TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Mencuci Buah dengan Baik dan Benar, Aman Dikonsumsi

Cuci buah dengan benar agar terhindar dari sisa kotoran

Ilustrasi buah jeruk dicuci. (pexels.com/burak kostak)

Banyak orang yang menganggap sepele akan mencuci buah dengan benar. Padahal, sisa kotoran dari tanah dan cairan pestisida pada buah sangat berbahaya bagi kesehatan kita. Sebab, dikhawatirkan masih ada kuman dan bakteri yang menempel di buah. Bagaimana cara mencuci buah yang benar agar aman dikonsumsi? 

1. Cuci tangan terlebih dahulu

Ilustrasi cuci tangan. (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Sebelum kamu menyentuh buah yang akan dicuci, lebih baik kamu perhatikan kebersihan tanganmu terlebih dahulu.

Sebab, kita tidak tahu barang apa yang baru kita pegang dan seberapa bersih barang tersebut. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, kamu bisa cuci tangan dengan sabun selama 20 detik.

Baca Juga: 5 Cara Mencuci Buah dan Sayur dengan Tepat, Kamu Sudah Benar?

2. Perhatikan buah yang akan dicuci

Ilustrasi buah anggur. (pexels.com/Bruno Scramgnon)

Selanjutnya kamu bisa ambil buah, lalu perhatikan buah sebelum dicuci. Jika kamu melihat terdapat bagian yang tidak layak dikonsumsi, kamu bisa potong bagian tersebut.

Biasanya setiap buah terdapat bagian yang busuk atau bahkan terdapat ulat yang menempel pada buah. Kamu bisa potong bagian tersebut dengan pisau yang bersih dan tidak karatan. 

3. Cuci menggunakan air mengalir

Ilustrasi seseorang mencuci buah apel. (pexels.com/Miriam Alonso)

Kamu bisa lanjutkan dengan mencuci buah menggunakan air yang mengalir agar kotoran dan zat kimia bisa langsung terbuang bersama dengan air.

Hindari mencuci buah dengan memasukkan ke dalam baskom atau wadah, karena dikhawatirkan kotoran tidak langsung hilang dari buah.

4. Gunakan bahan dan peralatan untuk membersihkan buah

Ilustrasi seseorang mengambil anggur bersih. (pexels.com/Sarah Chai)

Kamu bisa gunakan bahan tambahan untuk mencuci buah agar lebih bersih. Pastinya menggunakan bahan alami dan tidak berbahaya bagi tubuh kita, seperti soda kue atau air garam.

Jika kamu ingin menggunakan soda kue, kamu bisa campurkan 2 sendok teh soda kue ke wadah yang memiliki 1 liter air. Lalu rendam selama kurang lebih 12-15 menit, lalu bilas hingga bersih.

Jika kamu ingin menggunakan air garam yang efektif menghilangkan residu pestisida pada buah, kamu bisa campurkan garam ke wadah yang terisi air dengan perbandingan 1:10, ya. Lalu rendam buah selama 20 menit dan bilas.

Tunggu dulu! Belom selesai, lho! Kamu perlu perhatikan secara teliti apakah buah masih memiliki sisa kotoran atau tidak. Jika masih ada kotoran menempel, kamu bisa gosok dengan sikat bersih secara perlahan.

Baca Juga: 5 Cara Mencuci Buah dan Sayur Agar Bebas dari Ancaman Pestisida

Verified Writer

Fajrina Annisa

I write what I like and what I see.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya