Comscore Tracker

7 Cara Menohok Hadapi Teman Kantor yang Bossy, Biar Dia Kapok!

Jangan gak enakan, lho!

Setiap kantor pasti punya minimal satu orang yang nyebelin. Ada yang karena caper, suka mengganggu, sampai sering bertingkah bossy. Nah, yang terakhir disebut sudah pasti bikin kesel. Gimana gak? Tingkah ini sering ditandai dengan suka menyuruh-nyuruh orang lain dan marah-marah kalau pekerjaan tidak beres. Sementara dia sendiri, belum tentu bekerja atau pekerjaannya sendiri sempurna.

Kalau sudah keterlaluan, tingkah teman yang bossy memang gak bisa dibiarkan. Kamu harus segera melakukan tindakan atau hal-hal besar bakal terjadi. Tapi, gimana caranya ya? Terkadang, melawan perintahnya saja sudah tidak enak hati. Pakai deh cara hadapi teman kantor yang bossy tanpa drama berikut ini! Pasti dia jera!

1. Cari tahu kenapa ia bisa bersikap bossy. Apakah karena dekat dengan atasan, merasa paling pintar, atau terbiasa diikuti semua kemauannya?

7 Cara Menohok Hadapi Teman Kantor yang Bossy, Biar Dia Kapok!dramabeans.com

Setidaknya, ada tiga alasan kenapa teman kamu bisa bersikap bossy. Pertama, ia dekat atasan dan menjadikannya alasan agar bisa berbuat apa saja. Kedua, ia merasa paling pintar atau superior. Dengan kepintaran yang ia miliki itu, ia beranggapan punya hak mengatur dan memimpin segala sesuatu menurut caranya.

Ketiga, ia terbiasa diikuti semua kemauannya di lingkungannya. Entah di rumah sering dimanja oleh orangtua atau pacarnya selalu memberikan apa yang ia minta. Kalau kamu sudah mengetahui penyebabnya, kamu akan tahu bagaimana memperlakukan ia di langkah selanjutnya.

2. Ajak dia berdiskusi santai bareng teman-teman yang senasib denganmu. Bukan pengecut, tapi ini menunjukkan kalau sudah banyak yang terganggu

7 Cara Menohok Hadapi Teman Kantor yang Bossy, Biar Dia Kapok!dramabeans.com

Berikutnya, ajaklah ia ngobrol santai di kafe atau saat jalan-jalan ke mall. Kalau hasil analisismu pada nomor satu kuat, kamu bisa saja menghadapinya sendirian. Tapi jika kamu ingin analisismu dipandang obyektif, ada baiknya mengajak teman. Mulailah dengan menanyakan hal-hal di luar pekerjaan, baru kemudian masuk ke maksudmu.

Jangan bikin suasana yang kaku dan menyinggung perasaan dia. "Kamu tahu gak proyek sama Pak Basuki? Aku sempat merasa kesulitan saat kamu meninggalkan aku dan memilih menemani si bos. Sedih juga karena merasa disuruh-suruh namun ditelantarkan," misalnya. Lalu, kamu bisa memaparkan hasil analisismu pada nomor satu tadi bareng teman-teman. Anggap saja kamu dan kawan-kawan sedang curhat pada teman satu geng.

3. Kalau langkah kedua belum manjur, pasang wajah cemberut ketika temanmu kumat. Dia harus tahu kalau kamu tidak suka pada perbuatannya

7 Cara Menohok Hadapi Teman Kantor yang Bossy, Biar Dia Kapok!dramabeans.com

Secuek-cueknya teman bossy kamu, dia pasti tidak akan diam saja melihat wajah masammu. Apalagi kalau ini muncul setiap kamu diberi tugas. Ia akan bertanya dan mencari tahu.

Kalau momen ini sudah tiba, jangan lewatkan. Katakan yang sejujurnya. Walaupun kamu pernah mengatakan keluhanmu saat berdiskusi tadi, perlu berulang-ulang kali menyampaikan sampai ia benar-benar kepikiran, paham, dan merasa tidak enak hati. 

4. Selama sikapnya belum pulih, hindarilah ngobrol langsung dan utamakan komunikasi lewat tulisan seperti email, Whatsapp, dan yang sejenis

7 Cara Menohok Hadapi Teman Kantor yang Bossy, Biar Dia Kapok!dramabeans.com

Kamu boleh saja memberinya pelajaran seperti meminimalisir komunikasi. Kalau sebelumnya banyak bertatap muka dan berbicara langsung, kini utamakan komunikasi via tulisan. Bisa via email, Whatsapp, atau jejaring lainnya.

Hal ini harus banget dilakukan oleh mereka yang segan berkata tidak. Manfaat lainnya dari berkomunikasi secara tulisan adalah kamu cenderung bebas mengutarakan pikiran. Ini karena kamu tidak perlu melihat mimik dan ekspresi langsungnya, yang sering bikin takut dan gagal fokus.

Baca Juga: Segera Berubah, Ini 7 Tanda Kebosanan yang Kamu Alami Sudah Level Akut

5. Kalau terpaksa berhadapan dengan perintahnya secara langsung, berilah kalimat penolakan halus yang diakhiri dengan senyuman

7 Cara Menohok Hadapi Teman Kantor yang Bossy, Biar Dia Kapok!dramabeans.com

Namanya masih sekantor, pasti menghindari komunikasi langsung pasti sulit. Kalau ini terjadi dan kamu diberi tugas yang tidak seharusnya, jangan ragu menolak. Agar tidak menyinggung atau menimbulkan amarah, buat penolakan halus yang diakhiri senyuman tulus. 

"Maaf, ya. Aku juga masih punya pekerjaan yang harus diselesaikan dari bos utama, jadi tidak bisa membantu," ucapmu. Kalau ia masih mencecar waktumu, bilang saja tidak bisa berjanji. Ia pasti mundur teratur. Kamu pun bisa melakukan ini di waktu mendatang.

6. Kalau perlu, temui atasan dan perjelas kembali jobdesk kamu. Kalau kamu mendapatkan tugas dari si bossy, ini bisa jadi dasarmu untuk menolaknya

7 Cara Menohok Hadapi Teman Kantor yang Bossy, Biar Dia Kapok!dramabeans.com

Jika caramu belum berhasil juga, tidak ada salahnya bertemu atasan langsung atau bagian personalia. Perjelas kembali apa tugasmu dan apa yang bukan. Apa tugasmu yang selama ini diberikan oleh si teman bossy, bisa diwajarkan? Setelah mendapatkan jawaban yang pasti, jadikan ini patokan untuk menolak tugas-tugas yang menyeleweng dari teman.

7. Jangan mau kalah! Cobalah bersikap bossy padanya dan biarkan ia merasakan berada di posisimu sebelumnya

7 Cara Menohok Hadapi Teman Kantor yang Bossy, Biar Dia Kapok!dramabeans.com

Temanmu semakin keterlaluan? Cobalah kamu mengambil inisiatif dan jadilah bos di antara kalian. Kamu berikan dia tugas dan pastikan kamu mengawasinya. Tidak ada salahnya seperti ini kok selama dia menyadari perbuatannya dan mengubah sikap. Kalau memang kasusnya sudah jadi perhatian satu kantor, bukankah kamu bisa mendapatkan dukungan yang positif?

Itu tadi cara hadapi teman kantor yang bossy tanpa pakai drama. Sebelum kamu melakukannya, pastikan kamu punya jiwa dan hati yang tega. Kalau menghadapi dirinya saja kamu masih melempem, bagaimana mungkin kamu bisa membantu teman lain yang masih jadi korban temanmu?

Baca Juga: Bosan Belajar Secara Teoritis? 5 Cara Ini Dapat Dilakukan di Kelas

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Pinka Wima

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 23:15:04

Progress: 758.351 dari 813.350 TPS (93.23797%)

Just For You