Comscore Tracker

5 Tips Penting Supaya Kerja Remote di Rumah Berjalan Efektif

Disiplin waktu itu penting biar kerjaan kamu gak keteteran!

Banyak pekerja millennials yang merasa nyaman bekerja remote di rumah, terutama buat mereka yang senang dengan fleksibilitas dan kebebasan.

Ada beberapa alasan yang mendasari pilihan tersebut, seperti keinginan bersantai di rumah, gak enak badan, atau ingin sendirian dulu. Apa pun alasannya, sebaiknya simak tips penting supaya kerja remote di rumah berjalan efektif ini!

1. Berolahragalah sesekali

5 Tips Penting Supaya Kerja Remote di Rumah Berjalan Efektifpexels.com/@felipe-borges-964530

Saat sendirian di rumah, biasanya kita jadi lebih banyak makan kudapan dan malas bergerak! Duh, ini bahaya nih! Selain berat badan yang kemungkinan bakal naik, tubuhmu juga bisa jadi sakit.

Untuk mencegah itu, ada baiknya kamu mengatur jadwal olahraga per minggu. Caranya bisa dengan jogging setiap pagi atau workout sendiri di rumah. Tubuhmu juga perlu bergerak, lho!

2. Buat office hour untuk dirimu sendiri

5 Tips Penting Supaya Kerja Remote di Rumah Berjalan Efektifpixabay.com/Free-Photos

Salah satu kelebihan dari bekerja secara remote adalah bebas buat bangun tidur kapan pun! Kamu juga bisa mengatur agenda pekerjaanmu sendiri. Tapi, kamu perlu hati-hati dengan kebebasan ini lho!

Pasalnya, kalau kamu gak mengatur agenda kerjamu setiap hari, bisa-bisa pekerjaanmu menumpuk dan kamu bakal keteteran sendiri. Jadi, walaupun gak kerja di kantor, kamu tetap harus mempraktikkan disiplin waktu ya!

Selain itu, penting juga buat kamu bikin jadwal istirahatmu sendiri biar badan juga gak capek akibat overwork.

Baca Juga: 8 Gejala Stres Akibat Overwork yang Sering Gak Disadari orang

3. Fokus! Jangan sampai keganggu sama hal yang kurang penting, ya!

5 Tips Penting Supaya Kerja Remote di Rumah Berjalan Efektifpexels.com/nappy

Kalau kamu tipe orang yang susah fokus, ada baiknya membeli headphone yang bisa meredam suara. Jauhi juga sumber gangguan seperti ponsel atau TV!

Emang sih nyaman banget bekerja sendirian di rumah. Tapi sekali lagi, kalau kamu gak disiplin dan gak fokus sama pekerjaanmu, nanti yang rugi kamu sendiri lho!

4. Ciptakan ruang kerjamu sendiri

5 Tips Penting Supaya Kerja Remote di Rumah Berjalan Efektifpexels.com/@daria

Ini penting banget! Karena dengan keberadaan ruang kerja di rumah, kamu pasti jadi lebih fokus dengan apa pun yang kamu kerjakan. Gak ada lagi cerita ketiduran di kasur karena bekerja di kamar tidur.

Dengan menciptakan ruang khusus buat bekerja, pikiranmu juga akan lebih siap untuk bekerja!

5. Jangan lupa buat tetap jalin komunikasi dengan orang lain

5 Tips Penting Supaya Kerja Remote di Rumah Berjalan Efektifpexels.com/@hillaryfox

Kalau kamu adalah tipe orang yang kurang betah kalau gak ngobrol seharian dengan orang lain, ciptakan momen khusus di mana kamu bisa mengobrol dengan orang terdekatmu.

Setelah pekerjaanmu selesai, kamu bisa keluar rumah atau mengundang teman mampir. Kamu juga bisa mengontak coworkers  di kantor untuk berdiskusi dan mengobrol. Jadi gak bakal kesepian deh meski kerja sendirian di rumah!

Kalau kamu saat ini sedang bekerja remote di rumah, manfaatkan baik-baik kebebasan itu ya! Jangan lupa juga untuk mempraktikkan tips penting supaya kerja remote di rumah berjalan efektif di atas, ya!

Baca Juga: 5 Langkah Jitu Hadapi Rekan Kerja yang Susah Diajak Kerja Sama

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya