Comscore Tracker

5 Tips Memiliki Finansial yang Aman sebelum Memutuskan Resign Kerja

Jangan sampai tidak memiliki perencanaan finansial, ya

Berbicara mengenai finansial tentu sering kali menjadi topik yang cukup sensitif. Hal ini karena memang setiap orang yang memiliki kemampuan finansial yang berbeda-beda.

Meski begitu, urusan finansial juga tidak bisa dianggap sebelah mata, apalagi jika kamu sudah merencanakan mengenai resign dari pekerjaan. Oleh sebab itu, kamu perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini agar memiliki finansial yang aman.

1. Memilih gaya hidup yang tepat

5 Tips Memiliki Finansial yang Aman sebelum Memutuskan Resign Kerjailustrasi gaya hidup (pexels.com/@Tim-Douglas)

Satu hal yang mungkin akan sangat mempengaruhi kemampuan finansial seseorang adalah gaya hidup. Gaya hidup terkadang menjadi penyebab seseorang sulit memiliki finansial yang stabil. Oleh sebab itu, pertimbangan mengenai gaya hidup sangatlah penting untuk diperhatikan.

Jangan sampai justru terlena dengan gaya hidup yang kurang tepat, sehingga memengaruhi kemampuan finansial setelahnya. Selalu sesuaikan gaya hidup dengan kemampuan masing-masing.

2. Alokasikan keuangan pada investasi

5 Tips Memiliki Finansial yang Aman sebelum Memutuskan Resign Kerjailustrasi investasi (unsplash.com/@austindistel)

Ada banyak sekali cara untuk dapat memperoleh kemampuan finansial yang menjanjikan. Hal ini semakin penting apabila kamu akan memutuskan untuk resign dari pekerjaan saat ini.

Satu hal yang penting adalah tentang bagaimana kamu dapat mengalokasikan keuangan pada hal-hal yang positif seperti investasi. Investasi yang tepat justru akan membantumu untuk memperoleh finansial yang stabil setelah resign.

Baca Juga: 5 Hal Penting untuk Cegah Penyesalan setelah Resign, Keputusan Besar!

3. Lunasi pinjaman atau cicilan 

5 Tips Memiliki Finansial yang Aman sebelum Memutuskan Resign Kerjailustrasi modal uang (unsplash.com/@s1winner)

Beberapa orang mungkin masih ada yang memiliki urusan dalam pinjaman atau cicilan. Hal ini juga tak kalah penting untuk diperhatikan apabila kamu ingin memutuskan untuk resign dari pekerjaan.

Kamu tentu perlu memprioritaskan pelunasan cicilan terlebih dahulu. Tentunya dengan penyelesaian yang baik, maka urusan finansialmu pun bisa terjaga.

4. Tak lupa mempersiapkan dana darurat 

5 Tips Memiliki Finansial yang Aman sebelum Memutuskan Resign Kerjailustrasi sejumlah uang (unsplash.com/@sasun1990)

Dana darurat sebetulnya menjadi salah satu hal penting yang tidak boleh dilupakan oleh semua orang. Hal ini karena memang dana darurat akan sangat membantu pada momen-momen penting termasuk pada saat resign.

Sayangnya terkadang masih ada saja orang yang mengesampingkan urusan ini, padahal keberadaannya sangat penting. Oleh sebab itu, pastikan kamu tak lupa mempersiapkan dana darurat sebelum memutuskan untuk resign.

5. Sudah memiliki pekerjaan sampingan

5 Tips Memiliki Finansial yang Aman sebelum Memutuskan Resign Kerjailustrasi pegawai (unsplash.com/@brucemars)

Kadang kala banyak orang yang cukup cerdik dalam mempersiapkan finansial nya. Salah satu caranya adalah dengan memiliki pekerjaan sampingan di luar pekerjaan utama.

Hal ini tentu boleh-boleh saja selama dapat membagi waktu dengan baik. Melalui cara tersebut, maka setidaknya kemampuan finansial juga akan lebih stabil sebelum memutuskan untuk resign dari pekerjaan.

 

Memiliki kemampuan finansial yang stabil tentu menjadi satu kewajiban penting. Jangan sampai justru kemampuan finansial menjadi sulit pasca memutuskan untuk resign dari pekerjaan. Selalu memprioritaskan gaya hidup yang tepat, ya!

Baca Juga: Tips Mengatur Keuangan saat Pasangan Mau Resign, Musti Siap Dulu!

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya