Comscore Tracker

5 Hal Ini Kudu Dilakukan saat Weekend agar Produktif Lagi selama WFH

Setelah semingguan bekerja, kamu perlu beristirahat!

Menjadi seorang karyawan yang bekerja dari rumah atau WFH, pasti ada tantangannya tersendiri. Apalagi, rumah merupakan sebuah tempat yang sangat nyaman sehingga bisa saja kamu akan terdorong untuk bermalas-malasan karena tanpa pengawasan. Biasanya hal itu terjadi jika kamu tidak bisa memanajemen stres ketika weekend tiba.

Dengan adanya hal tersebut, kamu perlu membuat waktu weekend-mu diisi dengan kegiatan yang cukup menyenangkan. Ada lima hal yang bisa banget kamu lakukan ketika weekend agar semangatmu untuk produktif dapat kembali. Simak pembahasan ini baik-baik, ya!

1. Jangan memikirkan pekerjaanmu terlebih dahulu

5 Hal Ini Kudu Dilakukan saat Weekend agar Produktif Lagi selama WFHIlustrasi merenung (pexels.com/khoa võ)

Ketika weekend, kamu perlu mengistirahatkan diri dengan tidak memikirkan apa-apa terkait pekerjaan. Gunakanlah weekend sebagai waktu untuk me-time sehingga pikiran dan energimu bisa pulih kembali.

Jauhkan pandanganmu dari tugas-tugas ataupun file yang membuatmu memikirkan masalah pekerjaan. Jika hal itu dilakukan, kamu pasti akan semangat untuk menghadapi minggu depan.

2. Istirahatkan diri dengan melakukan meditasi di minggu pagi

5 Hal Ini Kudu Dilakukan saat Weekend agar Produktif Lagi selama WFHIlustrasi meditasi (pexels.com/mosntera)

Selain fokus untuk beristirahat, kamu juga wajib banget untuk melakukan meditasi di pagi hari. Hal itu dilakukan agar kamu bisa mengistirahatkan pikiran yang sebelumnya telah dikotori oleh beban dan tanggung jawab. Tenangkan diri dan mulailah bermeditasi dengan tidak memikirkan apa-apa.

Dengan melakukan hal demikian, lambat laun kamu pasti akan merasa tenang dan semua pikiran yang memberatkan bakal hilang secara sendirinya.

Baca Juga: Kenali 7 Jenis Meditasi ini Biar Gak Bingung, Ada Cinta Kasih Lho

3. Cobalah untuk menonton minimal satu film yang kamu sukai

5 Hal Ini Kudu Dilakukan saat Weekend agar Produktif Lagi selama WFHIlustrasi nonton film (pexels.com/Andres Ayrton)

Tidak bisa dimungkiri bahwa menonton film merupakan sebuah hal yang cukup menyenangkan. Apalagi, jika hal itu dilakukan ketika weekend, pasti semua beban yang ada di dalam pikiranmu akan pergi untuk sementara waktu. Hal itu dilakukan agar kamu tidak mengalami stres sebab pekerjaan yang menumpuk.

Cobalah untuk menonton film-film bergenre kesukaanmu sehingga ada hiburan yang masuk ke otakmu. Jika hal itu dilakukan, kamu pasti akan siap menghadapi minggu depan dengan semangat baru selama WFH.

4. Bersihkanlah tempat kerjamu agar bisa memantik semangatmu

5 Hal Ini Kudu Dilakukan saat Weekend agar Produktif Lagi selama WFHIlustrasi menyapu (pexels.com/ron lach)

Ketika bekerja di rumah, kamu wajib banget memerhatikan kebersihan tempat kerja agar nanti tidak memantik kemalasanmu. Saat weekend, kamu harus membersihkannya agar nanti kamu bisa lebih semangat dan produktif.

Cobalah untuk mengepel lantai, membersihkan debu, dan menyetel pengharum ruangan agar vibes di tempat kerjamu bisa tetap positif.

5. Makanlah sesuatu yang kamu inginkan sebagai self-reward

5 Hal Ini Kudu Dilakukan saat Weekend agar Produktif Lagi selama WFHIlustrasi memasak (pexels.com/klaus nielsen)

Agar semangat untuk bekerja bisa balik, kamu perlu memberikan self-reward di setiap minggunya. Tidak perlu sesuatu yang mewah, kamu bisa memberikan asupan ke diri sendiri dengan makanan lezat. Hal itu dilakukan agar kamu stres sebab semingguan telah bekerja.

Jangan pelit kepada diri sendiri jika hal tersebut berhubungan dengan produktivitasmu. Oleh karena itu, mulai sekarang cobalah untuk menyisihkan uang agar kamu bisa memperlakukan diri sendiri dengan baik sehingga merasa tenang.

 

Dari kelima hal di atas, sudahkahkah kamu melakukan salah satunya? Jika belum, yuk, praktikkan hal tersebut agar energimu bisa pulih selama weekend!

Baca Juga: 7 Manfaat yang Dirasakan ketika Memberikan Self Reward, Jangan Tunda!

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya