Comscore Tracker

15 Situs Buat Freelancer yang Mau Cari Uang Tambahan

Selamat tinggal masa-masa tak punya uang

Di era digital, mencari uang bisa melalui berbagai cara. Salah satunya adalah menjadi pekerja lepas atau freelancer. Konon freelancer juga semakin banyak dibutuhkan, lho.

Nah, bagi kamu yang saat ini sedang butuh uang tambahan, ini dia 15 situs freelance di Indonesia yang bisa kamu coba gunakan.

1. Upwork

15 Situs Buat Freelancer yang Mau Cari Uang Tambahanupwork.com

Dengan klien lebih dari 1,5 juta, Upwork (yang sebelumnya adalah oDesk) menawarkan sesuatu yang berbeda untuk setiap pekerja lepas. Mulai dari proyek jangka pendek hingga panjang, per jam atau per proyek, dan kamu juga bisa menyesuaikan kemampuanmu dalam setiap proyek.

2. Toptal

15 Situs Buat Freelancer yang Mau Cari Uang Tambahantoptal.com

Dengan pendekatan yang berbeda, Toptal jelas diperuntukkan untuk pekerja lepas yang benar-benar berbakat. Jika kamu lolos seleksi di Toptal, kamu akan mendapatkan akses tak terbatas ke berbagai proyek keren seperti JPMorgan, Zendesk, Airbnb dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa bergabung dengan forum Toptal untuk selalu tahu informasi terkini soal Toptal dan berdiskusi dengan pekerja lepas lainnya.

3. Elance

15 Situs Buat Freelancer yang Mau Cari Uang Tambahanelance.com

Elance akan memberimu banyak kesempatan sehingga kamu gak perlu berebut proyek dengan para pekerja lepas lainnya. Kamu bisa langsung membuat profil dan mengerjakan proyek dan kamu akan dibayar per jamnya.

Catatan editor: Elance telah bergabung dengan Upwork saat artikel ini diterbitkan.

4. Freelancer

15 Situs Buat Freelancer yang Mau Cari Uang Tambahanfreelancer.com

Gak seperti platform lainnya, untuk membuatmu makin tajir, Freelancer akan memberimu kesempatan untuk berkompetisi dengan pekerja lepas lainnya untuk membuktikan kemampuanmu. Jika kamu cukup kompetitif dan percaya diri, kamu bisa menarik banyak klien untuk memercayai kemampuanmu.

5. Craigslist

15 Situs Buat Freelancer yang Mau Cari Uang Tambahancraigslist.com

Meskipun banyak yang melihat bahwa Craigslist adalah tempat untuk jual beli barang, sebenarnya Craiglist adalah tempat yang tepat untuk pekerjaan lepas. Kamu bisa menelurusi dengan mudah penawaran lokal yang sesuai dengan minatmu.

6. Guru

15 Situs Buat Freelancer yang Mau Cari Uang Tambahanguru.com

Situs ini akan menampilkan pekerjaanmu sebelumnya, dan menawarkan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuanmu untuk memastikan bahwa kamu gak melewatkan satu kesempatan bagus.

7. 99designs

15 Situs Buat Freelancer yang Mau Cari Uang Tambahan99designs.com

Siapa yang gak tahu 99designs? Bagi kamu yang memang menyukai dunia desain, pasti tahu situs pekerja lepas terbesar yang memuat berbagai kontes dalam pembuatan logo dan ilustrasi. Setiap klien akan memberikan umpan balik terhadap pekerjaanmu sehingga kamu akan selalu tahu apa yang kurang dari desainmu.

Baca juga: Freelancer Kehabisan Duit di Tengah Bulan? Simak 10 Trik Ini

8. Peopleperhour

15 Situs Buat Freelancer yang Mau Cari Uang Tambahanpeopleperhour.com

Peopleperhour adalah wadah yang bagus untuk para pekerja lepas proyek website. Jika kamu desainer, website developer, spesialis SEO, situs ini jelas harus kamu coba.

9. Freelance Writing Gigs

15 Situs Buat Freelancer yang Mau Cari Uang Tambahanfreelancewritingjobs.com

Entah kamu penulis, editor, blogger, penerbit, atau gabungan dari semua itu. Situs ini adalah pilihan yang tepat untuk pekerja lepas yang sering berkutat dengan kata-kata.

10. Demand Media

15 Situs Buat Freelancer yang Mau Cari Uang Tambahandemandmedia.com

Demand Media adalah wadah untuk para orang kreatif, termasuk penulis, pembuat film, sutradara, fotografer dan lain lain. Kamu akan bekerja dengan sebuah situs untuk membuat konten kreatif dan menarik pembaca serta memromosikan bakatmu.

11. College Recruiter

15 Situs Buat Freelancer yang Mau Cari Uang Tambahancollegerecruiter.com

Sama seperti namanya, College Recruiter memang diciptakan untuk kamu yang masih kuliah atau baru saja lulus dan mencari pekerjaan lepas untuk segala bidang. Lumayan kan, bisa dimasukin portfolio dan membantumu buat menaikkan karier.

12. GetACoder

15 Situs Buat Freelancer yang Mau Cari Uang Tambahangetacoder.com

Situs ini dibuat untuk para penulis, desainer website dan programmer lepas. Persis seperti bisnis startup kecil yang lagi membutuhkan ide situs website baru. GetACoder akan memberimu jutaan tawaran proyek untuk dikerjakan.

13. iFreelance

15 Situs Buat Freelancer yang Mau Cari Uang Tambahanifreelance.com

Situs ini hampir sama seperti situs pekerja lepas lainnya, cuma di sini kamu bisa menyimpan 100 persen pendapatanmu dan gak perlu takut kena pajak.

14. Project4hire

15 Situs Buat Freelancer yang Mau Cari Uang Tambahanproject4hire.com

Dengan ratusan kategori, Project4hire akan menampilkan pekerjaan yang memang sesuai dengan kemampuanmu. Situs ini cocok untuk para programmer, konsultan, desainer dan lain-lain.

15. SimplyHired

15 Situs Buat Freelancer yang Mau Cari Uang Tambahansimplyhired.com

Dengan jangkauan yang lebih luas dari situs lainnya, SimplyHired pas untuk semua orang. Mulai dari bidang penjualan hingga pekerja konstruksi.

Nah, kamu gak bakal galau lagi kan? Gih cobain satu-satu. Kali aja ada yang nyangkut.

Baca juga: 9 Tips Agar Gaji Freelancer Bisa Jadi Penghasilan Utama

Topic:

  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya