Comscore Tracker

5 Langkah Tepat agar Kamu Tidak Terbiasa Menunda Pekerjaan

Menunda pekerjaan hanya akan menambah derita di masa depan!

Sebagian dari kalian pasti pernah terjebak dalam kebiasaan menunda pekerjaan. Hal tersebut sebenarnya cukup wajar terjadi karena menghilangkan rasa malas di dalam diri itu sangat sulit. Namun kamu tidak bisa terus-terusan bertahan pada kondisi seperti itu.

Ada beberapa langkah tepat yang dapat membantumu agar bisa terbiasa untuk tidak menunda pekerjaan. Tetapi kamu harus melakukan hal tersebut dengan konsisten agar dampak positifnya bisa dirasakan. Untuk penjelasan lebih lanjut terkait hal apa saja yang dimaksud, simak pembahasannya berikut ini.

1. Jangan kebanyakan main handphone ketika berniat untuk mengerjakan tugas

5 Langkah Tepat agar Kamu Tidak Terbiasa Menunda Pekerjaanpexels.com/andrea piacquadio

Tidak dapat dimungkiri bahwa salah satu penghambat utama dalam mengerjakan tugas yaitu ketika kamu terlalu banyak bermain handphone. Hal tersebut biasanya terjadi karena kamu membutuhkan hiburan sejenak namun akhirnya malah keterusan.

Maka dari itu cobalah untuk buang hanphone jauh-jauh terlebih dahulu ketika kamu telah berniat mengerjakan tanggung jawabmu. Lagipula akan ada lebih banyak waktu untuk bermain handphone jika kamu telah menyelesaikan semua pekerjaanmu. 

2. Coba dedikasikan satu hari tenaga untuk mengerjakan tugas

5 Langkah Tepat agar Kamu Tidak Terbiasa Menunda Pekerjaanpexels.com/Artem Podrez

Dalam satu minggu ada tujuh hari yang dapat digunakan untuk menyelesaikan sebuah tanggung jawab. Jika terbiasa menundanya, cobalah untuk mendedikasikan satu hari tenaga untuk mengerjakan tugas dengan membuang jauh-jauh alat yang dapat membuatmu malas.

Stop bermain sosial media ataupun games dalam satu hari tidak akan menjadikanmu sebagai seseorang yang tak bahagia. Oleh karena itu mulai sekarang coba pilih hari yang pas untuk mengerjakan sebuah tugas dari pagi sampai malam. Dengan adanya hal tersebut, pekerjaanmu pasti akan mudah selesai.

3. Jangan pernah berpikiran terkait tenggat waktu pengumpulan yang masih lama

5 Langkah Tepat agar Kamu Tidak Terbiasa Menunda Pekerjaanpexels.com/Marcelo Chagas

Ketika mengerjakan tugas, kebanyakan orang cenderung menyepelekannya hanya karena tenggat waktu dalam pengumpulan masih lama. Jika diamati secara mendalam, dapat dikatakan bahwa hal tersebut merupakan salah satu penyebab mengapa kamu selalu menunda pekerjaan.

Dengan adanya hal tersebut, mulai sekarang cobalah untuk langsung mengerjakan tugas meskipun deadline pengumpulan masih lama. Ingatlah bahwa menunda pekerjaan hanya akan menambah deritamu di masa depan. Stop menunda pekerjaan agar beban pikiran tidak terlalu berat.

Baca Juga: 5 Tipe Orang saat Menunda Pekerjaannya, Ada Kamu di Sini?

4. Biasakanlah untuk mengerjakan sesuatu hingga titik akhir

5 Langkah Tepat agar Kamu Tidak Terbiasa Menunda Pekerjaanpexels.com/Taryn Elliott

Jika kamu terbiasa mengerjakan sesuatu secara bertahap, cobalah untuk membuang jauh-jauh habit tersebut. Meskipun akan menguras lebih banyak tenaga, terkadang mengerjakan sesuatu sampai titik akhir dapat menghindarkanmu dari rasa malas yang mungkin muncul.

Ketika mengerjakan secara setengah-setengah, kamu dituntut untuk bisa memantik semangat yang sebelumnya telah tereduksi. Maka dari itu alangkah lebih baik jika kamu langsung mengerjakan semuanya sampai tidak ada yang tersisa. Dengan melakukan hal tersebut, waktu istirahatmu akan semakin banyak.

5. Bangun habit positif agar rasa malas hilang dari dirimu

5 Langkah Tepat agar Kamu Tidak Terbiasa Menunda Pekerjaanpexels.com/Daria Shevtsova

Sebelumnya telah disebutkan bahwa membuang kebiasaan malas dalam diri adalah hal yang sangat susah untuk dilakukan. Untuk menghilangkan itu semua, kamu dituntut bisa membuang semua habit negatif yang sebelumnya menguasai diri. Hal tersebut harus dihilangkan agar pola pikir positif yang baru dapat terkonstruksi dengan mudah.

Cobalah untuk bangun habit positif mulai dari sekarang sebelum terlambat. Kamu harus bisa memaksakan diri agar kebiasaan buruk yang sebelumnya senantiasa menyelimuti dapat berkurang dengan sendirinya. Percayalah bahwa manfaat pasti akan terasa jika kamu sudah membangun habit positif.

Menghilangkan kebiasaan menunda sesuatu memanglah bukan perkara yang cukup mudah untuk dilakukan. Namun jangan pernah berhenti untuk meningkatkan kualitas diri agar kebiasaan buruk tersebut bisa hilang.

Baca Juga: 4 Cara Ilmiah Ini Dijamin Bisa Mengubah Kebiasaan Menunda

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya