Comscore Tracker

5 Alasan untuk Rehat Sejenak dari Rutinitas Pekerjaan yang Berat

Jangan memaksakan diri terlalu berat dalam bekerja

Melakukan suatu pekerjaan memang menjadi rutinitas umum yang dimiliki oleh sebagian besar orang. Sering kali beban pekerjaan yang dimiliki setiap orang bisa berbeda-beda dan hal ini juga memengaruhi kualitas diri dalam mengerjakannya.

Ada orang yang memiliki beban pekerjaan yang berat, namun senantiasa selalu memaksakan hal tersebut pada dirinya sendiri. Jelas saja hal ini akan memberikan efek yang kurang baik, baik dari segi fisik maupun psikologis. Untuk menghindari hal tersebut, kamu sebaiknya memahami beberapa hal berikut ini yang menjadi alasan untuk tidak memaksakan diri dalam bekerja secara berlebihan.

1. Kesehatanmu adalah yang utama

5 Alasan untuk Rehat Sejenak dari Rutinitas Pekerjaan yang Beratilustrasi tubuh bugar (unsplash.com/@austindistel)

Hal pertama yang harus kamu pahami dalam mengerjakan suatu pekerjaan adalah dengan memprioritaskan kesehatanmu terlebih dahulu. Kesehatan sejatinya adalah hal terpenting yang tidak boleh kamu abaikan begitu saja.

Jika kamu memaksakan diri untuk bekerja dengan berlebihan, hal tersebut akan berdampak pada kesehatanmu. Jika kesehatanmu buruk, semua pekerjaan jelas tidak akan dapat terselesaikan dengan baik dan hal ini justru hanya akan menambah masalah tersendiri.

2. Hasil pekerjaan tak akan baik

5 Alasan untuk Rehat Sejenak dari Rutinitas Pekerjaan yang Beratilustrasi pusing bekerja (pexels.com/@Ketut-Subiyanto)

Segala sesuatu yang dipaksakan jelas tak akan memiliki dampak yang baik dan hal inilah yang juga harus kamu perhatikan. Kamu mungkin ingin pekerjaanmu tetap terselesaikan meskipun dengan harus memaksakan diri berulang kali.

Satu hal yang sering kali terlewat dari perhatianmu justru fakta yang menunjukkan bahwa ketika tubuhmu sudah memberikan sinyal rasa lelah, kamu tetap memaksakan diri sehingga hasil pekerjaan tidak akan baik. Hal ini hanya akan membuatmu merasa buruk karena memberikan hasil pekerjaan yang tidak memuaskan.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Mengurangi Stres Emosional yang Selama Ini Menganggu

3. Kondisi psikologis akan mudah terpengaruh

5 Alasan untuk Rehat Sejenak dari Rutinitas Pekerjaan yang Beratilustrasi lelah bekerja (unsplash.com/@jeshoots)

Rasa lelah yang dimiliki oleh setiap orang tak hanya akan berdampak pada kondisi fisik seseorang. Hal ini juga bisa berdampak pada kondisi psikologis. tentu tak baik seseorang mengalami stres berlebih.

Ketidakseimbangan mood, suasana hati yang berubah-ubah, hingga emosi yang mudah meledak jelas menjadi salah satu kondisi psikologis yang harus diwaspadai dengan baik. Jangan sampai justru kamu memaksakan diri sehingga memperoleh kondisi psikologis yang buruk.

4. Waktu dengan keluarga jadi tersita

5 Alasan untuk Rehat Sejenak dari Rutinitas Pekerjaan yang Beratilustrasi bersama keluarga (unsplash.com/@pablomerchanm)

Melakukan suatu pekerjaan memang memiliki konsekuensinya tersendiri dan salah satu konsekuensi tersebut adalah waktu yang kian tersita dengan keluarga. Jelas saja waktu yang tak banyak itu kemudian banyak dimaksimalkan sebaik mungkin agar dapat memperoleh kesempatan quality time dengan baik.

Nyatanya, ketika kamu bekerja dengan berlebihan, quality time yang dimiliki pun kian berkurang. Jelas saja hal ini akan semakin membuat kualitas hubungan dengan keluarga menjadi kurang baik. Itulah mengapa sebaiknya bekerja sesuai porsi saja dan jangan secara berlebihan.

5. Stres yang bisa berdampak pada depresi

5 Alasan untuk Rehat Sejenak dari Rutinitas Pekerjaan yang Beratilustrasi lelah bekerja (pexels.com/@Karolina-Grabowska)

Seseorang yang mengalami depresi bukan hanya disebabkan permasalahan pribadi, melainkan juga ada yang disebabkan urusan pekerjaan. Cikal bakal depresi ini dimulai dari stres akibat bobot pekerjaan yang dinilai berlebihan dan tidak logis.

Itulah mengapa sebaiknya kamu dalam mengontrol diri untuk melakukan manajemen stres dengan baik. Banyak orang yang keliru dalam mengontrol stresnya sehingga berdampak pada rasa depresi. Padahal, seberapa pun bobot pekerjaan yang dimiliki, stres pasti akan selalu mengikuti.

 

Segala yang berlebihan memang tidak akan baik, termasuk juga bagi mereka yang bekerja dengan melebihi batas yang semestinya. Jangan sampai beban pekerjaan yang terlalu berlebihan justru membuatmu banyak mengorbankan segala hal dalam hidup. Ketahui batasannya dengan baik, ya!

Baca Juga: 5 Hal yang Dapat Meringankan Beban Pekerjaan, Jangan Lupa Bahagia 

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya