi dirimu lambat laun juga ikut menghilang.

Untuk menguranginya, kamu harus mempraktikkan kebiasaan positif dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Salah satu caranya adalah dengan tidak terlalu sering bermain media sosial karena di sana itu tempatnya orang pamer keberhasilan.

2. Berikanlah batasan pada diri untuk tidak menunda pekerjaan

5 Cara Ampuh Mempertahankan Konsistensi Diri meskipun Banyak Godaanilustrasi tutup telinga (unsplash.com/@chairulfajar_)

Selain itu, konsistensi diri biasanya bakal hilang jika kamu terbiasa menunda pekerjaan. Terkadang, kamu harus mau memberi batasan untuk tidak terlalu membiarkan diri sendiri terlalu hanyut dalam kenyamanan. Ingatlah bahwa menunda pekerjaan itu sifatnya candu.

Jika kamu terus-terusan melakukannya, maka lambat laun konsistensi dirimu bakal hilang. Oleh karena itu, mulai sekarang cobalah berusaha untuk tidak menunda pekerjaan sama sekali. Lakukan hal tersebut agar kamu memiliki hati yang tahan akan segala godaan dalam mengerjakan sesuatu.

Baca Juga: 5 Alasan Menjaga Konsistensi Lebih Sulit dari Memulai, Semangat ya! 

3. Usahakan untuk senantiasa mengerjakan sesuatu dalam satu waktu

5 Cara Ampuh Mempertahankan Konsistensi Diri meskipun Banyak Godaanilustrasi bekerja (unsplash.com/Simon Abrams)

Apakah kamu sering mengerjakan sesuatu setengah-setengah? Jika iya, cobalah untuk menghentikan hal tersebut sesegera mungkin. Mengerjakan sesuatu setengah-setengah itu bisa memantik rasa malas yang ada di dalam diri, lho!

Oleh karena itu, mulai sekarang coba, deh, untuk langsung menyelesaikan semua tanggungan dalam satu waktu. Meskipun susah, hal tersebut pasti bakal menguntungkanmu jika sudah tertanam di dalam diri.

4. Senantiasa mengingat tujuan akhirmu dalam berjuang

5 Cara Ampuh Mempertahankan Konsistensi Diri meskipun Banyak Godaanilustrasi merenung (unsplash.com/Matteo Di Iorio)

Jika susah mempertahankan konsistensi diri, cobalah untuk senantiasa mengingat bagaimana tujuan akhirmu dalam berjuang. Terkadang sugesti yang menjurus pada kekhawatiran akan masa depan dapat memantik kemauan kuatmu di dalam diri.

Apalagi dalam hal meraih kesuksesan, kamu harus bisa mempertahankan konsistensi diri dengan cara demikian. Mulai sekarang, cobalah untuk senantiasa menanamkan kebiasaan mengingat-ingat kondisi masa depan yang tak pasti agar kamu bisa punya konsistensi diri tinggi.

5. Senantiasa mengingat bahwa kamu harus menyelesaikan hal tersebut agar tetap bisa hidup

5 Cara Ampuh Mempertahankan Konsistensi Diri meskipun Banyak Godaanilustrasi dompet (unsplash.com/Emil Kalibradov)

Kamu harus senantiasa berpikir bahwa hidup itu membutuhkan materi. Sebuah materi bisa didapatkan jika kamu mau bekerja. Salah satu prinsip kerja yang harus dimiliki agar mendapatkan banyak uang adalah dengan mempertahankan konsistensi diri.

Jika saat ini kamu belum memiliki sikap semacam itu, lantas bagaimana caramu menghadapi hal-hal yang memberatkan pekerjaanmu nanti? Cobalah untuk belajar mengatasi permasalahan semacam itu agar kamu bisa tetap bertahan hidup nantinya.

Jangan pernah menunda untuk belajar mempertahankan konsistensi diri. Meskipun sulit, hal tersebut nantinya bisa membuatmu gampang meraih semua ekspektasi yang tumbuh di dalam pikiranmu.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Konsisten Itu Penting, Peluang Sukses Makin Terbuka!

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya