Comscore Tracker

5 Hal Ini Wajib Kamu Ketahui sebelum Menjadi Seorang Freelancer

Menjadi freelancer itu gampang-gampang susah!

Di era digital seperti sekarang, ada banyak jenis pekerjaan yang bisa kamu lakukan. Salah satu yang paling populer di kalangan milenial adalah menjadi seorang freelancer. Pekerjaan ini bisa dicap populer karena banyak keuntungan dan kemudahan yang bisa kamu dapatkan.

Entah itu soal waktu, pressure, ataupun penghasilan, kamu bisa mengelolanya sendiri. Kamu bisa menjadi seorang freelance writer, freelance designer, freelance video editor, dan lain sebagainya. Sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia freelancer, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu. Simak pembahasan ini baik-baik!

1. Upah yang kamu dapatkan itu cenderung tidak pasti

5 Hal Ini Wajib Kamu Ketahui sebelum Menjadi Seorang FreelancerIlustrasi pekerja lepas (pexels.com/andrea piacquadio)

Hal pertama yang harus kamu ketahui sebelum menjadi seorang freelancer adalah perihal penghasilan. Biasanya seorang freelancer itu tidak memiliki penghasilan tetap karena tak terikat dengan apapun. Contohnya adalah jika kamu memiliki untuk menjadi freelance writer, maka upahmu itu akan bergantung pada berapa banyak artikel yang terbit.

2. Kamu memiliki waktu kerja yang lebih fleksibel

5 Hal Ini Wajib Kamu Ketahui sebelum Menjadi Seorang FreelancerIlustrasi pekerja lepas (pexels.com/andrea piacquadio)

Enaknya menjadi seorang freelancer itu kamu akan memiliki jam kerja yang lebih fleksibel. Jika bekerja di sebuah perusahaan membutuhkan waktu kurang lebih delapan jam secara paten, namun seorang freelancer bisa bebas. Biasanya jam kerja itu tergantung pada mood ataupun orderan yang ada.

Hal tersebut tentunya menjadi keuntungan bagimu jika tidak terlalu ingin terikat dengan sebuah peraturan perihal waktu. Dengan adanya keuntungan semacam itu, apakah kamu berminat untuk menjadi seorang freelancer? Jika iya, cari pekerjaan freelance yang cocok dengan skill-mu, ya!

3. Kamu harus pintar-pintar mencari klien jika pekerjaanmu berhubungan dengan penyewaan jasa

5 Hal Ini Wajib Kamu Ketahui sebelum Menjadi Seorang FreelancerIlustrasi pekerja lepas (pexels.com/cottonbro)

Sebelumnya sudah disinggung bahwa seorang freelancer akan bekerja jika ada order dari klien. Dengan adanya hal tersebut, kamu wajib banget pintar-pintar mencari klien agar penghasilanmu bisa tetap stabil. Mencari klien itu sebenarnya gampang-gampang susah, kok!

Kamu hanya perlu memasang iklan di media sosial dengan memperlihatlan kualifikasi dan testimoni terkait jasa yang ditawarkan. Jika jasamu sudah banyak dikenal oleh khalayak umum, maka kamu pasti akan mendapatkan banyak uang dari sana.

Baca Juga: Untuk Kamu Freelancer, Ini 5 Cara Atur Waktu dan Keuangan 

4. Kamu harus tetap konsisten jika ingin tetap mendapatkan penghasilan

5 Hal Ini Wajib Kamu Ketahui sebelum Menjadi Seorang FreelancerIlustrasi pekerja lepas (pexels.com/thirdman)

Konsistensi merupakan sebuah hal yang menjadi kunci sukses seorang freelancer. Seorang fleenacer itu akan mendapatkan banyak uang jika dia mau konsisten dalam mengerjakannya. Namun terkadang kamu akan merasakan kejenuhan sebab hanya melakukan hal-hal yang stagnan namun penghasilannya tidak pasti. Jika ingin menjadi seorang freelancer, latihlah konsistensi dirimu terlebih dahulu.

5. Kamu harus berusaha meningkatkan kreativitas agar bisa tetap bertahan

5 Hal Ini Wajib Kamu Ketahui sebelum Menjadi Seorang FreelancerIlustrasi pekerja lepas (pexels.com/andrea piacquadio)

Seorang freelancer itu harus memiliki kreativitas tanpa batas agar bisa tetap bertahan. Apalagi sekarang banyak orang yang terjun di dunia freelance, kamu wajib banget memenangkan persaingan dengan cara meningkatkan kreativitas. Meningkatkan kreativitas itu sebenarnya tidak susah jika kamu mau berusaha.

Namun yang terpenting adalah kamu harus tetap berusaha meningkatkan kemampuan agar karyamu tidak monoton. Jika karya-karyamu bisa beradaptasi dengan berbagai macak perkembangan tren, maka banyak orang yang akan mau menyewa jasamu.

Setelah membaca penjelasan di atas, apakah kamu berminat untuk menjadi seorang freelancer? Kuatkan niat terlebih dahulu sebelum terjun ke pekerjaan yang sifatnya tidak pasti, ya!

Baca Juga: 5 Kelebihan yang Bisa Kamu Rasakan saat Menjadi Seorang Freelancer

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya