Comscore Tracker

Tetap Tenang, 5 Tips saat Tidak Disambut dengan Baik di Tempat Kerja

Posisimu seolah tidak diinginkan oleh rekan kerja

Bekerja secara nyaman tentu menjadi harapan dan keinginan banyak orang. Sebab, faktor kenyamanan lingkungan kerja dapat memengaruhi kinerja yang dapat diberikan.

Tentunya tidak semua hal di tempat kerja dapat berjalan sebagaimana mestinya. Ada pula yang justru merasa tidak nyaman saat berada di tempat kerja karena banyak alasan. Salah satunya karena merasa tidak disambut dengan baik oleh rekan-rekan yang ada di kantor.

Bila situasi seperti ini terjadi, maka faktor penting dalam menyiasatinya adalah dengan melakukan beberapa hal penting yang berikut ini. Tetap tenang dan jangan khawatir dulu, ya!

1. Jangan tanamkan energi negatif pada dirimu

Tetap Tenang, 5 Tips saat Tidak Disambut dengan Baik di Tempat Kerjailustrasi perempuan bingung (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Terkadang, kamu sudah dapat menerima sinyal jika keberadaanmu tidak disambut dengan baik oleh rekan-rekan kerja. Biasanya, sinyal tersebut dapat direspons dengan beragam tanggapan.

Hindari merespons hal tersebut dengan energi negatif. Jika kamu meresponnya dengan buruk, justru akan membuatmu tidak nyaman bahkan seakan terbuang. Tetap berpikir positif sebisa mungkin, ya.

2. Buatlah ruang kerjamu semenarik mungkin

Tetap Tenang, 5 Tips saat Tidak Disambut dengan Baik di Tempat Kerjailustrasi ruang kreatif kerja (pexels.com/KM L)

Ruang kerja atau meja kerja sejatinya jadi tempat paling personal yang memisahkanmu dengan rekan kerja lainnya. Tentunya kamu datang ke kantor untuk bekerja dengan sepenuh hati, maka kerjakan hal tersebut secara totalitas.

Untuk tetap menjaga mood bekerjamu, kamu dapat menghias atau mendekor ruang kerjamu semenarik mungkin. Hal ini tentu akan mengalihkan pikiran negatifmu terhadap rekan kerja. Selain itu, suasana hati juga akan membaik nantinya.

3. Jangan menutup dirimu

Tetap Tenang, 5 Tips saat Tidak Disambut dengan Baik di Tempat Kerjailustrasi pria sedang stres (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kamu mungkin paham bahwa posisimu saat ini seakan tidak diinginkan oleh rekan-rekan kerjamu. Untuk mengatasinya, maka jangan sampai kamu juga menutup dirimu.

Kebiasaan dalam menutup diri justru akan membuatmu semakin dikucilkan. Hal seperti itu akan menimbulkan suasana kerja yang gak nyaman. Kalau mau, kamu bisa mulai membuka diri dengan rekan kerja. Mulailah dari rekan kerja terdekat dari mejamu.

Baca Juga: Capek Cari Kerja? Ini 5 Tips Melamar Kerja Agar Mental Tetap Aman

4. Traktirlah rekan kantor sesekali

Tetap Tenang, 5 Tips saat Tidak Disambut dengan Baik di Tempat Kerjailustrasi memtraktir teman (pexels.com/Diva Plavalaguna)

Kadang kala, kamu tidak bisa terlalu berharap untuk langsung diterima oleh rekan-rekan di kantor. Namun, kamu bisa memulai langkah terlebih dahulu untuk mendekati mereka.

Salah satu caranya adalah dengan mentraktir mereka sesekali. Tentunya hal ini akan menunjukan dirimu yang pemurah dan ramah dengan orang lain. Namun, jangan paksakan dirimu juga. Sesuaikan dengan kemampuanmu, ya!

5. Berikan kinerja yang terbaik

Tetap Tenang, 5 Tips saat Tidak Disambut dengan Baik di Tempat Kerjailustrasi perempuan sedang bekerja (pexels.com/MART PRODUCTION)

Ada banyak alasan rekan kerjamu mungkin tidak menyukaimu. Bisa saja hal tersebut karena sifatmu atau justru cara bekerjamu.

Kamu tidak perlu berlarut-larut dalam mempermasalahkan hal tersebut. Justru, jadikan hal itu sebagai motivasi dalam memberikan kinerja yang terbaik. Dengan begitu, mereka akan paham kualitasmu yang sesungguhnya. Buktikan melalui kerjamu saja.

Memang tidak mudah berada dalam lingkungan kerja yang seperti itu, namun tidak ada salahnya jika kamu ingin mencoba keluar dari zona tersebut. Jangan langsung menutup dan menyalahkan diri, ya!

Baca Juga: 5 Tips Hadapi Rekan Kerja yang Selalu Mengandalkan, Jangan Emosi!

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya