Comscore Tracker

5 Rekomendasi Aktivitas Ketika Hujan, Bukan Rebahan!

Waktu hujanmu jadi lebih berfaedah

Saat ini Indonesia telah memasuki pergantian musim dari musim kemarau ke musim penghujan. Sebagian orang merasa susah dengan musim tersebut karena ketika musim penghujan mereka harus bersusah-susah memakai jas hujan atau payung sehingga kebanyakan mereka memilih untuk di rumah saja dan tidak beraktivitas di luar agar tak basah pula.

Realitanya, banyak orang yang hanya menghabiskan waktu hujan di rumah dengan cara rebahan atau tiduran karena mereka merasa malas harus melakukan apa. Padahal sebenarnya ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di rumah untuk menghabiskan waktu hujan. Ada lima aktivitas yang sayang kalau dilewatkan.

1. Membaca buku

5 Rekomendasi Aktivitas Ketika Hujan, Bukan Rebahan!ilustrasi membaca (unsplash.com/Viktor Forgacs)

Membaca buku adalah aktivitas yang recommended banget untuk dilakukan karena ketika hujan suasana yang ada adalah nyaman dan sejuk. Membaca buku ini pun bisa membuatmu lebih produktif.

Selain untuk menambah wawasan, kamu juga bisa mendapatkan inspirasi menulis dari buku. Apalagi untuk kamu yang hobi menulis, membaca buku sayang untuk dilewatkan ketika waktu hujan.

2. Menulis

5 Rekomendasi Aktivitas Ketika Hujan, Bukan Rebahan!ilustrasi menulis (unsplash.com/Brad Neathery)

Banyak orang berpendapat bahwa hujan itu memunculkan ide-ide, inspirasi baru dalam menulis. Sehingga hujan adalah waktu yang dirasa tepat untuk mengeksekusi ide-ide menulis baik yang belum sempat dituliskan maupun yang baru didapatkan.

Untuk kamu yang hobi menulis puisi, cocok banget kalau menulis ketika hujan. Kamu bisa membuat puisi dengan cara mengamati alam dan suasana hujan dari dalam rumah. Namun tak hanya puisi saja, cerpen, artikel, dan ljenis tulisan lain bisa kamu buat ketika hujan. Menulis jadi hal yang produktif, bukan? Jadi, sayang kalau kita lewatkan waktu hujan begitu saja.

3. Belajar

5 Rekomendasi Aktivitas Ketika Hujan, Bukan Rebahan!ilustrasi belajar (unsplash.com/Nik Shuiahin)

Buat kamu yang masih berada di jenjang pendidikan,momen turunya hujan adalah waktu yang cocok kamu gunakan untuk rajin belajar. Suasana sejuk dan nyamannya mendukung sekali untuk belajar.

Kamu tak akan terganggu dengan suara bising, karena alam didominasi dengan suara hujan. Dengan ditemani segelas air minum hangat pun tak apa, agar suasana lebih tenang. Jadi terasa lebih syahdu, bukan?

Baca Juga: [WANSUS] Berkah Pawang Hujan di Musim Hujan hingga ke Mancanegara

4. Perbanyak ibadah

5 Rekomendasi Aktivitas Ketika Hujan, Bukan Rebahan!ilustrasi shalat (unsplash.com/Mosquegrapher)

Untuk kamu yang bingung harus melakukan apa ketika hujan, kamu bisa beribadah semaksimal mungkin, kan? Kamu bisa tilawah, memperbanyak dan mengulang hafalan Al-Qur'an, melaksanakan shalat sunnah, atau perbanyak berdoa.

Menurut ajaran Islam, hujan adalah salah satu waktu mustajab untuk berdoa. Jadi, sayang kalau hanya rebahan saja. Untuk kaum non-muslim, kamu bisa memperbanyak ibadah dengan berdoa dan lain sebagainya. Jadikan waktu hujan sebagai sarana untuk kita lebih mendekatkan diri kepada Tuhan.

5. Desain grafis

5 Rekomendasi Aktivitas Ketika Hujan, Bukan Rebahan!ilustrasi orang sedang desain (unsplash.com/Fakurian Design)

Desain grafis adalah aktivitas yang memerlukan ketenangan dan pikiran enteng. Untuk kamu yang suka desain grafis, sayang sekali kalau kamu gak mengisi waktu hujanmu dengan membuat karya-karya baru.

Bukankah waktu hujan adalah waktu yang tepat untuk desain? Udara sejuk dan suasana alamnya pasti bisa memancing inspirasi.

So, yuk produktif jangan berlama-lama bersama rebahan. Rebahan terus juga melelahkan bukan? Kalau bisa lelah dengan produktif, mengapa tidak dilakukan?

Tika Nur Hasanah Photo Verified Writer Tika Nur Hasanah

Seorang pemula yang memperjuangkan aksara sampah menjadi aksara emas. My biggest goal: kebermanfaatan. I'm @tikanh_26

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya