Comscore Tracker

5 Cara Menyikapinya Agar Tidak Stres Kerja di Bawah Tekanan

Jangan sampai justru pekerjaan jadi berantakan lho

Siapapun pasti rasanya menginginkan pekerjaan yang sesuai dengan idamannya masing-masing. Pekerjaan yang sesuai keinginan sudah tentu akan membuat kita menikmati setiap proses yang dilewati dan mampu mengembangkan karier kita sebaik mungkin hingga mencapai posisi yang kita inginkan. Namun, apa jadinya bila justru pekerjaan yang kita jalani memberikan efek buruk dan stres terhadap kita sebab tekanan yang  didapatkan?

Untuk kamu yang mungkin sering mendapatkan tekanan dalam bekerja, berikut 5 cara cerdas dalam menyikapi hal tersebut. Simak yuk ulasannya!

1. Tanamkan pikiran positif dalam diri

5 Cara Menyikapinya Agar Tidak Stres Kerja di Bawah TekananUnsplash/Hunters Race

Kunci dalam menikmati pekerjaan adalah dengan selalu berpikir positif dalam segala aspek yang akan dilakukan. Pikiran yang positif akan membantu kita dalam menikmati pekerjaan serta meredam rasa stres dari segala bentuk tekanan yang ada. Jadi, meskipun tekanan dalam bekerja silih berganti datang menghampiri, namun kita memiliki cara untuk menguranginya.

2. Fokus dalam bekerja

5 Cara Menyikapinya Agar Tidak Stres Kerja di Bawah TekananUnsplash/Tim van der Kuip

Jika memang tekanan dalam bekerja selalu mengambil perhatianmu dan mengganggu konsentrasi, maka cobalah untuk terus fokus pada pekerjaan yang ada. Jangan sampai tekanan tersebut juga merusak kemampuan fokusmu pada pekerjaan sebab tentu saja hal ini akan membuat tekanan tersebut semakin memberatkanmu dalam menyelesaikannya.

3. Bangunlah hubungan yang baik dengan rekan kerja

5 Cara Menyikapinya Agar Tidak Stres Kerja di Bawah TekananUnsplash/Annie Spratt

Setiap pekerjaan yang ada pastilah akan membuat kita selalu terhubung dengan orang lain dalam ruang lingkup pekerjaan atau yang biasa kita sebut dengan rekan kerja. Dengan membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja justru akan membantu kita dalam mengurangi tekanan bekerja, serta mampu membantu kita dalam mengatasi berbagai persoalan yang ada. Hubungan yang buruk dengan rekan kerja justru akan semakin memberatkan tekanan dalam bekerja.

Baca Juga: Agar Tak Jenuh, Lakukan 5 Kegiatan Ini di Sela-sela Pekerjaanmu

4. Memahami pekerjaan yang ada dan meminimalisirkan kesalahan

5 Cara Menyikapinya Agar Tidak Stres Kerja di Bawah TekananUnsplash/Nik MacMillan

Aspek utama dalam keberhasilan suatu pekerjaan adalah dengan cara memahami setiap rinci hal terpenting dalam bekerja sehingga dapat membantu kita dalam menyelesaikannya dengan baik serta meminimalisir bentuk kesalahan yang ada. Selain itu, dengan mencoba meminimalisir kesalahan maka akan membuat tekanan dalam bekerja juga akan terasa lebih ringan.

5. Mengubah stigma buruk tentang tekanan

5 Cara Menyikapinya Agar Tidak Stres Kerja di Bawah TekananUnsplash/Annie Spratt

Banyak orang yang terkadang sering memandang sebuah tekanan sebagai bentuk hal yang bersifat negatif, padahal jika kita mampu justru tekanan dapat diubah stigmanya menjadi sesuatu yang positif. Kita dapat berpikir bahwa tekanan tersebut merupakan sebuah motivasi agar kita semakin rajin dan bekerja dengan baik.

Nah, 5 cara di atas dapat menjadi tips bijak agar kamu mampu menyikapi segala bentuk tekanan menjadi hal yang positif. Setujukah kamu?

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Mencari Pekerjaan Baru

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya