Comscore Tracker

Kesalahan yang Harus Kamu Hindari Ketika Concall, Ngaca Termasuk Lho!

Harus tetap profesional!

Di tengah situasi pandemik COVID-19, kita harus mengubah pola kerja dan cara berkomunikasi dengan orang lain, termasuk dengan rekan kerja dan klien. Oleh karena itu, banyak kegiatan meeting yang dilakukan secara online.

Berikut ini telah IDN Times rangkum beberapa kesalahan bahasa tubuh dan kesalahan teknis yang sering dilakukan orang-orang secara gak sadar. Simak untuk tahu lebih lanjut!

1. Gak mendengarkan presentasi secara fokus dan gak mengontrol ekspresi wajah

Kesalahan yang Harus Kamu Hindari Ketika Concall, Ngaca Termasuk Lho!IDN Times/Anjani Eka Lestari

Karena gak bisa bertatap muka secara langsung, beberapa orang gak memberikan perhatiannya secara penuh ketika online meeting. Hal ini membuat mereka gak mendengarkan secara saksama apa yang dipresentasikan di slide presentasi.

Rasa bosan, mengantuk, atau pun lapar yang dirasakan, dapat ditunjukkan dengan jelas. Mulai dari mengerutkan dahi, sering menguap, hingga memainkan ponsel.

2. Terlalu fokus berkaca atau melihat pantulan diri sendiri di screen

Kesalahan yang Harus Kamu Hindari Ketika Concall, Ngaca Termasuk Lho!IDN Times/Anjani Eka Lestari

Kebiasaan buruk lain yang dilakukan adalah terlalu sering memeriksa kondisi diri sendiri di layar. Dari mulai merapikan rambut, mengecek makeup, dan lain-lain. Kebanyakan orang gak sadar kalau orang lain bisa ikut memerhatikan apa yang mereka lakukan karena semuanya terekam.

3. Gak mengatur posisi laptop di posisi yang nyaman dengan pencahayaan yang bagus

Kesalahan yang Harus Kamu Hindari Ketika Concall, Ngaca Termasuk Lho!IDN Times/Anjani Eka Lestari

Poin ini mungkin terasa kurang genting dibandingkan yang lainnya. Namun, hal ini perlu kamu catat apabila kamu harus melakukan presentasi yang penting. 

Sebelum melakukan video call, persiapkan hal-hal teknis yang kamu butuhkan. Cek pencahayaan dan latar tempatmu bekerja! Apakah sudah rapi dan enak untuk dilihat?

Terus, pastikan kalau kamera laptopmu sesuai dengan eye level. Sedikit catatan untuk lighting, pastikan pencahayaan hadir di depan laptopmu, bukan di belakang atau samping!

Baca Juga: 5 Makanan Sederhana dan Mudah untuk Teman Concall saat WFH 

4. Lupa untuk mengecek kondisi teknis laptop dan sound yang digunakan

Kesalahan yang Harus Kamu Hindari Ketika Concall, Ngaca Termasuk Lho!IDN Times/Anjani Eka Lestari

Selain perlu memperhatikan penampilan visualmu di hadapan kamera, kamu juga perlu mengecek kondisi sound laptopmu sebelum presentasi. Pastikan juga gak ada glitch dengan memeriksa kondisi internet yang berjalan!

5. Karena sibuk multitasking dengan urusan lain, kamu jadi kehilangan fokus dengan urusan meeting

Kesalahan yang Harus Kamu Hindari Ketika Concall, Ngaca Termasuk Lho!IDN Times/Rizka Yulita

Karena bekerja di dalam rumah, sebagian orang terbiasa multitasking antara bekerja dan menyelesaikan tugas rumah tangga. Hal ini pun kadang-kadang tetap dilakukan ketika meeting. Padahal yang harus kamu sadari, kebiasaan tersebut bisa membuatmu dan peserta meeting lainnya jadi gak fokus, lho!

Jadi, kalau kamu ingin menyelesaikan hal lain di tengah-tengah kegiatan meeting, lebih baik izin terlebih dahulu untuk mematikan kamera dan suara untuk sementara! Tapi, jangan terlalu lama ya durasinya!

Itu dia 5 kesalahan umum yang dilakukan saat online meeting. Hayo, kamu paling sering ngelakuin yang mana, nih?

Baca Juga: Cara Makeup untuk Concall Saat WFH Biar Kelihatan Segar & Profesional

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya