Comscore Tracker

5 Tips Menghadapi Rekan Kerja yang Meremehkanmu, Buktikan Kamu Bisa!

Jangan langsung terpancing emosi dengan sikapnya

Memiliki profesionalitas tinggi dan kinerja yang baik dalam bekerja tentu menjadi hal yang diidamkan oleh kebanyakan orang. Sayangnya, tidak mudah untuk mencapai hal demikian, apalagi bila lingkungan kerjanya seakan tak mendukung hal tersebut.

Salah satu konflik yang rawan terjadi adalah ketika kamu dengan mudahnya diremehkan oleh rekan kerja yang lainnya. Meski kadang tidak nyaman, beberapa cara berikut ini bisa digunakan untuk menyiasatinya dengan bijak.

1. Tidak perlu ambil pusing

5 Tips Menghadapi Rekan Kerja yang Meremehkanmu, Buktikan Kamu Bisa!Ilustrasi beban pekerjaan (Pexels/Tima Miroshnichenko)

Kamu boleh saja merasa kesal dengan apa yang dilakukan orang lain padamu. Tentunya diremehkan rekan kerja menjadi sesuatu yang akan terus tersimpan di dalam pikiran secara terus menerus.

Hal paling penting yang harus kamu lakukan adalah dengan membuang jauh-jauh hal tersebut. Tidak perlu mengambil pusing terhadap apa yang rekan kerjamu lakukan selama tidak sampai membahayakan secara fisik.

2. Pastikan kinerjamu tidak akan terpengaruh oleh sikapnya

5 Tips Menghadapi Rekan Kerja yang Meremehkanmu, Buktikan Kamu Bisa!Ilustrasi pria sedang bekerja (Pexels/Andrea Piacquadio)

Merasa tidak nyaman akibat diremehkan tentu menjadi salah satu dampak yang sering dirasakan. Tidak mudah untuk mencegah pikiran negatif yang ada di dalam pikiran.

Meski mungkin kamu akan merasa sedikit kesal, pastikan kinerjamu tetap terjaga dengan baik. Semakin kamu terlihat terpengaruh, maka semakin mereka merasa menang atas apa yang dilakukannya.

Baca Juga: 5 Tips Hadapi Rekan Kerja yang Selalu Mengandalkan, Jangan Emosi!

3. Fokus pada pekerjaan semata

5 Tips Menghadapi Rekan Kerja yang Meremehkanmu, Buktikan Kamu Bisa!Ilustrasi pria sedang bekerja (Pexels/Karolina Grabowska)

Kamu pergi ke kantor tentunya dengan tujuan untuk bekerja. Tak heran bila orientasi utamamu tentu saja untuk fokus pada pekerjaan yang dilakukan.

Jangan sampai membiarkan rekan kerjamu seakan meremehkan dan memandang sebelah mata kepadamu. Fokuslah pada pekerjaan saja sehingga tidak akan menghirukan hal-hal yang sudah-sudah.

4. Hindari membalasnya dengan perkataan kasar

5 Tips Menghadapi Rekan Kerja yang Meremehkanmu, Buktikan Kamu Bisa!Ilustrasi rekan kerja adu mulut (Pexels/Yan Krukov)

Kamu mungkin tidak menyukai tindakan yang kurang bijaksana seperti meremehkan rekan kerja sendiri. Namun, membalasnya dengan cara yang sama atau dengan perkataan kasar tentu tidak akan membedakanmu dengannya.

Kamu harus dapat menyikapinya dengan sebijaksana mungkin. Jangan sampai kamu justru menjadi pribadi pendendam yang gemar melontarkan perkataan kasar juga.

5. Buktikan kamu memang tidak seperti itu

5 Tips Menghadapi Rekan Kerja yang Meremehkanmu, Buktikan Kamu Bisa!Ilustrasi wanita sedang bekerja (Pexels/Verschoren Maurits)

Beberapa orang berpikir bagaimana cara terbaik dalam membalaskan dendam akibat diremehkan oleh rekan kerja. Padahal, balas dendam terbaik adalah dengan memberikan kinerja yang terbaik.

Melalui progres kinerja yang ada, kamu dapat membuktikan bahwa apa yang mereka katakan sama sekali salah. Dengan pembuktian tersebut, tidak ada lagi yang perlu dipermasalahkan.

 

Tentunya memang tak mudah dalam menjaga pikiran untuk tetap fokus dalam bekerja. Meski demikian, kamu dapat membalasnya melalui cara yang lebih bijaksana. Buktikan kamu bisa!

Baca Juga: 5 Cara Agar Lebih Dihargai Orang Lain, Jangan Mau Diremehkan

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya