Comscore Tracker

8 Gejala Stres Akibat Overwork yang Sering Gak Disadari Orang

Kalau kamu mengalaminya, saatnya istirahat nih

Mendorong potensi dirimu sampai maksimal adalah hal yang bagus. Akan tetapi, waktu kerja yang berlebihan apalagi kalau gak diiringi dengan istirahat yang cukup itu gak sehat lho! Coba perhatikan delapan tanda ini pada tubuhmu, karena bisa jadi mereka memberikan sinyal untuk rehat sejenak.

1. Jadi susah tidur

8 Gejala Stres Akibat Overwork yang Sering Gak Disadari Orangunsplash/Ben Blennerhassett

Kalau kamu kesulitan tidur lelap dan sering terbangun di malam hari bisa jadi ini juga gejala dari overwork yang gak kamu sadari! Kamu mungkin akan kesulitan untuk merasa relaks karena merasa gak ada waktu untuk itu. Pikiranmu terpaku pada pekerjaan kantor yang harus kamu selesaikan, bahkan pada momen di mana seharusnya kamu beristirahat.

Untuk mengatasi permasalahan ini ada banyak hal yang bisa kamu lakukan. Misalnya, mengunduh aplikasi tracking waktu tidur, latihan meditasi ringan, jauhkan ponsel, dan putar musik pengantar tidur.

2. Kesehatan mentalmu terganggu

8 Gejala Stres Akibat Overwork yang Sering Gak Disadari Orangpexels/energepic.com

Lingkungan kerja yang toxic berisiko mengganggu kesehatan mentalmu. Rasa khawatir dan tekanan yang terus datang bisa jadi salah satu trigger-nya. 

Tapi, jangan sampai kamu mendiagnosis diri sendiri ya! Segera pergi ke bantuan profesional terdekat, mereka akan membantu masa penyembuhanmu.

3. Imunitas tubuh menurun

8 Gejala Stres Akibat Overwork yang Sering Gak Disadari Orangpixabay/nastya_gepp

Duh, gejala yang satu ini biasanya makin diperparah saat kondisi cuaca lagi gak menentu seperti sekarang. Apabila kamu merasa jadi lebih gampang sakit dari biasanya, kamu harus hati-hati ya.

Selain itu, kalau kamu sering merasa daerah leher, pundak, dan kepalamu kaku dan sakit itu bisa jadi salah satu gejala stres. Karena merasakan banyak tekanan, otot tubuhmu jadi lebih tegang. Your body can feeling the pressure, jadi ada baiknya istirahat dan konsumsi vitamin tambahan.

4. Kehilangan hasrat seksual

8 Gejala Stres Akibat Overwork yang Sering Gak Disadari Orangpixabay/Prinz-Peter

Penelitian yang dilakukan oleh The American Pshychological Association menunjukkan kalau ketika seseorang merasa stres berat pada pekerjaan profesionalnya, kebanyakan dari mereka akan kehilangan sexual desire dan penurunan libido. Coba cek dulu apakah kamu juga mengalaminya atau tidak?

Baca Juga: 5 Keuntungan Kerja Freelance yang Sering Dianggap Sebagai Pengangguran

5. Perut sering sakit

8 Gejala Stres Akibat Overwork yang Sering Gak Disadari Orangpixabay/tya_gepp

Terdapat banyak gejala stres yang tergambar pada perut. Dari mulai bloating, constipation, juga indigestion. Hal ini disebabkan karena rasa stres itu memengaruhi pada kinerja usus kita dan akan berdampak juga pada suasana hati kita.

6. Gak nafsu makan

8 Gejala Stres Akibat Overwork yang Sering Gak Disadari OrangUnsplash/Tom Morel

Saat stres, rasanya makanan favoritmu yang dihidangkan di meja pun jadi gak menggiurkan! Hal ini disebabkan karena nafsu makan kita itu juga dipengaruhi oleh pikiran.

Berdasarkan Harvard Health Letter, saat mengalami tekanan yang parah tubuhmu akan merespons dengan melawan dan melepaskan adrenalin. Jadinya, tubuhmu gak mampu melakukan pencernaan karena fokusnya pada upaya penyelamatan diri dari bahaya yang dirasakan. Duh.

7. Jadwal mentruasi yang gak lancar

8 Gejala Stres Akibat Overwork yang Sering Gak Disadari Orangunsplash/Erol Ahmed

Gejala ini dialami oleh sebagian perempuan. Hormon yang terganggu membuat jadwal menstruasi kita jadi terganggu. Ada kasus di mana jadwalnya berhenti selama beberapa bulan ada juga yang periode menstruasinya jadi bertambah.

Kalau gejala ini sudah lama kamu alami, ada baiknya kamu pergi ke tenaga kesehatan yang profesional ya buat cari tahu solusinya.

8. Susah fokus

8 Gejala Stres Akibat Overwork yang Sering Gak Disadari Orangunsplash/Johnny Cohen

Karena pikiranmu terbagi oleh banyak hal di dunia pekerjaan, kamu jadi gak punya ruang untuk memikirkan hal lainnya. Akibatnya, kamu mungkin jadi melupakan banyak agenda penting dan jadi ceroboh karena kelupaan menaruh barang pada tempatnya.

Solusi terbaik dari kasus ini adalah tidur yang cukup dan gunakan daily planner! Tubuhmu pasti teriak-teriak minta istirahat, dan untuk membuat keseharianmu lebih terstruktur catatan itu akan membantu banget.

Apabila kamu mengalami beberapa tanda di atas, itu berarti kamu burnout dari pekerjaanmu. Coba deh, luangkan waktu untuk quality time dengan dirimu sendiri. Selamat beristirahat ya!

Baca Juga: 5 Langkah Jitu Hadapi Rekan Kerja yang Susah Diajak Kerja Sama

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya