Comscore Tracker

7 Pilihan Desain Ruang Keluarga untuk Kamu yang Ingin Ganti Gaya 

Ini baru ruang keluarga yang enak dipandang dan pewe banget!

Momen santai, akrab, dan intim bersama keluarga selalu didambakan ketika berada di ruang keluarga. Saat mendesain, kamu wajib mengutamakan unsur kenyamanan dan ketenangan. Tak hanya itu, gaya interior yang diusung juga harus disesuaikan dengan konsep rumah keseluruhan maupun selera keluargamu.

Kebutuhan tiap anggota keluarga layak tersalurkan dengan baik. Harapannya, semua anggota keluarga dapat merasakan kenyamanan yang maksimal. Untuk memudahkan kamu dalam menentukan desain ruang keluarga yang pas, berikut inspirasi yang bisa kamu tiru.

1. Ruang keluarga tropical 

7 Pilihan Desain Ruang Keluarga untuk Kamu yang Ingin Ganti Gaya lonny.com

Ingin menghadirkan kesan natural di ruang keluarga? Bisa! Ruang keluarga sebagai tempat berkumpul keluarga hendaklah dibuat senyaman mungkin dengan konsep yang sejuk. Perkuat gaya tropical dengan meletakkan tanaman hias indoor di berbagai sudut ruang keluarga. Pilihlah jenis pohon yang mewakili nuansa tropis seperti pohon pisang-pisangan dan palem kuning. Menambahkan banyak tanaman di dalam ruangan efektif membuat suasana terasa lebih sejuk, segar, dan nyaman.

2. Ruang keluarga Skandinavia 

7 Pilihan Desain Ruang Keluarga untuk Kamu yang Ingin Ganti Gaya homedit.com

Punya ruangan dengan luas terbatas? Salah satu alasan mengapa gaya interior Skandinavia sangat cocok untuk ruangan kecil adalah penggunaan furnitur yang sederhana dan alami. Ciri khas ruang dengan gaya Skandinavia biasanya didesain serba putih, dipadukan dengan furnitur kayu, serta dilengkapi dekorasi tanaman hias. Tambahkan karpet motif zig-zag, sofa berwarna senada, serta didukung cahaya yang cukup, ciptakan suasana bersantai keluarga yang lebih hangat.

3. Ruang keluarga bohemian 

7 Pilihan Desain Ruang Keluarga untuk Kamu yang Ingin Ganti Gaya hgtv.ca

Interior ruang keluarga bergaya bohemian cocok untuk kamu yang punya karakter ceria dan penuh semangat. Warna-warna cerah yang biasa diaplikasikan pada gaya ini pun mampu membuat interior menjadi lebih hidup, lho. Gaya bohemian yang identik dengan banyak throw blanket dan cushion otomatis membuat ruang keluarga menjadi ekstra nyaman.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan karpet dengan rumbai di bagian ujungnya, bantal warna-warni, serta bangku ottoman kulit khas gaya Maroko. Penambahan kain motif mandala tapestry menghadirkan style bohemian yang lebih autentik.

Baca Juga: 7 Ide Dekorasi Ruang TV Keren untuk Ruang Keluarga Minimalismu

4. Ruang keluarga eklektik 

7 Pilihan Desain Ruang Keluarga untuk Kamu yang Ingin Ganti Gaya architectureartdesigns.com

Bingung dalam menentukan gaya desain yang cocok? Kamu pun bebas menggabungkan beberapa desain interior menjadi satu dengan menerapkan desain eklektik. Hidupkan suasana ruang keluarga dengan penggunaan warna-warna ceria pada aksesori khas eklektik. Enaknya lagi, kamu tidak terpaku pada satu tema desain tertentu. Plafon tradisional klasik, lemari vintage, meja kopi industrial, hingga sofa modern pun dapat membaur dengan harmonis dalam gaya eklektik.

5. Ruang keluarga semi outdoor 

7 Pilihan Desain Ruang Keluarga untuk Kamu yang Ingin Ganti Gaya pinterest.cl

Ruang keluarga tak harus selalu berada di ruang tengah atau di dalam rumah, lho. Cobalah merancang ruang keluarga unik yang menempati area semi outdoor. Ruang dengan desain semi outdoor memungkinkan cahaya natural masuk secara lebih maksimal. Serta sirkulasi udara dari luar yang lebih baik. Waktu berkumpul di pagi atau malam hari pun akan terasa lebih nyaman dan menyenangkan. Nikmati sinar matahari di pagi hari dan sejuknya angin malam di ruang keluarga semi outdoor dengan bukaan lebar.

6. Ruang keluarga coastal 

7 Pilihan Desain Ruang Keluarga untuk Kamu yang Ingin Ganti Gaya thespruce.com

Mau punya ruang keluarga dengan suasana santai layaknya di pantai? Inilah saatnya kamu mencoba gaya coastal. Coastal memang terinspirasi dari hunian-hunian yang berada di dekat pantai. Penggunaan motif setrip biru pada beberapa dekorasi merupakan ciri khas gaya coastal.

Agar ruang keluarga mendapatkan pencahayaan dan sirkulasi udara yang cukup, buatlah jendela dengan ukuran yang agak besar. Jangan lupa, tambahkan beberapa hiasan ala pantai seperti kerang, keranjang rotan, ataupun jam dinding bentuk jangkar kapal.

7. Ruang keluarga mid-century 

7 Pilihan Desain Ruang Keluarga untuk Kamu yang Ingin Ganti Gaya hazelwoodchildren.com

Terakhir, desain ruang keluarga gaya mid-century layak kamu pertimbangkan. Keistimewaan dari gaya ini akan membuat tampilan ruang keluarga kamu tak lekang oleh waktu. Furnitur yang digunakan cenderung memiliki warna-warna tanah (earthy). Kehadiran lampu tinggi dan ramping pada sisi samping sofa mempertegas ciri khas lurus pada desain mid-century.

Kenyamanan merupakan faktor terpenting yang harus kamu jadikan landasan utama saat memilih desain yang tepat untuk ruang keluarga. Menyediakan tempat duduk yang nyaman dan memadai untuk seluruh anggota keluarga adalah hal krusial. Manfaatkan inspirasi berikut untuk menciptakan ruang keluarga yang nyaman untuk bersantai, enak dipandang, sekaligus Instagrammable untuk foto keluarga. Jadi, gaya desain ruang keluarga yang mana yang paling menarik untuk kamu aplikasikan di rumah?

Baca Juga: Ide Desain Hunian Bertipe 60 dengan Ruang Keluarga Berkonsep Taman

Arsitag.com Photo Verified Writer Arsitag.com

Kami percaya bahwa desain ruangan yang baik akan meningkatkan kualitas hidup para pengguna dan penghuni ruang.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya