Comscore Tracker

5 Cara Elegan Menghadapi Atasan yang Kurang Berkompeten

Kamu harus menghadapinya dengan cara yang elegan

Bekerja di tempat dengan orang-orang yang kurang berkompeten pasti akan lebih melelahkan. Terlebih lagi jika atasanmu lah yang tidak berkompeten, itu akan berkali lipat lebih melelahkan. Namun bagaimana pun dia merupakan atasanmu yang harus kamu patuhi dan hormati.  Berikut merupakan cara yang dapat kamu lakukan untuk menghadapi atasan yang kurang berkompeten.

1. Pahami terlebih dahulu kondisi dan kekurangan atasanmu

5 Cara Elegan Menghadapi Atasan yang Kurang Berkompetendramabeans.com

Sebelum kamu memiliki prasangka yang tidak baik dengan atasanmu, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana kondisi atasanmu sebenarnya. Jangan sampai kamu sudah menghakimi tetapi tidak tahu kenyataannya. Kenali juga terlebih dahulu cara kerja atasanmu.

Kamu bisa mencari tahu pengalaman kerja dia sebelumnya dan apa yang sudah dia pernah lakukan di kantor sebelumnya. Kamu bisa mengetahuinya dengan cara mengajaknya berbicara atau sekadar makan siang. Selain agar semakin akrab, kamu juga akan lebih bisa mengerti posisi atasanmu tersebut. 

2. Tetap fokus terhadap apa yang menjadi tanggungjawab kamu terlebih dahulu

5 Cara Elegan Menghadapi Atasan yang Kurang Berkompetendramabeans.com

Daripada sibuk mencari kesalahan dari atasanmu, sebaiknya kamu fokus terlebih dahulu terhadap tanggung jawabmu itu. Jangan sampai karena atasanmu itu, kamu malah menjadi pribadi yang tidak bertanggung jawab terhadap pekerjaanmu. 

Lakukan apa yang kamu bisa untuk lingkungan kerjamu. Jadilah pribadi yang dapat diandalkan dalam timmu. Selain itu berikanlah performa yang konsisten untuk menunjukkan bahwa kamu memang orang yang profesional dalam bekerja. 

3. Tetap hormati dan cobalah untuk mengarahkan atasanmu dalam batas yang wajar

5 Cara Elegan Menghadapi Atasan yang Kurang Berkompetendramabeans.com

Jika kamu sudah mengetahui di mana letak kekurangan atasanmu, maka kamu bisa membantunya dengan mengarahkannya apa yang harus ia coba lakukan. Namun jangan sampai kamu tinggi hati dan tetaplah menghormatinya sebagai atasan. 

Jangan sampai kamu mengarahkan seolah-olah kamu yang menguasai dan lebih tahu segalanya. Tetaplah mengarahkannya dalam batas wajar dan tetap hargai privasinya dalam bekerja.

Baca Juga: 5 Tanda Ini Menunjukkan Atasanmu Toxic Leadership, Ketahui Sejak Dini!

4. Ketahui batas toleransi dirimu dan jangan sampai menjelekkan atasanmu

5 Cara Elegan Menghadapi Atasan yang Kurang Berkompetendramabeans.com

Selanjutnya, ketahui juga batas toleransi yang ingin kamu berikan terhadap atasanmu. Jangan sampai kamu jadi diperbudak, bisa saja karena kamu dapat diandalkan sehingga atasanmu menjadi menyerahkan semua pekerjaanya kepada dirimu. 

Jika atasanmu memang sulit berubah dan membuatmu kesal, jangan sampai kamu menjelekkan sikap atasanmu tersebut kepada rekan-rekan kerja yang lain. Hal inimenunjukkan bahwa kamu bukan orang yang profesional dan memiliki emosi yang tidak stabil. 

Kalau merasa sulit mengatasi hal tersebut, kamu bisa menyampaikan dan bercerita kepada pihak HRD atau teman-teman yang bisa kamu percaya untuk meminta solusi atas permasalahan tersebut. 

5. Walaupun atasanmu kurang berkompeten, tetapi jangan sampai mengambil alih pekerjaannya

5 Cara Elegan Menghadapi Atasan yang Kurang Berkompetendramabeans.com

Dan yang terakhir, walaupun atasanmu tidak berkompeten, jangan sampai kamu mengambil alih pekerjaannya. Hal ini bakal membuat atasanmu makin berada di zona yang nyaman. Selain itu, dia juga jadi gak bisa berkaca pada kekurangannya selama ini.

Jangan sampai atasanmu yang kurang berkompeten ikut menurunkan kinerjamu juga. Tetaplah menjadi orang yang dapat diandalkan oleh rekan-rekan kerjamu. Semangat! 

Baca Juga: 5 Cara Beradaptasi yang Baik dengan Rekan Kerja & Atasan di Kantor

Topic:

  • Yolanda Vania
  • Pinka Wima

Just For You